Rekomendasi Serial Netflix Terbaik buat Kamu yang #DirumahAja

Duduk santai nikmati serial di rumah

rekomendasi serial original netflix

Sudah kehabisan film yang kamu tonton saat #DirumahAja? Saatnya beralih ke serial TV dengan episode yang lebih banyak. Ada banyak serial terbaik Netflix yang bisa kamu tonton di masa pandemi ini. Berikut beberapa rekomendasi serial Netflix dari Mariviu buat kamu.

1. Stranger Things (2016 – sekarang)

Genre: Sci-Fi
Season: 3
Pemeran: Millie Bobby, Finn Wolfhard, Noah Schanpp, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughin,

Bahkan ketika pertama kali dirilis pada tahun 2016, Stanger Things langsung menjadi fenomena baru di kalangan penikmat film dan serial TV. Nostalgia tahun 1980an, paduan thriller dan komedi, serta pemeran yang menggemaskan membuatnya menjadi salah satu serial terbaik Netflix.

stranger things
Via IMDb

Sesuai dengan judulnya, serial ini mengisahkan tentang hal-hal aneh yang terjadi di kota Hawkings pada tahun 1908an. Ceritanya berkembang dari bertemunya empat sekawan Mike, Dustin, Will, dan Lucas dengan Eleven yang memiliki kekuatan misterius.

Serial ini sudah berjalan selama 3 musim dengan beberapa karakter masuk dan keluar, seperti Dacra Montgomery sebagai Billy Hargrove dan Maya Hawke sebagai Robin Buckley. Produksi untuk musim keempat sudah dimulai pada Februari lalu tetapi harus berhenti di tengah-tengah karena pandemi virus Corona.

Baca ulasannya di sini.

2. Mindhunter (2017 – sekarang)

Genre: Drama, crime, thriller, mystery
Season: 2
Pemeran: Jonathan Groff, Holt McCallany, Anna Trov, Cameron Britton

Yang suka dengan cerita detektif atau serial killer, serial ini akan sangat menghibur. Terinspirasi dari kisah nyata, Mindhunter bercerita tentang dua agen FBI yang ditunjuk untuk mempelajari pola pikir dan tingkah laku para pembunuh berantai terkenal yang ada di Amerika.

Tidak hanya menginterview pembunuh-pembunuh berantai yang kejam, kita juga diajak untuk memecahkan berbagai macam kasus pembunuhan yang dilakukan psikopat.

Serial ini bertempo relatif lambat tapi stabil. Kasus-kasusnya yang bikin penasaran menjadikan Mindhunter tontonan yang bikin candu. Kamu bisa dibuat menonton satu season tanpa beranjak dari tempat duduk. Saat ini Mindhunter sudah ada 2 season, tapi sayangnya kapan season tiganya dirilis belum jelas.

3. Dark (2017 – sekarang)

Genre: Sci-fi, drama, thriller, mystery
Season: 2
Pemeran: Louis Hoffman, Lisa Vicari, Maja Schone, Jordis Triebel, Oliver Masucci

Serial Netflix yang satu ini bercerita tentang drama kota kecil bernama Winden di Jerman. Terjadi kejadian misterius seperti anak hilang dan dibunuh serta banyaknya binatang yang mati. Tokoh utama kita mencoba untuk menyelidiki peristiwa ini hingga ia mengetahui rahasia kota itu.

Review TV Series Dark
Via Netflix

Fans cerita time travel atau perjalanan waktu wajib menonton serial Dark. Time travelnya menggunakan konsep time loop yang membuat cerita jadi sangat kompleks. Kita diajak untuk berpikir dan mengingat tentang apa yang terjadi pada semua karakter di masing-masing setting waktu. Dipadukan dengan drama khas kota kecil yang penuh intrik, serial ini bisa mengikat penonton dari awal hingga akhir.

Saat ini Dark sudah ada 2 season. Jika tidak ada halangan, season 3 sekaligus season terakhirnya akan rilis pertengahan tahun ini.

Baca ulasannya di sini.

4. Money Heist (La Cassa de Papel) (2017 – Sekarang)

Genre: Thriller, Crime
Season: 4
Pemeran: Alvaro Morte, Ursula Corbero, Miguel Herran, Itziar Ituno

Money Heist atau dikenal juga dengan nama La Cassa de Papel adalah serial drama televisi tentang perampokan berencana dari Spanyol yang dibuat oleh Alex Pina. Serial ini menceritakan tentang dua perampokan yang telah lama dipersiapkan oleh Sang Professor (Alvaro Morte).

Money Heist pada awalnya ditayangkan sebagai seri dengan dua bagian. 15 episode aslinya diputar di saluran Spanyol, Antena 3, dari 2 Mei 2017 sampai 23 November 2017. Melihat potensi yang dimiliki serial ini, Netflix mengakusisi hak streaming globalnya pada akhir 2017. Bahkan lagu anti-fasis Italia “Bella ciao” jadi populer di seluruh Eropa pada 2018 silam gara-gara serial ini.

Saat ini Money Hest menjadi salah satu drama yang menarik untuk diikuti karena dipenuhi dengan plot twist yang tak disangka-sangka. Musim kelima saat ini sedang dipersiapkan dengan cerita yang lebih besar, termasuk prediksi hilangnya beberapa karakter utama.

Baca ulasannya di sini.

5. The End of the F***ing World (2017 – 2019)

Genre: Drama komedi
Season: 2
Pemeran: Alex Lawther, Jessica Barden

Rekomendasi serial Netflix selanjutnya adalah The End of the F***ing World. Diangkat dari seri novel grafis karya Charles Forsman, “The End of the Fxxxing World” fokus pada perjalanan James dan Alyssa yang memulai perjalanan untuk menemukan ayah Alyssa yang meninggalkan rumah ketika dia masih kecil.

Karakter keduanya cukup unik. James yakin bahwa di adalah seorang psikopat dan sering membunuh hewan sebagai hobinya. Sedangkan Alyssa sendiri merupakan remaja pada umumnya yang sedang mengalami krisis eksitensi.

Setiap musim hanya memiliki delapan episode dengan durasi tak lebih dari 24 menit. Awalnya ditayangkan di Channel 4 di Inggris pada Oktober 2017, lalu bisa ditonton di layanan Netflix secara internasional pada Januari 2018. Seminggu setelah penayangannya, penjualan novel grafis aslinya langsung meningkat.

6. The Dragon Prince (2018 – Sekarang)

Genre: Animasi, Fantasi
Season: 3
Pengisi Suara: Jack De Sena, Sasha Rojen, Paula Burrows, Jason Simpson

Jika kamu tertarik dengan serial berbau fantasi, animasi ini bisa menjadi pilihan. Ditujukan untuk anak-anak dan remaja dan menghadirkan nostalgia dengan cerita yang ringan di setiap episodenya. The Dragon Prince menjadi rekomendasi serial Netflix versi Mariviu karena dibuat oleh nama-nama di balik kesuksesan Avatar: The Last Airbender.

Berlatar di negeri fantasi bernama Xadia, manusia mengembangkan sihir hitam dan berselisih dengan para makhluk sihir. Kakak beradik Callum dan Ezran harus mengembalikan Pangeran Naga ke negeri sihir agar tidak terjadi perperangan besar antara manusia dan makhluk sihir, seperti elf dan naga.

Musim pertama hingga ketiga menghadirkan cerita yang menarik ditambah dengan gambar yang memukau. Setiap frame bisa terlihat layaknya lukisan. Dan tentu saja, kamu bisa menikmati serial ini bersama keluarga karena gambar dan cerita yang ramah anak-anak.

Baca ulasannya di sini.

7. Sex Education (2019 – sekarang)

Genre: Drama, romance, comedy
Season: 2
Pemeran: Asa Butterfield, Emma Mackey, Ncuti Gatwa, Gillian Anderson

Rekomendasi serial Netflix yang ini bercerita tentang para remaja SMA di sebuah kota kecil di Inggris. Otis terlambat puber dan tidak terlalu tertarik dengan hal seksual. Tapi ia punya pengetahuan yang banyak tentang seks karena ibunya adalah terapis seks. Berbekal pengetahuan itu, Otis bersama teman-temannya membuka klinik seks di sekolah untuk mendapatkan uang.

Di serial Sex Education, aktifitas seksual yang berhubungan dengan anak-anak SMA tidak di-judge sama sekali karena memandang perkembangan remaja tidak bisa dibendung. Serial ini juga menempatkan diri sebagai alat edukasi belaka sehingga semuanya ditampilkan apa adanya, layaknya belajar di kelas pendidikan seks.

Dan yang paling penting, Sex Education bisa menggambarkan kalau aktifitas seksual tidak selalu tentang “mantap-mantap” saja. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Baca ulasannya di sini.

8. The Witcher (2019 – sekarang)

Genre: Fantasi, Aksi
Season: 1
Pemeran: Henry Cavill, Freya Allan, Anya Chalotra

Fanbase The Witcher bergemuruh setelah Netflix mengumumkan casting Henry Cavill sebagai Geralt of Rivia dalam serial The Witcher. Dan terbukti kehadiran Cavill sebagai Geralt mampu menghapus meme-nya sebagai Superman dengan CGI kumis yang berantakan. Apalagi adegan bathub yang hot!

henry cavill dalam serial the witcher
Via Netflix

Bertempat di daratan fiksi pada abad ke-13, The Witcher menceritakan legenda Geralt of Rivia yang merupakan seorang Witcher, manusia mutant pemburu monster. Musim pertama menceritakan hubungannya dengan putri Ciri yang diperankan oleh Freya Allan.

Musim pertama yang terdiri dari delapan episode dirilis tahun lalu pada bulan Desember. Ceritanya dibuat berdasarkan kumpulan cerita pendek di saga Withcer, The Last Wish dan Sword of Destiny. Musim kedua akan dirilis pada tahun 2021 dengan produksi direncanakan dimulai di London pada awal 2020.

9. Itaewon Class (2020)

Genre: Drama
Season: 1
Pemeran: Park Seo Joon, Kim Da Mi, Kwon Nara, Kim Dong Hee, Lee Joo Young

Salah satu drama Korea terbaik yang diproduksi Netflix. Itaewon Class membawa budaya Korea, termasuk salah satu jalan yang terkenal di pusat kota Seoul, yaitu Itaewon. Di sini, ada pertukaran budaya dan menjadi salah satu jalan yang paling ‘hidup’ di Korea.

rekomendasi serial Netflix Itaewon Class
via Netflix

Itaewon Class fokus pada kisah hidup Park Sae-Roy yang dipenjara karena dituduh melakukan percobaan pembunuhan. Untuk membalaskan dendam ayahnya yang terbunuh oleh anak konglomerat Korea, ia membuka sebuah restoran agar bisa menyaingi sang konglomerat tersebut.

Selain ceritanya yang menguras emosi, sub-plot yang ditampilkan cukup beragam. Seperti kekerasan remaja, polisi yang korup, serta isu ras di Korea Selatan. Walaupun cerita di musim pertama sudah selesai, tak menutup kemungkinan Netflix akan membuat musim kedua mengingat sedikit cliff-hanger dengan kemunculan karakter Park Bo Gum di episode terakhir.

10. Extracurricular (2020)

Genre: Thriller, Crime
Season: 1
Pemeran: Kim Dong Hee, Park Yoo Jung, Nam Yoon Soo, Jung Da Bin, Choi Min Soo

Extracurricular merupakan salah satu serial drama terbaru Netflix yang ditayangkan sejak April lalu. Namun serial ini menjadi salah satu drama orisinil Netflix asal Korea Selatan yang populer.

cover serial Extracurricular
via Netflix

Serial ini menceritakan tentang Oh Ji Soo (Kim Dong Hee) yang menjalankan sebuah layanan perlindungan untuk pekerja seks komersial dengan bantuan Mr. Lee (Choi Min Soo). Tetapi salah satu teman sekelasnya, Bae Gyu Ri (Park Joo Hyun) mengetahui hal tersebut dan ingin ambil bagian dalam pekerjaan tersebut.

Extracurricular menjadi satu di antara serial asli Netflix yang menceritakan tentang kehidupan remaja. Kali ini, Netflix membawa sisi gelap kehidupan remaja di Korea Selatan, seperti perudungan (bullying), kesenjangan sosial antar remaja, serta prositusi di bawah umur.

Baca ulasannya di sini.

Nah, dari semua rekomendasi serial Netflix di atas, mana yang sudah kamu tonton? Tulis di kolom komentar, ya.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.