10 Fakta Kaito Kid, Pencuri Hantu yang Sepopuler Karakter Utama

cover Kaito Kid

Popularitas manga Detective Conan menjalar hingga ke berbagai belahan dunia. Namun bukan hanya Conan Edogawa, tapi Kaito Kid pun juga menjadi salah satu karakter menarik yang disukai oleh penggemar manga ini. Dikenal juga sebagai karakter pencuri paling populer di manga dan anime, ada banyak fakta Kaito Kid yang mungkin tak diketahui penggemar Conan sekalipun.

1. Dibuat lebih dulu dibandingkan Conan

Kaito Kid kartu
via Funimation

Sebagian penggemar mungkin tak mengetahui bahwa Kaito Kid diterbitkan lebih dulu oleh Aoyama Gosho pada 1987, dibandingkan Conan yang rilis perdana pada 1994. Tapi beberapa tahun setelah kepopuleran Conan diangkat menjadi anime, Kaito akhirnya memiliki serial animasinya sendiri. Dikenal dengan nama Magic Kaito 1412 dan tayang pada musim gugur 2014, serial 24 episode ini membawa penonton lebih dalam ke dunia Kaito Kuroba.

2. Salah satu karakter paling populer

mainan Kaito dan Conan
via Funimation

Biasanya, karakter populer dari serial anime/komik adalah pameran utama, atau mungkin side-kick yang sering muncul di dalam cerita. Tapi hal ini tak berlaku bagi Kaito Kid. Meskipun hanya tampil dalam sebagian kecil cerita, kepopulerannya bahkan melebihi Conan Edogawa, sang karakter utama. Dalam polling yang dilakukan di Shonen Sunday, Kaito biasanya hadir bertengger di urutan pertama atau kedua.

3. Asal nama

asal nama Kid
via Funimation

Fakta Kaito Kid selanjutnya berhubungan dengan makna namanya. Nama belakangnya, Kuroba, berarti ‘bulu hitam’, mengindikasikan bagaimana dia selalu bersinggungan dengan hukum. Nama itu memiliki pengucapan yang sama dengan ‘semanggi’ dalam bahasa Jepang, dimana terlihat pada kacamanta. “Kaitou” berarti ‘Pencuri Hantu’ dalam bahasa Jepang.

Dalam seri aslinya, Kaito muncul pertama kali dan disebut sebagai ‘International Criminal #1412”. Setelah itu, seorang wartawan menyebutnya sebagai Kaitou 1412. Tulisan tangan yang acak tersebut bisa dibaca menjadi “Kaitou Kid” dan menjadi nama samarannya hingga saat ini.

4. Layaknya Conan, dia menyelidiki organisasi tersendiri

Kaito Kid dan Conan Edogawa
via Funimation

Sama seperti Conan yang menyelidiki Organisasi Hitam, Kaito sendiri sedang berurusan dengan organisasi rahasia yang tak pernah disebutkan namanya. Disebut sebagai “Magic Kaito Organization”, beberapa mengaitkan organisasi ini adalah Organisasi Hitam. Tetapi hal ini dibantah oleh Aoyama sendiri. Perjuangan Kaito melawan organisasi ini dikarenakan kelompok ini yang membunuh ayahnya ketika Kaito menolak membantu mereka menemukan permata Pandora.

5. Terlihat seperti Sinichi Kudo

Kuroba Kaito dan Sinichi Kudo
via Funimation

Layaknya sinetron, ternyata Kaito ‘kebetulan’ terlihat seperti Sinichi Kudo. Alasan sebenarnya adalah karena Aoyama menganggap Kaito merupakan serial lepas, sehingga dia langsung menyalin karakter wajah Kuroba ke Sinichi. Namun hal ini ternyata bisa dimanfaatkan oleh Kaito dan Conan, dimana dalam beberapa seri, Kuroba menyamar menjadi Sinichi.

6. Ahli menyamar

karakter Kaito Kid
via Funimation

Bahkan jika Kuroba tak memiliki wajah yang sama dengan Sinichi, dia memiliki kemampuan dalam menyamar. Memiliki spesialisasi dalam melakukan trik sulap – seringkali untuk semua aksi mencurinya – dia bisa meniru puluhan orang berbeda dengan berbagai persiapan. Keahlian ini membuatnya bahkan bisa menyamar menjadi wanita tanpa diketahui oleh kebanyakan orang.

7. Mengembalikan apa yang di curi

fakta Kaito Kid
via Funimation

Banyak penggemar yang mengaitkan Kaito Kid dengan Lupin, pencuri misterius karangan Maurice Leblanc. Dibandingkan Lupin yang mencuri untuk bersenang-senang, Kaito sangat berbeda. Sebenarnya Kaito mencuri untuk menemukan permata Pandora dan menggagalkan misi organisasi Magic Kaito. Dan semua barang yang dicuri selama ini selalu dikembalikannya.

8. Kaito Kid Ketiga

Toichi Kaito
via Funimation

Meskipun secara harfiah nama asli Kaito Kid adalah Kaito Kuroba, ternyata dia bukanlah yang pertama. Ayahnya, Toichi Kuroba adalah Kaito Kid pertama. Sedangkan asisten Toichi, Konosuke Jii adalah yang kedua dan mencari tahu siapa dalang dibalik pembunuhan Toichi. Lalu Kuroba akhirnya menjadi Kito Kid dan menemukan ruang rahasia Toichi yang menyimpan semua gadget dan rahasianya.

9. Sang ibu pun pencuri

Toichi Kaito dan istrinya

Ternyata kegiatan mencuri merupakan ‘usaha’ turun termurun dari keluarga Kuroba. Sang ibu, Chikage Kuroba lebih dulu menjadi pencuri sebelum ayahnya. Dikenal sebagai The Phantom Lady, Chikage akan mencuri dari perusahaan besar yang mencari uang secara illegal. Kemudian dia mulai mencari pemalsu uang dan menyerahkannya kepada polisi. Setelah diselamatkan oleh Toichi, mereka bedua mulai berkencan.

10. Ceritanya tak berakhir

fakta Kaito Kid
via Funimation

Fakta Kaito Kid yang hampir sama dengan serial Detective Conan. Aoyama mulai mengerjakan Conan pada awal 90-an dan langsung populer di Jepang, membuatnya menunda cerita Kaito Kid. Sejak itu, Kaito Kid diterbitkan dalam dua volume, tahun 2007 dan 2017. Untuk mengetahui akhir Kaito Kid, sepertinya kamu harus menunggu hingga Conan berakhir. Dengan lebih dari 1.000 chapter dengan belum ada tanda-tanda akan berakhir, sepertinya butuh waktu lama untuk melihat akhir cerita Kaito Kid ini.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.