Categories
Review Serial TV

Review Serial Hawkeye Episode 1 – 2 (2021): Kisah Liburan ala Marvel

Serial Hawkeye episode 1 dan 2 langsung dirilis bersamaan sebagai iterasi terbaru dari Marvel Cinematic Universe yang mengisahkan tentang Clint Barton dan Kate Bishop yang dipersiapkan sebagai suksesornya. Disney+ menghadirkan tontonan yang ringan namun tetap menegangkan. 

Serial ini dimulai dengan memperkenalkan Kate Bishop (Hailee Steinfeld), anak dari pemilik perusahaan keamanan Bishop. Tumbuh di keluarga kaya raya, ia menyaksikan bagaimana kehebatan Hawkeye (Jeremy Renner) pada pertempuran New York di tahun 2012.

Kate Bishop dan Clint Barton dalam serial Hawkeye episode 1
via Disney+

Beralih ke masa sekarang, Kate yang menghadiri suatu pesta menemukan bahwa calon ayah tirinya, Jack Duquesne (Tony Dalton) terlibat dalam pasar gelap yang menjual barang-barang milik Avengers, seperti jaket dan pedang milik Clint Barton ketika masih menjadi Ronin.

Kate mengenakan jaket tersebut dan melarikan diri. Pelariannya bahkan diliput oleh berita nasional. Clint yang saat itu sedang berada di New York mengetahui berita ini dan bergegas mencari ‘Ronin’ tersebut. Dimulailah petualangan keduanya menghadapi Tracksuit Mafia yang menginginkan barang-barang Avengers di pasar gelap yang didatangi Kate.

Ringan dan family-friendly

Seperti yang sudah diumumkan Marvel bahwa setiap serial akan membawa bahasanya sendiri, tak terkecuali dengan Hawkeye. Meski sama-sama mengantarkan cerita superhero, serial ini dibuat sangat berbeda dibandingkan dengan The Falcon and The Winter Soldier (2021) maupun WandaVision (2021).

Plot cerita yang terasa fresh dan baru terasa jauh dari film maupun serial Marvel lainnya jelas menjadi daya tarik serial ini. Skala yang lebih kecil berlatarkan New York di tengah musim dingin di mana Jonathan Igla selaku kreator tetap mempertahankan gaya aksi Marvel, tapi dengan plot yang family friendly.

Clint, Kate dan Lucky dalam serial Hawkeye episode 1
via Disney+

Marvel menghadirkan nuansa film buddy cop tahun 80-an seperti Lethal Weapon yang lebih menonjolkan interaksi antar karakter dan plot yang dipapah dengan rapi. Bahkan ada sedikit aura film-film akhir tahun semisal Home Alone.

BACA JUGA  Review Serial Loki Episode 1 (2021): Kembalinya The God of Mischief

Jeremy Renner kembali memerankan Clint Barton, superhero yang misterius namun tetap memancarkan kehangatannya tersendiri. Baik ketika bersama ketiga anaknya, maupun pada saat berinteraksi dengan Kate Bishop yang diperankan dengan sangat apik oleh Hailee Steinfeld.

Pembukaan di episode pertama memperlihatkan bagaimana pertarungan di New York pada tahun 2012 merupakan awal ketertarikan Kate terhadap Hawkeye. Begitu pula sifat kekanakan dan starstruck yang dialami Kate ketika bertemu dengan superhero favoritnya di waktu yang tak tepat.

Kate Bishop dalam serial Hawkeye episode 1
via Disney+

Dua episode awal langsung dirilis secara bersamaan. Memberikan gambaran besar tentang bagaimana Marvel akan mengarahkan serial ini. Termasuk plot yang intens hingga akhir, membuat cliffhanger di setiap episode lebih terasa. 

Kisah Clint Barton

Hawkeye diperkenalkan sebagai karakter yang logis dan misterius sejak muncul pertama kali pada film Thor (2011). Sejak saat itu, penonton diajak mendalami karakter Clint yang hanya berperan sebagai pendukung selama 10 tahun keberadaannya di MCU. 

Clint Barton sebagai Hawkeye
via Disney+

Tapi Marvel cukup baik membawa dinamika karakter yang tak punya kekuatan super ini, terlebih pada Avengers: Endgame (2019) di mana hubungannya dengan keluarga semakin diperlihatkan. Termasuk perpisahan yang mengharukan dengan Natasha Romanof di Planet Vomir.

Serial ini mengambil latar paska The Blip, memperlihatkan apa yang terjadi dengan Clint setelah mengalami berbagai pertempuran. Yaitu serangan panik dan masalah pada pendengarannya akibat ledakan demi ledakan yang dialaminya sepanjang keterlibatannya dengan Avengers.

Clint Barton
via Disney+

Episode pertama tak lupa mengungkapkan bagaimana Clint masih belum melupakan Natasha. Mengingat keduanya menjadi sahabat dalam waktu yang lama dan harus mengalami perpisahan yang menyakitkan.

Kemunculan Kate Bishop

Serial Hawkeye episode 1 turut memperkenalkan superhero baru, yaitu Kate Bishop nantinya akan berperan sebagai suksesor Clint Barton sebagai Hawkeye. Mengingat Marvel sepertinya sedang mempersiapkan Young Avengers, mulai dari Ms. Marvel, She-Hulk, serta dua anak Wanda dan Vision, Billy dan Tommy yang dikenal dengan alias Wiccan dan Speed.

BACA JUGA  Review Anime Castlevania Season 2 - Patahkan Kutukan Adaptasi Video Game
Kate Bishop kecil
via Disney+

Backstory Kate Bishop yang lahir dari keluarga kaya menjadi pondasi dari kisahnya di MCU. Ketertarikannya dengan Hawkeye menuntunnya untuk menjadi superhero; belajar bela diri dan tentu saja menjadi salah satu pemanah terbaik di generasinya. 

Jack Duquesne yang diceritakan sebagai calon ayah tiri Kate dipercaya akan menjadi villain utama dalam serial ini. Jack terlihat menyembunyikan katana milik Ronin, beserta kesukaannya dengan pedang menyiratkan set up tentang karakternya di dalam komik, sebagai villain bernama The Swordsman. 

Lebih banyak misteri yang menyertai Kate dan Clint. Mulai dari keterlibatan Jack dan Eleanor yang lebih jauh sebagai orang tua maupun villain, bagaimana Kate berkembang dari gadis pemberontak hingga menjadi superhero yang bisa diandalkan, dan yang terpenting, apakah Yelena Belova akan muncul sebagai teman atau lawan bagi Kate dan Clint? 

Eleanor Bishop dan Jack Duquesne
via Disney+

Serial Hawkeye episode 1 dan 2 langsung menjadi pondasi yang kuat bagi kisah solo Hawkeye, termasuk sebagai awal perkenalan Kate Bishop. Mengulang formula yang sama milik Spider-Man: Homecoming di mana Tony Stark bertugas sebagai mentor Peter Parker muda dalam perjalanan awalnya sebagai superhero.

Disajikan dengan narasi bergaya seri aksi 80-an, Marvel menghadirkan plot yang menegangkan. Setiap episode mengalir dengan mulus dari satu sequence ke sequence yang lain. Memberikan gaya baru yang lebih fresh dan menyenangkan untuk fans berat maupun bagi penonton umum.

Genre: Petualangan, Aksi

Kreator: Jonathan Igla

Pemeran: Jeremy Renner, Hailee Steinfeld, Vera Farmiga, Tony Dalton

Rekomendasi TV Series
9/10

Summary

Disajikan dengan narasi bergaya seri aksi 80-an, Marvel menghadirkan plot yang menegangkan. Dimana setiap episode mengalir dengan mulus dari satu sequence ke sequence yang lain. Memberikan gaya baru yang lebih fresh dan menyenangkan untuk fans berat maupun bagi penonton umum.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply