Kesan Pertama Nonton Anime Digimon Adventure: Review Episode 1-3

kesan nonton digimon adventure 2020

Serial anime Digimon Adventure yang legendaris mendapatkan reboot dari Toei Animation. Selalu ada fans yang khawatir jika reboot ini banyak mengubah aspek cerita dan “melukai” anime tercinta jika hasilnya jelek.

Setelah menonton tiga episode pertama anime Digimon Adventure, sepertinya fans tidak perlu terlalu khawatir karena anime ini sangat menjanjikan; bisa berikan nostalgia tapi dengan cita rasa yang baru.

Sinopsis Digimon Adventure (2020)

Ada anomali yang terjadi di dunia digital. Anomali ini bisa menyebabkan kekacauan di segala hal yang terhubung dengan internet. Seperti gangguan alat transportasi hingga gangguan militer yang membuat mereka kehilangan kendali rudal. Dan tentu saja keselamatan Jepang bergantung pada pundak para anak-anak terpilih. Apakah Taichi dan teman-teman bisa jadi pahlawan?

Opening baru

Untuk anime dengan lagu tema legendaris, saya sedikit berharap reboot-nya tetap menggunakan lagu yang lama. Paling tidak diaransemen ulang.

Namun Digimon Adventure 2020 tidak melakukan itu. Anime ini menggunakan lagu baru. Lagu barunya cukup catchy tapi kurang mampu menyamai punya serial aslinya.

Selain itu, opening dan ending theme-nya juga terlalu fokus pada Taichi dan Yamato. Wajah Taichi dan Agumon memenuhi opening theme sedangkan Yamato dan Garurumon di ending theme.

Memang Taichi dan Yamato adalah karakter yang paling kuat, tapi mungkin lebih bagus lagi jika semua anak-anak terpilih juga mendapatkan porsi yang cukup (curhat).

Animasi keren

digimon adventure episode 4
Via Toei Animation

Anime keluaran Toei Animation terkenal relatif kaku karena rata-rata long running dengan jumlah episode yang sangat banyak. Sebut saja World Trigger, Gegege no Kitaro, dan One Piece. Ketiga anime ini menjadi bulan-bulanan pencinta anime yang cuma mikirin animasi bagus ketika nonton.

BACA JUGA  Gaji Animator di Jepang Kalah Dibandingkan dengan Pegawai McDonald?

Nah, di Digimon Adventure ini kita melihat sesuatu yang beda. Toei menyajikan tiga episode pertama Digimon Adventure dengan animasi yang sangat bagus. Pertarungan para monster digital dibuat lentur. Banyak momen-momen keren yang dianimasikan dengan kualitas top.

Pastinya animasi keren akan jadi salah satu nilai jual serial anime ini selain mengandalkan nostalgia.

Karakter sama latar baru

Anime Digimon Adventure masih diisi karakter yang sama. Tapi, di tiga episode awal, yang banyak muncul hanya Taichi, Yamato, dan Koshiro. Sedangkan Sora dan yang lainnya kurang mendapatkan sorotan.

Mungkin disengaja agar kita betah menunggu setiap episodenya agar bisa melihat teman-teman Taichi yang lain. Karena sekali-sekali mereka muncul, perasaan nostalgia menyerang dengan kuat.

Latar tahun 2020 tentu akan sangat cocok dengan cerita Digimon Adventure yang berhubungan dengan dunia digital. Di tahun 2020 semuanya terhubung dengan internet, bahkan manusia juga sangat bergantung. Jadi bisa dibayangkan risiko apa yang akan muncul jika ada monster digital mengganggu.

Pemanasan di tiga episode pertama

Alur cerita Digimon Adventure 2020 dibuat sedikit beda episode awal. Kita tidak langsung diajak melihat Taichi dan teman-teman terjebak di dunia digital. Taichi memang dipanggil ke dunia digital, tapi bukan dunia digital yang kita kenal di awal seri aslinya.

Dunia digitalnya tidak ada pemandangan gunung, pohon, atau lautan. Melainkan ruang hampa penuh aliran data yang abstrak.

review reboot digimon adventure
Via Toei Animation

Ini mungkin akan membuat fans berpikir kalau akan diberikan cerita yang sangat berbeda dari seri originalnya, yaitu cerita tanpa petualangan menjelajahi dunia digital. Hanya melawan monster digital yang mengganggu internet. Tapi ternyata tidak begitu.

Di episode 3, Digimon Adventure akhirnya membawa Taichi ke dunia digital yang lebih indah. Mirip dengan seri aslinya. Ada pemandangan alam dan monster-monster digital. Pastinya ini membuat hype anime Digimon Adventure semakin tinggi.

BACA JUGA  Review World Trigger: Anime yang Underrated

Tiga episode pertama juga jadi semacam teaser untuk fans dengan menampilkan evolusi-evolusi para digimon.

Kalau di seri aslinya kan butuh beberapa episode untuk melihat evolusi Agumon. Nah, di reboot ini, kita sudah bisa melihat Agumon berveolusi sejak tiga episode awal. Mungkin ini dilakukan untuk membangkitkan hype fans agar tidak sabar menunggu episode terbarunya.

Kesimpulan

Dari tiga episode pertamanya, reboot Digimon Adventure tidak hanya mengandalkan nostalgia untuk menggaet fans, tapi juga memberikan tontonan yang tidak kalah seru dari seri aslinya  lewat kualitas visual yang top dan alur cerita yang sedikit diubah.

Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.