fbpx

Review Film The Curse of La Llorona (2019) – Teror dari Tangisan Seorang Ibu

review film the curse of la llorona

James Wan memproduksi film horor baru berjudul The Curse of La Llorona. Film ini disutradarai oleh Michael Chaves dan ditulis oleh Chaves dan Tobias Iaconis. Film ini diangkat dari cerita legenda rakyat Meksiko tentang La Llorona (The Weeping Woman), yang sudah sangat populer, terutama di film-film Meksiko.

Diangkat dari kisah hantu legendaris

Legenda mengatakan bahwa La Llorona adalah hantu seorang wanita yang menangisi anak-anaknya yang telah meninggal. Tangisan ini mengakibatkan derita atau kemalangan bagi siapapun yang mendengarnya.

La Llorona yang diperankan oleh Marisol Ramirez adalah iblis yang begitu jahat. Ia selalu meneror keluarga yang mempunyai dua anak.

Via IMDB

Film pertama yang mengangkat kisah tersebut adalah film Meksiko di tahun 1933 berjudul La Llorona, yang dikenal di luar Meksiko sebagai The Crying Woman dari aktor sekaligus penulis dan sutradara yaitu Ramón Peón. Film itu dibuat kembali pada tahun 1960 dengan nama yang sama oleh sutradara René Cardona.

Sinopsis film The Curse of La Llorona

Diproduksi kembali oleh James Wan di tahun 2019, film ini hadir dengan suasana film tahun 1970-an. Anna (Linda Cardellini) adalah ibu dari dua anak yang baru-baru ini menjanda. Ia bekerja sebagai pekerja sosial di layanan perlindungan anak dan sedang menyelesaikan kasus kekerasan terhadap anak oleh Patricia Alvarez (Patricia Velasquez).

Anna menemukan bukti Patricia mengunci anak-anaknya di sebuah lemari. Namun, ketika membebaskan anak-anak tersebut, Anna tidak sengaja membuat mereka berada dalam bahaya yang lebih besar.

Via IMDB

Masuk dalam The Conjuring Universe

Lagi-lagi James Wan mengangkat kisah hantu legendaris. Sebelumnya ada Bathsheba dan Valak dari franchise Conjuring. Dan sekarang, La Llorona yang juga dimasukkan ke The Conjuring Universe. The Conjuring Universe merupakan kasus-kasus yang ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren.

Mencekam namun diselingi humor

Sebagai film horor yang diproduksi oleh James Wan, film The Curse of La Llorona cukup apik. Sinematografi dan scoringnya mampu membangun atmosfer kelam nan mencekam. Timing munculnya hantu yang benar-benar tepat dan tak terduga dapat membuat kamu meringis ketakutan.

Salah satu adegan pengusiran setan oleh dukun latin, Rafael Olvera (Raymond Cruz) akan menjadi klimaks adegan horror yang mungkin bisa membuat pencinta horoh puas. Selain ketakutan mendalam, lelucon-lelucon yang sangat fresh dari karakter Rafael tak hanya seram tapi juga konyol. Ini cukup mampu mengimbangi suasana kelam film.

Via IMDB

Alur cerita yang sederhana

Hanya saja, jalan ceritanya sendiri masih kurang begitu dalam. Sejarah dari La Llorona disajikan dengan sangat umum. Masih bisa dibilang sangat simple. Mungkin karena kisah origin story hantu La Llorona nantinya akan dibuat dalam film sendiri seperti Valak di film The Nun.

Penonton tidak harus berpikir keras karena tidak ada twist yang disajikan. Yang paling menantang hanya cerita anak-anak yang bertahan melawan La Llorona yang menimbulkan ketakutan luar biasa. Ya, La Llorona dibuat amat sangat menyeramkan.

Tapi, akting pemainnya sendiri khususnya anak-anak yang ada di film ini bisa dikategorikan biasa saja, masih belum bisa mengalahkan akting para anak-anak yang ada di film James Wan sebelumnya seperti di seri The Conjuring dan Insidous.

Teror dari La Llorona sudah dapat anda rasakan di bioskop-bioskop kesayangan anda mulai tanggal 14 April 2019.

Rating: 3/5


Genre: Horror, Mystery, Thriller

Sutradara: Michael Chaves

Penulis: Mikki DaughtryTobias Iaconis

Bintang: Linda CardelliniRaymond CruzPatricia Velasquez

Review Overview
  • Cukup oke
3

Kesimpulan

Film The Curse of La Llorona menghadirkan hantu yang mengerikan dalam atmosfer yang kelam dan mencekam. Hanya saja, kisah si hantu dibuat tidak dalam dan alur cerita tidak memiliki kejutan.

Sending
User Review
1 (1 vote)

Learning to be Writter