Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea

adaptasi film korea ke indonesia

Ada fenomena baru dalam industri film di Indonesia dewasa ini, yaitu mengadaptasi film Korea tentunya dengan cita rasa Indonesia. Film-film yang diadaptasi Korea cenderung sangat laris diburu penonton. Ini tidak lain karena merebaknya “Korean effect di Indonesia sehingga apapun yang berbau Korea selalu dinanti dan diminati. Berikut beberapa film Indonesia yang diadaptasi dari Film Korea.

1. Sweet 20 (Miss Granny)

film indonesia yang diadaptasi dari film korea selatan miss granny
via CeritaKorea.com

Sweet 20 adalah film Indonesia pertama yang diadaptadari dari film Korea laris berjudul Miss Granny. Bercerita tentang seorang Oh Mal-soon, janda berusia 74 tahun yang tinggal dengan putra dan keluarganya.

Ia secara ajaib menjadi muda setelah berfoto di studio foto misterius bernama Forever Young yang mengklaim mampu menangkap peristiwa seseorang ketika muda.

film indonesia yang diadaptasi dari film korea selatan
via starvisionplus

Trailer Sweet 20 memperlihatkan cuplikan seorang nenek bernama Fatmawati (Niniek L. Kariem) yang masuk ke dalam studio foto bernama Forever Young. Tampak juru foto yang diperankan Henky Solaiman mengatakan kalau Fatmawati akan menjadi 50 tahun lebih muda setelah difoto.

Tak lama, tiba-tiba keluarlah Fatmawati yang telah berubah puluhan tahun lebih muda. Ia lalu mengubah namanya menjadi Mieke (Tatjana Saphira).

StarVision bekerja sama dengan CJ Entertainment dalam memproduksi film Sweet 20 ini. Film ini masuk jajaran box office film Indonesia pada tahun 2017 dengan 1.044.045 penonton.

2. Sunyi (Whispering Corridors)

film whispering corridors diremake indonesia
via yesmovies.to

Film indonesia yang diadaptsi dari Korea Selatan selanjutnya adalah film Whispering Corridors yang tayang di Korea pada tahun 1998.

Di Indonesia, film ini diadaptasi menjadi film berjudul Sunyi. Film ini bercerita tentang Alex (Angga Yunanda), seorang anak laki-laki yang baru saja masuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Ia bertemu dengan teman barunya, Maggie (Amanda Rawless).

film sunyi diadaptasi dari korea selatan
via youtube

Namun ternyata masa-masa SMA tidak seindah yang dibayangkan. Alex sering ditindas oleh senior-seniornya, hingga suatu hari terjadi kejadian aneh di sekolah tersebut.

Sunyi adalah film hasil kolaborasi internasional antara Pichouse Films dengan Xing Xing, Studio Invictus, Mixx Entertainment dan CJ Entertainment.

3. Bebas (Sunny)

Film Indonesia yang satu ini diadaptasi dari film Korea Selatan yang sudah diadaptasi oleh berbagai negara, yaitu Sunny yang rilis di Korea pada tahun 2011. Film Bebas diproduksi oleh Miles Films dengan melibatkan Riri Riza sebagai sutradara.

film indonesia yang diadaptasi dari film korea selatan
via kpopchart.net

Film tersebut diperankan beberapa aktor dan aktris junior hingga senior, seperti Indy Barends, Marsha Timothy, Widy Mulia, Baim Wong, Amanda Rawless, Sheryl Sheinafia, Syifa Hadju, Brandon Salim dan masih banyak lagi.

Film Bebas yang rilis pada tahun 2019 lalu ini bercerita tentang lima cewek dan seorang cowok yang menjadi teman baik di masa SMA. Namun sebuah peristiwa membuat mereka terpaksa berpisah.

4. Miracle In Cell No. 7

Film drama Korea terlaris tahun 2013 berjudul Miracle in Cell No.7 bakal di-remake ke dalam versi Indonesia. Adalah Falcon Pictures yang akan mendaur ulang film garapan Lee Hwan Kyung yang menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa di Korea.

miracle in cell no 7 korea
via Inilah.com

Film yang diperankan oleh aktris cantik Park Shin Hye dan aktor Ryu Seung Ryong ini merupakan film komedi hangat dibalut kisah melodramatis tentang seorang laki-laki bernama Lee Yong Gu (Ryu Seung Ryong) yang dipenjara karena salah tuduh sebagai pelaku pembunuhan.

Di dalam penjara, dia bergabung dalam satu sel dengan beberapa pelaku tindak kriminal asli dan kemudian menjalin pertemanan. Para kriminal ini malah membantu Yong Gu yang merindukan anaknya dengan menyelundupkan sang anak ke dalam penjara.

pemeran miracle in cell 7 indonesia
via Tirto.id

Dalam versi Indonesia, film ini akan disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Indro Warkop, Vino G Bastian, Tora Sudiro, Bryan Domani serta komika Muhammad Rizki Rakelna dan Indra Jegel. Lalu ada juga aktris cilik Graciella Abigail.

Demikian daftar film Indonesia yang diadaptasi dari film Korea Selatan yang sudah dan akan digarap untuk memeriahkan industri perfilman di Indonesia.

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam