Categories
Film News

Breakdown Trailer Eternals: Peran di MCU dan Hubungan dengan Avengers

Tanpa ada pemberitahuan, mendadak Marvel langsung menayangkan teaser trailer Eternals yang rencananya akan dirilis di bioskop mulai November mendatang. Trailer berdurasi 2 menit tersebut memperlihatkan lebih jelas sekumpulan makhluk abadi berusia ribuan tahun dalam kelanjutan Marvel Cinematic Universe.

1. Film romansa Marvel

Disutradarai oleh Chloe Zhao yang memenangkan Oscar dari film Nomadland (2020), Eternals disebut sebagai film romansa pertama dari MCU. Trailernya memperlihatkan kisah cinta segitiga antara Ikaris (Richard Madden), Sersi (Gemma Chan), dan sang Black Knight, Dane Whitman, yang diperankan oleh Kit Harington.

Richard Madden dan Gemma Chan
via Marvel

Begitu pula dengan penampakan Gerbang Babilonia. Babilonia menjadi tempat penting yang menjadi lokasi kunci dari asmara kontroversial Thena (Angelina Jolie) dengan panglima perang Deviant bernama Kro. Kro sendiri dikonfirmasi muncul dalam film setelah mainannya bocor di media sosial.

2. Kekuatan Eternals

Dalam trailer terlihat bagaimana Thena membuat tongkat berwarna emas senjata favoritnya di versi komik. Sosoknya sendiri memiliki kekuatan untuk mampu membentuk kembali energi kosmik menjadi senjata apa pun yang dia bayangkan.

Uni-Mind
via Marvel

Masing-masing Eternals memiliki kekuatan. Namun kemampuan terbesar mereka adalah menyatukan pikiran menjadi satu kesadaran yang disebut “Uni-Mind.” Ide Jack Kirby, sang pencipta, hanya Prime Eternal yang bisa memulai Uni-Mind. Apakah setiap Eternal bisa menggabungkan pikiran dalam versi MCU?

3. Peran Eternals dalam MCU

Di versi komiknya, Eternals pertama kali muncul di komik The Eternals (Juli 1976). Mereka adalah bagian dari evolusi manusia yang diciptakan oleh ras alien kosmik Celestials. Namun MCU sepertinya menulis ulang cerita asal mereka: digambarkan sebagai alien yang dikirim ke Bumi untuk melindungi Bumi dari serangan.

kedatangan Eternals
via Marvel

Di awal trailer Eternals diperlihatkan bagaimana kapal mereka datang ke sebuah tebing, di tengah peradaban manusia kuno. Dalam penjelasan trailer Eternals menyebutkan bahwa mereka berperan sebagai pengamat, tapi mengarahkan umat manusia untuk kemajuan kebudayaan mereka.

BACA JUGA  Rekomendasi Film tentang Sekte: Mulai dari Drama, Misteri, hingga Horor

Eternals telah hidup diam-diam di antara manusia selama 35.000 tahun, tidak pernah mati atau menua, menginspirasi beberapa mitos umat manusia. Jack Kirby menciptakan Eternals sebagai inspirasi dewa-dewa Yunani, misalnya Thena dikaitkan dengan Athena dan Ikaris merupakan bagian dari legenda Ikarus.

4. Kemunculan Celestials?

Menjelang akhir trailer, terlihat badai di langit. Efek ini seringkali dikaitkan sebagai kedatangan Celestials. Meski sosok yang diyakini sebagai Celestial terakhir, yaitu Ego, telah mati di Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017). Membawa kemungkinan baru akan datangnya Celestial lain dalam film ini

Sosok villain yang sudah dikonfirmasi adalah Deviants. Mereka tercipta ketika Ziran the Tester, Celestial ahli genetic, bereksperimen pada sekelompok primata dan menciptakan subspecies Deviant. Dalam versi komiknya, Celestial datang ke Bumi untuk memantau kemajuan mereka dan memodifikasinya jika perlu.

Trailer Eternals
via Marvel

Berbeda dengan Eternals yang menarik dan abadi, Deviant disebut sebagai “changing people”, karena mereka bisa berubah akibat mutasi DNA. Kecemburuan Deviant atas kekuatan dan keelokan rupa Eternals menjadi penyebab pertempuran kedua spesies ini.

Menariknya, Marvel sudah memperkenalkan Deviant dalam MCU. Thanos, dengan kulit berwarna ungu merupakan anak dari pasangan Eternal dan Deviant. Begitu pula dengan Skrulls yang secara teknis adalah Deviant karena kemampuan mereka untuk menyerupai orang lain.

5. Pertemuan dengan Avengers?

Dengan umur mereka yang sudah ribuan tahun dan keterlibatan mereka dalam berbagai peristiwa penting dalam sejarah manusia, tak menutup kemungkinan mereka sudah bertemu dengan Nick Fury maupun Captain Marvel, bahkan mungkin Avengers.

Ikaris dan Sprite
via Marvel

Terlihat di akhir trailer Eternals, Sprite (Lia McHugh) bertanya tentang siapa yang akan memimpin Avengers setelah Captain Rogers tiada. Mengindikasikan bahwa mereka telah mengenal Steve Rogers sebagai Captain America. Memungkinkan pertemuan mereka, atau sekadar berpapasan ketika Perang Dunia II.

BACA JUGA  Review The Falcon and The Winter Soldier Episode 1 & 2: Era Baru Superhero Marvel

Dengan cakupan yang besar, menarik untuk dilihat apa saja yang sedang dipersiapkan Marvel untuk MCU Phase 4. Keberadaan Eternals selama ribuan tahun memungkinkan mereka terlibat di balik layar dari sejarah MCU, termasuk jawaban dari pertanyaan yang sering terdengar: ke mana mereka ketika Thanos menyerang Bumi.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply