Review Film Extraction (2020): Fokus Saja Pada Aksinya

Enak ditonton berkali-kali di Netflix

Netflix menambah koleksi orisinilnya dengan merilis film Extraction. Didukung oleh nama besar Chris Hemsworth, film aksi thriller ini diproduseri oleh Joe Russo serta menjadi debut koordinator aksi berpengalaman, Sam Hargrave, sebagai sutradara.

Sinopsis film Extraction

Premis yang diberikan tak jauh berbeda dibandingkan film baku hantam lainnya. Chris Hemsworth memerankan Tyler Rake, pembunuh bayaran tak kenal takut yang menerima misi berbahaya: menyelamatkan seorang anak dari gangster India bernama Ovi (Rudraksh Jaiswal) yang diculik oleh kriminal kelas kakap dari Bangladesh.

Chris Hemsworth Extraction
via Netflix

Sayangnya misi tak berjalan mulus. Polisi tutup seluruh kota sehingga menyulitkan Tyler membawa Ovi ke India. Tapi sejarah panjang Tyler yang kehilangan anaknya membuatnya berusaha untuk tetap menyelamatkan Ovi meskipun resiko tertangkap sangat besar.

Aksi besar milik Netflix

Netflix memang dikenal tak tanggung-tanggung dalam ‘buang-buang’ duit untuk menciptakan film aksi blockbuster. Lihat saja 6 Underground milik Michael Bay dan Ryan Reynolds. Di film ini, Netflix mau mendanai adegan aksi yang memukau dari debut pertama sutradara Sam Hargrave.

Ada banyak hal yang bisa dilihat dari film Extraction; aksi tingkat tinggi, koreografi baku hantam yang akrobatik, serta pengambilan gambar yang memukau. Bahkan ada satu adegan aksi dengan teknik pengambilan gambar one-shot selama 12 menit di pertengahan cerita.

review extraction chris hemsworth Netflix
via Netflix

Berperan sebagai Tyler yang garang dalam menembak dan berkelahi, Hemsworth tetap mengesankan dalam memainkan sisi emosional karakter yang dimainkannya. Di film ini, Chris Hemsworth dibantu oleh nama-nama baru seperti Jaiswal yang memerankan Ovi, serta Saju yang diperankan Randee Hooda. Ada pula teman sesama anggota MCU yang baru yaitu David Harbour yang ikut ambil bagian dalam film ini.

Kolaborasi anggota ‘MCU’

Sam Hargrave baru pertama kali menjadi sutradara. Namanya dikenal sebagai coordinator aksi untuk beberapa film Marvel, seperti Deadpool 2 dan Avengers: Endgame. Tak heran Hargrave mampu memanfaatkan pengalamannya menghadirkan berbagai adegan aksi mendebarkan. Serta anggaran $65 juta dari Netflix, setara dengan budget film bioskop.

review film Extraction Netflix
via Netflix

Di lain pihak, Joe Russo menjadi penulis naskah sekaligus produser, berdasarkan cerita yang diambil dari novel grafis karangannya berjudul Ciudad. Sumber aslinya berlatar di Ciudad del Este, Paraguay. Namun film ini beralih ke India, negara dunia ketiga lainnya. Seperti yang sering dilakukan film Amerika lainnya.

BACA JUGA  Review Film Aladdin (2019): Menyenangkan, Tapi Masih Jadi yang Kedua

Pun begitu, plot dan jalan cerita terasa klise khas film-film “kulit putih” Hollywood; pembunuh bayaran berkulit putih yang mencoba menjadi pahlawan di negara berkembang. Tak ada bedanya dengan seri Indiana Jones atau film-film Rambo yang fenomenal.

review film Extraction indonesia
via Netflix

Fun fact, Chris Hemsworth sebelumnya juga pernah berperan sebagai hacker yang dituduh sebagai teroris dan terjebak dengan konflik antara Amerika dan China. Film berjudul Blackhat (2015) ini diproduksi Legendaris Pictures dan mengambil latar di Malaysia dan Indonesia.

Film Extraction masih mampu menawarkan tontonan yang menegangkan dan cukup menghibur. Tak begitu berat dengan cerita yang ringan dan bisa dimengerti tanpa harus dicerna. Menambah daftar katalog film orisinil Netlix, layaknya Triple Frontier (2019) yang masih enak ditonton berkali kali.  

Rating: 7/10

Genre: Aksi, Thiller

Sutradara: Sam Hargrave

Penulis: Joe Russo

Pemeran: Chris HemsworthGolshifteh FarahaniRudhraksh Jaiswal

Review Overview
  • 7/10
    Film Oke - 7/10
7/10

Summary

Film Extraction sajikan cerita penuh aksi yang menawarkan tontonan menegangkan dan cukup menghibur, tak begitu berat dengan cerita yang ringan dan bisa dimengerti tanpa harus dicerna.

Sending
User Review
5 (1 vote)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.