Categories
Review Serial TV

Review Serial Loki Episode 1 (2021): Kembalinya The God of Mischief

Loki episode 1 langsung menghadirkan awal petualangan yang aneh dari karakter kesayangan penonton, the God of Mischief yang fenomenal. Digawangi oleh sutradara Kate Herron dan Michael Waldron sebagai penulis, Loki lahir kembali sebagai tokoh sentral dalam serial yang membuka semesta Marvel lebih misterius.

Serial ini dimulai dari Avengers: Endgame (2019), dimana Loki (Tom Hiddleston) yang tertangkap berhasil mendapatkan Tesseract dan melarikan diri. Dia pun muncul di tengah padang pasir dan berhadapan dengan polisi dari TVA (Time Variance Authority) yang bertugas untuk memastikan timeline semesta berjalan sebagaimana mestinya.

Loki dan Mobius di serial Loki episode 1
via Dosney+

Ia pun berhadapan dengan Mobius M. Mobius (Owen Wilson) yang bertugas untuk menangani investigasi pelanggaran berat dari penjahat waktu. Loki yang masih bingung mencoba kabur, walaupun akhirnya sadar bahwa dia tidak bisa pergi dari TVA. Hingga akhirnya ia menerima tawaran Mobius untuk menangkap seorang penjahat waktu yang berbahaya.

Lebih dekat dengan Loki

Episode pertama langsung menghadirkan berbagai informasi penting. Membawa kembali penonton kepada beberapa peristiwa penting di MCU, serta menjelaskan bagaimana timeline di MCU berfungsi dan tentang organisasi TVA yang menjaga timeline dari penjahat waktu yang dikenal dengan nama Variant.

Tom Hiddleston sebagai Loki di Loki episode 1
via Disney+

Adegan pembuka yang ceria dan cerah langsung berbelok tajam. Menampilkan organisasi TVA yang belum pernah disebutkan dalam narasi MCU sebelumnya. Penonton akan dibawa ke dalam tone yang aneh dan misterius, termasuk visual yang unik dan imajinatif dari sutradara Kate Herron.

Tom Hiddleston kembali memerankan Loki yang penuh trik dan licik, tapi di satu sisi masih membutuhkan teman dan pengakuan. Pasalnya Loki dalam serial ini bukanlah Loki yang lebih tenang dan sudah berdamai dengan saudaranya Thor seperti yang dijelaskan pada film Thor: Ragnarok (2017) atau Endgame.

Mobius M. Mobius
via Disney+

Memang, beberapa bagian membawa alur terasa patah dan berlompatan. Tapi masih banyak yang yang bisa dieksplor lebih dalam pada beberapa episode berikutnya. Termasuk karakter Mobius yang lebih politis dan sistematik, hadir sebagai penyeimbang dari Loki yang meledak-ledak dan anti peraturan.

BACA JUGA  Indie Vibe: Invisible Beach dan Dream Pop Khas Jan Flu

Mempersiapkan semesta MCU yang lebih besar

Dari awal, serial ini fokus terhadap pergerakan waktu dan timeline dari MCU, serta bagaimana Time-Keeper dan TVA bertugas untuk menjaga aliran waktu dari Variant. Beberapa informasi mengenai MCU dijabarkan, termasuk bahwa hanya ada satu aliran timeline di MCU yang bernama Sacred Timeline.

Loki Time Keepers
via Disney+

Sama seperti The Falcon and the Winter Soldier (2021), Loki episode 1 tak lupa menyusuri dinamika karakter Loki. Kecemburuannya terhadap Thor, kerinduannya terhadap sang ibu, serta kepergian sang ayah, Odin yang menjadi penggerak karakternya. Ia pun melihat bagaimana di timeline lainnya ia dibunuh oleh Thanos.

Penonton dibawa bertamasya dalam perjalanan waktu melalui berbagai era dan negara. Menegaskan bahwa serial ini akan mengembangkan semesta MCU yang lebih besar dan beragam. Seperti ancang-ancang untuk lingkup yang lebih luas ketika Eternals (2021) tayang di bioskop November mendatang.

Mobius dan Hunter B-15
via Disney+

Dan ketika episode pertama berakhir, penonton diperkenalkan dengan Variant atau bisa dibilang musuh utama dalam serial ini yang adalah… Loki (?). Sebuah cliffhanger yang sangat menyiksa ketika harus ditutup tanpa membocorkan wajah dari Variant pengacau tersebut.

Loki episode 1 membuka lembaran baru kisah God of Mischief tanpa menghilangkan esensi karakter Loki yang unik dan nakal. Pesona Hiddleston semakin bersinar dengan cerita yang menghibur dan segar, tapi tetap ada kesan misterius yang menyelimuti tone keseluruhan dari kisah badboy MCU ini.

Genre: Aksi, Komedi

Sutradara: Kate Herron

Penulis: Michael Waldron

Aktor: Tom Hiddleston, Owen Wilson, Gugu Mbatha-Raw, Richard E. Grant

85%

Summary

Loki episode 1 membuka lembaran baru kisah God of Mischief tanpa menghilangkan esensi karakter Loki yang unik dan nakal. Pesona Hiddleston semakin bersinar dengan cerita yang menghibur dan segar, tapi tetap ada kesan misterius yang menyelimuti tone keseluruhan dari kisah badboy MCU ini.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply