Review Film Shazam! (2019) – Origin Story Superhero DC yang Penuh Hati dan Komedi

Shazam! menunjukan bahwa DCEU tak selamanya gelap dan kelam

review film shazam indonesia

Film Shazam! merupakan lanjutan DC Extended Universe yang hadir ketika DC membutuhkannya. Setelah terpuruk secara kritik maupun pendapatan, Aquaman hadir sebagai film yang seolah membuka kembali lembaran baru film superhero DC. Dan tahun ini, Shazam merupakan tambahan penting untuk kelangsungan semesta superhero Batman dan kawan-kawan.

Bercerita tentang kisah Billy Batson (Asher Angel), seorang yatim piatu yang mendapatkan kekuatan sihir dari seorang penyihir kuno. Dengan kekuatan gabungan dari Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Merkurius, film ini menunjukan bagaimana Billy Batson bersama saudara angkatnya, Freddy (diperankan Jack Dylan Grazer) bereksperimen untuk mengetahui apa saja yang mampu dilakukan oleh Shazam (Zachary Levy).

review film shazam! indonesia
via Warner Bros

Tentu saja karena berlatar masa kini, film ini menghadirkan YouTube sebagai sarana untuk membuat Shazam populer di masyarakat. Tetapi hal ini juga yang menjadi sumber masalah.

Lewat semua masalah superhero yang dialami Billy dan Freddy, Shazam! menunjukan arti penting keluarga (dan side kick superhero) dengan cara yang hangat dan menyentuh.

Unsur komedi yang berbeda dari film DC lainnya

Jika diperhatikan lebih dalam, Shazam! merupakan film pertama di mana DC masuk ke ranah komedi secara menyeluruh.

Memang, Aquaman sudah dibuat mengunakan tone yang ringan, tetapi baru kali ini film DC terasa dibuat seringan mungkin penuh humor dan jokes di sepanjang cerita. Ini dapat dimaklumi mengingat film ini ditujukan untuk remaja. Tetapi kesan komedi ini bisa dibilang bertentangan dengan citra film DC yang gelap dan kelam selama ini.

ulasan film Shazam!
via Warner Bros

Film Shazam! konsisten menghadirkan komedi, bahkan di saat-saat berbahaya. Dan hebatnya, film ini tidak memaksakan karakter maupun cerita untuk kepentingan lelucon, tetapi membuat lelucon datang dengan mulus di sepanjang cerita.

BACA JUGA  Apa yang Terjadi Pada Marvel Cinematic Universe setelah Avengers 4?

Keinginan DC dan Warner Bros memperkenalkan Shazam dengan cerita yang ringan dan menghibur serta dipenuhi jokes yang menyegarkan untuk penonton awam maupun penggemar setia DCEU terbayar tuntas. Bukan hanya film ini menjadi cerita orisinal pahlawan yang padat dan mudah dicerna, Shazam! juga membuat cerita semesta DC menjadi lebih mudah dinikmati penonton umum.

Bahkan jika dilihat dari tren positif DC setelah Aquaman, film ini dan Aquaman seharusnya menjadi salah satu film pertama sebelum Justice League dikeluarkan. Terlihat dari cerita yang pas, tidak terburu-buru, dan padat untuk sebuah cerita orisinal superhero.

review shazam! bahasa indonesia

Film Shazam! memiliki adegan yang dipenuhi dengan referensi terhadap superhero DC lainnya. Meskipun tidak semuanya dimasukkan, tetapi pecinta DC sejati pasti akan menikmati setiap scene tersebut.

Cerita orisinal superhero dan penjahat yang berimbang

Sebuah kisah ganda untuk Shazam dan Sivana bermain dengan sempurna. Film ini tidak hanya fokus kepada bagaimana Billy Batson mendapatkan kekuatannya, tetapi juga menjelaskan bagaimana Sivana memiliki dendam yang akhirnya membuatnya menjadi musuh utama: drama seorang anak yang terjebak di dalam tubuh seorang pria dewasa serta seorang pria dewasa yang terjebak atas pengalamannya sebagai seorang anak.

Savina musuh Shazam
via Warner Bros

Tak lupa, sutradara David F Sandberg yang terkenal lewat film horor serupa Lights Out dan Annabelle: Creation membawa kecintaannya terhadap nada horor dalam film yang penuh komedi ini.

Jadi, ada perpaduan yang apik dari cerita drama yang ringan berbalut komedi, diimbangi dengan beberapa adegan brutal nan sadis melibatkan berbagai monster.

Hangat dan menyenangkan

Untuk sebuah film yang menonjolkan keluarga dan pentingnya menjadi pahlawan untuk orang lain, film Shazam! memberikan kehangatan di sepanjang cerita.

BACA JUGA  10 Film Terbaik Keanu Reeves, Fans Wajib Nonton!

Meskipun begitu, film ini tak serta merta sama dengan film superhero lainnya. Kehangatan yang diberikan terasa lebih dekat, terlebih ketika karakter-karakter yang lucu nan imut mencoba mengatasi masalah yang mereka hadapi.

cast film Shazam!
via Warner Bros

Cerita yang hangat dengan komedi yang pas menjadi kekuatan film ini. Memang bukan seperti cerita DCEU yang lebih gelap layaknya Batman v Superman atau kompleks seperti trilogi Batman milik Christopher Nolan, namun Sandberg mampu menonjolkan Shazam! lewat cerita yang unik dan baru membuatnya jadi film tersendiri dalam semesta DC.

Shazam! penuh kejutan di sepanjang cerita

Plot twist serta kejutan-kejutan yang tak disangka-sangka bisa kamu temukan di sepanjang cerita. Bukan hanya referensi karakter DCEU saja, tetapi juga cerita asli dari Shazam itu sendiri.

Tunggu saja, penonton akan dibuat bertepuk tangan riuh ketika cerita mendekati akhir. Apa yang sudah dipersiapkan DC dan Warner Bros? Tonton saja, ya.

referensi Superman dalam shazam
via Warner Bros

Pastikan untuk menyaksikan film ini hingga akhir. Pasalnya ada dua adegan tambahan yang diberikan. Di mana middle credit scene ditujukkan untuk membawa penonton kepada prediksi film keduanya, sedangkan post credit scene– meskipun tidak terlalu penting – ditujukan bagi penggemar setia DC.

Pembuktian Shazam! sebagai salah satu film yang menarik untuk ditonton bisa kita lihat dari skornya di Rotten Romatoes. Dari 91 ulasan yang telah masuk per hari ini, sebagian besar memberikan ulasan yang positif.

Film teranyar DC ini mendapatkan skor 93%, mengalahkan How to Train Your Dragon: The Hidden World, The Lego Movie: The Second Part, bahkan Aquaman dan Captain Marvel, paling tidak untuk saat ini.

Shazam! rencananya akan tayang 5 April nanti di Amerika. Untuk Indonesia sendiri, malam minggu (30/3) sudah dibuka untuk midnight preview di beberapa studio. Meskipun belum ada jadwal pasti, diperkirakan film ini akan tayang reguler pada 2 April mendatang.

BACA JUGA  Review Film Thor: Ragnarok - Film Superhero Paling Lucu Tahun Ini

Bagi pecinta setia DC, film ini merupakan salah satu film yang penting untuk perkenalan dan kebangkitan kembali DCEU.

Rating: 4/5


Genre: Action, Comedy, Superhero

Sutradara: David F. Sandberg

Penulis: Henry Gayden (screenplay),Darren Lemke (cerita), Bill Parker dan C.C. Beck (cerita asli)

Bintang: Zachary Levi, Asher Angel, Jack Dylan Grazer, Djimon Hounsou, Mark Strong

Review Overview
  • Wajib tonton!
4

Kesimpulan

Shazam! hadir sebagai film yang menonjolkan keluarga dan pentingnya menjadi pahlawan untuk orang lain. Memberikan kehangatan di sepanjang cerita, film ini tak serta merta sama dengan film superhero lainnya. Kehangatan yang diberikan terasa lebih dekat, terlebih ketika karakter-karakter yang lucu nan imut mencoba mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi. Shazam! memberikan nuansa baru bagi penggemar setia DC maupun penonton biasa.

Sending
User Review
( votes)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.