Categories
Anime Editor Choice News

Anime Super Cub dan Sejarah Panjang Motor Bebek Legendaris Honda

Jepang memang dikenal dengan ragam anime buatannya. Dan untuk anime Spring 2021, kamu bisa menonton Super Cub, anime yang sedang ditayangkan di Tokyo MX, TV Aichi, dan KBS Kyoto. Diangkat dari novel karya Tone Koken dengan judul sama, anime Super Cub fokus terhadap karakter utama Koguma, seorang gadis pendiam yang tinggal di kota Hokuto, Yamanashi, sebuah daerah pedesaan di Jepang. Kedua orang tuanya sudah meninggal, sehingga dia harus menjalani hidup sendirian di apartemennya.

pemeran utama di anime
via Studio Kai

Ketika bingung membeli motor yang mahal, pemilik dealer memperkenalkannya dengan motor bekas Honda Super Cub 100 seharga 10.000 yen (Rp 1,3 juta). Dan pertemuannya dengan Super Cub perlahan-lahan mulai mengubah kehidupannya.

Novel promosi Honda

Bagi kamu yang masih belum tahu, anime ini berjudul sama dengan salah satu model sepeda motor dari Honda. Novel ini sendiri merupakan promosi dan novel resmi yang diterbitkan untuk memperingati 100 juta unit terjualnya Honda Super Cub pada 2017 lalu.

komik Super Cub
via Kadokawa Shoten

Perkenalannya dengan Reiko, seorang “Otaku” Super Cub menjadi titik awal perubahannya. Reiko yang sudah lebih dulu menyukai Super Cub menjadi mentor dalam hal teknis hingga membantu Koguma memperluas dunianya.

“Kamu bisa melaju kemana pun. Soalnya kamu punya motor cub,”

ujar Reiko, salah satu anak populer di sekolah yang mengendarai Honda MD90 yang sudah dimodifikasi.

Sama seperti novelnya, versi anime penuh mencari rasa kebebasan serta petualangan yang bertolak belakang dari kehidupan Koguma. Pace dan progresi plot yang dinamis, walaupun cenderung lambat sehingga terasa menghanyutkan.

Animasi dengan genre slice of life ini dibuat sederhana dan bersih dengan warna palet yang teduh. Terlihat jelas layaknya anime Spring yang menghadirkan kesan ceria dan suasana hangat. Namun ketika Koguma mulai mengendarai Super Cub-nya, maka warna dan nuansa anime berubah drastis menjadi lebih cerah.

BACA JUGA  10 Anime Shounen Terbaru untuk Binge-Watch di Rumah
Kogume
via Studio Kai

Anime ini bukan hanya tentang sepeda motor, tapi tentang apa yang direpresentasikan oleh sebuah Honda Cub. Mewakili kebebasan dan petualangan, serta eksplorasi dan mulai mencari hal baru yang selama ini tak terpikirkan.

Sejarah Honda Super Cub

Tak lagi diproduksi di Jepang, Honda Super Cub masih bisa kamu temui di Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan motor bebek Super Cub C125 yang dirilis sebagai penghargaan untuk model lawas Super Cub C100 dengan banderol Rp 72,85 jutaan.

Honda Super Cub
via Studio Kai

Namun sejarah Honda Super Cub dibuat jauh di tahun 1956. Pimpinan Honda saat ini melihat potensi motor bebek yang masih dikayuh di Eropa. Dan hadirlah Honda Super Cub C100 tahun 1958. Bermesin 50 cc 4-tak dengan rangka backbone, model ini dibuat hampir sama nyamannya dengan motor naked bike yang berukuran lebih besar.

koran tentang Super Cub
via anon

Penggunaan mesin 1-silinder dengan daya 4,5 hp bertujuan untuk menghadirkan mesin dan suara knalpot yang lebih enak didengar. Ini dijelaskan oleh Takeo Fujisawa, salah satu pendiri Honda. Begitu pula dengan sayap (fairing) depan untuk perlindungan pada kaki dan betis dari kerikil maupun material jalanan lainnya.

Jika sebelumnya sayap menggunakan material pelat besi, Fujisawa menginginkan material plastik. Setelah berbagai pengembangan, polyethylene menjadi bahan utama sayap Super Cub. Mengurangi bobot untuk menghemat bahan bakar sekaligus menurunkan ongkos produksi.

sepeda motor Super Cub C50
via Honda

Dan salah satu kelebihan Honda Super Cub adalah durabilitas yang tinggi. Mengingat di era 1950-an, bengkel Honda yang tak sebanyak sekarang. Sehingga Honda menjadikannya sebagai salah satu motor yang tahan lama dan dengan perawatan yang terjangkau.

Inilah yang membuat popularitas Super Cub masih diminati hingga saat ini. Penjualan 100 juta unit Super Cub yang diproduksi Honda adalah angka yang fenomenal. Membuatnya sebagai sepeda motor yang paling banyak diproduksi oleh sebuah pabrikan.

BACA JUGA  Film Spin-Off Star Wars tentang Obi-Wan Kenobi Mulai Syuting Tahun 2019

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply