Categories
Film Review

Review The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021): Entry Lama Rasa Baru

Setelah penantian lima tahun lamanya bagi fans Conjuring universe, akhirnya seri The Conjuring datang kembali dengan kemasan yang berbeda dan baru dibandingkan seri-seri sebelumnya. Produser film The Conjuring: The Devil Made Me Do It sekarang adalah Michael Chaves. bukan lagi James Wan seperti biasanya. Tetapi James Wan tetap berkontribusi di film ini dengan menulis alur cerita bersama David Leslie Johnson-McGoldrick.

Film The Conjuring 3 masih mengisahkan pasangan pengusir setan Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorrine Warren (Vera Farmig). Kali ini, cerita berawal dari keluarga yang berpindah ke rumah baru yang ternyata ada hal mistis tetapi bukan hanya dihantui rumahnya melainkan makhluk lainnya yang mengusik mereka.

Keluarga Warren dalam The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It
via New Line Cinema

Mereka harus menghadapi entitas mistis yang ada di rumah tersebut sehingga anak dari salah satu keluarga itu terkena kutukan. Ini adalah awal dari segala teror di sepanjang film yang membuat Ed dan Lorraine bekerja keras mencari tahu bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan masalah baru ini di dunia mistis yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Entri lama dengan rasa baru

Film ini memang tidak bergaya seperti film horor yang disutradarai James Wan. Tetapi permainan jumpscares di beberapa scene masih tidak kalah banyak dan tetap membuat penonton pasti selalu berhasil dikejutkan tetapi dengan gaya yang berbeda dari biasanya. Hampir sama dengan The Curse of La Llorona (2019) yang disutradarai Chaves sebelumnya.

Untuk menghadirkan kesan seram, ada penempatan jumpscares yang tidak dapat diduga-duga. Jadi penonton siap-siap untuk segala hal yang bisa muncul kapan pun. Selain jumpscares, banyak momen menyentuh terkait percintaan dan kekeluargaan yang berhasil dikemas baik.

film The Conjuring - The Devil Made Do It
via New Line Cinema

Cara pemanggilan iblis dan munculnya iblis sangat berbeda dengan 2 film sebelumnya. Bahkan bisa dibilang iblis ini sangat hidup di dunia nyata dan tidak pada dimensinya karena ada sedikit dukungan dari kultus yang juga ikut meneror sepanjang film.

BACA JUGA  Review Film Jungle - Semangat Pantang Menyerah Yossi Ghinsberg dan Daniel Radcliffe

Lagi-lagi Vera Farmiga dan Patrick Wilson sangat hebat dalam memerankan Ed/Lorraine bahkan ada hal yang menjadi penghambat mereka dalam investigasi kasus ini, Ed dibuat lemah menimbulkan ketidakmaksimalan dalam menghadapi makhluk-makhluk mistis, hal ini akan membuat penonton jauh lebih gemas dan gregetan.

film The Conjuring 3
via New Line Cinema

Beberapa plot juga masih belum jelas asal usulnya dan kenapa kasus ini terjadi masih belum detail diceritakan. Sehingga menyisakan beberapa pertanyaan yang belum terjawab hingga akhir film ini. Tetapi, rumornya seri Conjuring sedang mempersiapkan spin-off. Bisa jadi pelepas dahaga bagi kamu yang masih menunggu kelanjutan cerita Ed dan Lorraine Warren.

Tak seseram sebelumnya

Selain kedua karakter utama yang kembali, film ketiga mendapatkan tambahan karakter yang menarik. Termasuk aktor berkebangsaan Irlandia Ruairi O’Connor yang memerankan Arne. Ia terlihat sangat meyakinkan sebagai korban kutukan iblis yang membuat cerita ini sangat hidup.

Keluarga Warren
via New Line Cinema

Tetapi masih ada yang mungkin membuat kecewa penonton yang berharap kemunculan banyak hantu. Edisi ketiga sepertinya kekurangan sosok menakutkan dibandingkan iterasi pertama dan kedua. Begitu pula dengan kemunculan makhluk astral yang relatif tidak seseram seri sebelum.

Satu lagi, twist dalam cerita film The Conjuring 3 juga mudah dikenali, karena kompleksitas masalah masih rendah dan mudah dipahami. Setidaknya entro kali ini masih cukup menghibur, apalagi bagi kamu yang menginginkan tontonan genre horror yang menegangkan.

Lorraine Warren
via New Line Cinema

Secara keseluruhan, film The Conjuring: The Devil Made Me Do It masih bertensi tinggi walau hantu tidak seseram biasanya. Tetapi alur cerita, pengambilan gambar, suara, dan performa beberapa peran yang bagus bisa membangun suasana yang cukup menyeramkan. Lalu, seperti film-film Conjuring sebelumnya, masih ada after taste “puas” yang muncul setelah menonton film ini.

BACA JUGA  Naskah Film Baby Driver 2 Sedang dalam Pengerjaan

Genre: Horror

Sutradara: Michael Chaves

Penulis: David Leslie Johnson-McGoldrick, James Wan

Aktor: Patrick Wilson, Vera Farmiga, Ruairi O’Connor, Sarah Catherine Hook

Film Rekomendasi
75%

Summary

Secara keseluruhan, film The Conjuring: The Devil Made Me Do It masih bertensi tinggi walau hantu tidak seseram biasanya. Tetapi alur cerita, pengambilan gambar, suara, dan performa beberapa peran yang bagus bisa membangun suasana yang cukup menyeramkan. Lalu, seperti film-film Conjuring sebelumnya, masih ada after taste “puas” yang muncul setelah menonton film ini.

By Rizky Putri Maulina

Learning to be Writter

Leave a Reply