Categories
Film

Fakta Tentang Conjuring: The Devil Made Me Do It

Setelah sekian lama berselang, sekuel dari Conjuring akhirnya selesai digarap dan melakukan penayangan pertama pada 2 Juni 2021 di Indonesia. Sekuel ketiga ini dibuat berdasarkan kisah nyata tentang pembunuhan karena kerasukan setan. Conjuring : The Devil Made Me Do it adalah kisah nyata tentang pembunuhan yang dilakukan Oleh Arne Cheyenne Johnson ( diperankan oleh Ruairi O’Connor) yang terjadi pada tahun 1981. Menjadi kasus pertama yang dibawa ke pengadilan pidana di Amerika Serikat dengan alasan pelaku kerasukan setan. Sedikit beda, berikut fakta tentang Conjuring 3.

Trailer Conjuring 3

Kejadian bermula ketika David Glatzel mengalami kerasukan dan gangguan gaib yang berumur 11 tahun kala itu. Sang ibu, Judy, mengatakan bahwa putranya melihat makhluk dengan mata hitam besar, berwajah kurus dan gigi bergerigi mirip binatang. Karena ketakutan maka Judy dan putrinya Debbie meminta Arne untuk pindah ke rumah mereka.

Gangguan terhadap David terus berlanjut. Ketika sudah semakin menyeramkan,keluarga itu memanggil Demonolog Ed dan Lorraine Warren yang terkenal dapat melakukan eksorsis atau prosesi pengusiran setan pada David. Menurut mereka, setidaknay ada 42 iblis yang merasuki David kala itu.

Dalam satu prosesi eksorsis, Arne mengejek makhluk gaib yang tengah menguasai tubuh David untuk keluar dan masuk ke dalam tubuhnya. Kala itu, dituturkan oleh Lorraine Warren bahwa David yang tengah dikuasai makhluk gaib melakukan banyak percobaan pembunuhan dan penusukan.

Tak tahan dengan situasi yang tengah dihadapi keluarga tersebut, Arne dan Debbie memutuskan untuk pindah. Bersamaan dengan hal itu Debbie diterima bekerja sebagai perawat anjing di Brookfield Pet Motel milik Alan Bono. Tak hanya diterima bekerja, Debbie dan Arne juga mendapatkan fasilitas sebuah kamar kontrakan. Sejak saat itulah Arne mulai menunjukkan perubahan perilaku seperti yang terjadi pada David, yang kemudian tidak ingat apapun setelah itu.

Conjuring 3 2021
via Warner Bros Pictures

16 Februari 1981, kasus pembunuhan tersebut terjadi. Bermula dari ajakan Bono terhadap Debbie, Arne, Wanda, Janice dan Mary untuk makan siang bersama. Bono disebut mabuk karena menenggak anggur.

BACA JUGA  Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea

Setelah itu Debbie mengajak para wanita untuk pergi menikmati Pizza. Situasi yang semula santai berubah tegang saat Bono yang tengah mabuk dan gelisah menangkap salah satu perempuan tadi dan tidak mau melepaskannya. Pertengkaran tidak dapat dihindari ketika Debbie berusaha untuk menyelamatkan perempuan yang tengah ditangkap oleh Bono.

Wanda mendengar Arne mengamuk seperti binatang dan melihat sesuatu yang berkilau di udara. Arne berjalan ke tengah hutan dengan tatapan yang kosong. Alan Bono yang juga berdiri di sana menyerang Arne dengan meninjunya. Sebelum terjatuh tertelungkup dan terbaring di tanah, tak jauh dari Arne terdapat sebuah pisau dengan panjang 12 sentimeter yang selalu dibawanya.

conjuring 3 (2021)
via Warner Bros Pictures

Bono akhirnya meninggal karena luka sebanyak empat atau lima tikaman yang luar biasa, sebagian besar berada di dada dan satu sayatan dari perut hingga menghujam jantung. Arne ditemukan dan ditangkap tiga kilometer dari lokasi kejadian. Kejadian ini menjadi insiden pembunuhan pertama di Brookfield, Connecticut.

Setelah ditangkap dan diadili, Arne membela diri dengan mengatakan kejadian tersebut terjadi karena kerasukan setan, namun itu ditolak oleh hakim dan pihak juri. Arne dinyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman sepuluh hingga dua puluh tahun penjara atas kasus pembunuhan tersebut, tetapi dibebaskan pada tahun 1986 karena berperilaku baik.

Tahun 1984 saat mendekam di penjara, Arne dan Debbie yang sudah bertunangan cukup lama akhirnya melangsungkan pernikahan. Keduanya hidup bersama hingga Debbie meninggal dunia karena kanker yang bersarang pada tubuhnya sebelum Conjuring 3 dirilis.

Bagaimana menurut pembaca Mariviu sekalian, apakah fakta tentang Conjuring 3 film ini cukup mirip dengan filmnya?

By Muhardika

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam

Leave a Reply