Rekomendasi Film Thriller Musim Dingin untuk yang Suka Salju

Film seru di tempat dingin bersalju

Film bisa membawa penonton ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Contohnya ke tempat dingin bersalju dan es baik itu di kota maupun di pegunungan. Suasana dingin jadi semakin syahdu dengan sajian cerita menegangkan di dalamnya. Nah, kali ini Mariviu akan coba berikan rekomendasi film thriller musim dingin yang menegangkan, cocok ditonton sambil selimutan saat karantina mandiri.

1. In Order of Disappearance dan Cold Pursuit (2014 & 2019)

Sutradara: Hans Petter Moland
Bintang: Stellan Skarsgard, Liam Neeson

Cerita berpusat pada seorang ayah yang ingin balas dendam pada orang-orang yang membunuh anaknya. Satu persatu para pelaku mendapatkan ganjaran mereka yang ditampilkan dengan cara unik oleh film ini.

film cold pursuit review indonesia
Via imdb

Hans Petter Moland sebelumnya membuat film ini dalam bahasa Norweigia dengan judul In Order of Disappearance. Lalu membuat versi bahasa Inggrisnya dengan judul Cold Pursuit. Beda dua film ini ada pada pemeran, bahasanya, dan sedikit adegan. Balutan dark comedy membuat setiap nyawa yang melayang dikenang dengan cara yang tragis sekaligus lucu. Seperti menertawakan kematian akibat balas dendam.

2. The Grey (2011)

Sutradara: Joe Carnahan
Bintang: Liam Neeson, Frank Grillo, Dermot Mulroney

Film bertema survival ini berlatar alam bebas bersalju Alaska. Para tokoh terdampar di daerah yang berbahaya itu setelah pesawat mereka mengalami kecelakaan. Alam pun jadi ancaman; mulai dari suhu hingga serigala bisa menghantarkan pada maut. Tapi mereka harus bertahan hidup.

film berlatar salju es
Via IMDb

Dari awal penonton diberikan tontonan yang mendebarkan dari sebuah usaha manusia bertahan hidup di lingkungan yang di luar kendali mereka. Mereka harus mencari akal agar bisa melawan alam yang kejam. Salah satu film terbaik yang dibintangi Liam Neeson.

BACA JUGA  Review Film X-Men: Dark Phoenix (2019): Tak Seterang Bintangnya

3. Wind River (2017)

Sutradara: Taylor Sheridan
Bintang: Elizabeth Olsen, Jeremy Renner, Kelsey Chow, Jon Bernthal

Bercerita tentang agen FBI yang menginvestigasi kasus pemerkosaan dan pembunuhan di Wyoming Amerika yang dingin. Korban pembunuhan tewas dengan ciri-ciri kerusakan paru-paru akibat suhu dingin ekstrim.

film aksi di tempat salju
Via IMDb

Sebagai film berlatar musim dingin, Wind River menjadikan salju dan suhu dingin sebagai bagian dari plot. Punya tempo yang lambat dan cerita menegangkan di tempat dingin, Wind River adalah slow burn yang makin lama makin panas.

5. The Hateful Eight (2015)

Sutradara: Quentin Tarantino
Bintang: Jennifer Jason Leigh, Samuel L. Jackson, Kurt Russel

Film arahan Quentin Tarantino sebelum Once Upon a Time in Hollywood. Bercerita tentang delapan orang yang terjebak badai salju di sebuah rumah. Berasal dari beragam latar belakang, ternyata mereka berkaitan satu sama lain. Dan di antara mereka ada serigala berbulu domba.

rekomendasi film thriller musim dingin
Via IMDb

Quentin Tarantino mengulang kesuksesannya membuat film berlatar satu tempat yang penuh dialog tapi tetap menegangkan. Kita diajak untuk menebak-nebak siapa yang jahat siapa yang baik. Film ini tentunya punya adegan brutal berdarah khas Tarantino.

5. The Shining (1980)

Sutradara: Stanley Kubrick
Bintang: Jack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd

Jack Torrance membawa keluarganya untuk tinggal dan menjaga hotel Overlook yang terletak di tempat terpencil di sebuah pegunungan. Tapi ternyata hotel angker itu memanfaatkan masalah temperamen yang dialami Jack untuk menciptakan pertumpahan darah. Anak dan istri Jack pun menjadi sasaran.

film berlatar musim dingin es salju
Via IMDb

Ketika rilis, film karya Stanley Kubrick ini tidak disukai oleh Stephen King yang menulis cerita novelnya karena tidak menyampaikan apa yang ingin King sampaikan. Banyak kritikus juga tidak menyukai film ini pada saat rilisnya. Tapi, sekarang The Shinning dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

BACA JUGA  Rekomendasi Film tentang Sekte: Mulai dari Drama, Misteri, hingga Horor

6. Snowpiercer (2013)

Sutradara: Bong Joon-Ho
Bintang: Chris Evans, Tilda Swinton, John Hurt, Song Kang-Ho

Berlatar dunia pascakiamat saat bumi diselimuti es dan salju setelah usaha manusia mencegah global warming gagal. Sisa peradaban manusia hidup di dalam sebuah kereta api yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Tapi kondisi masyarakat dalam kereta api lebih parah dari sebelumnya. Tiap gerbong melambangkan kelas social penghuninya.

film thriller musim dingin
Via IMDb

Film karya sutradara Bong Joon-ho ini menguras emosi dan juga menegangkan. Kejamnya aturan yang dianut dalam kereta api bikin geregetan. Yang lemah akan dan selalu ditindas. Dan ketika dua kelas sosial itu berbenturan, Snowpiercer mampu berikan sajian aksi yang brutal tanpa pemanis. Snowpiercer adalah salah satu film post apocalypse berlatar musim dingin terbaik.

7. Fargo (1996)

Sutradara: Ethan Coen, Joel Coen
Bintang: Frances McDormand, William H. Macy, Steve Bucemi

Film yang memenangkan piala Oscar kategori Best Picture ini bercerita tentang Jerry yang menyewa orang untuk menculik istrinya demi mendapatkan uang dari mertuanya. Tapi masalah demi masalah datang membuat rencananya berantakan.

film berlatar tempat bersalju dingin
Via IMDb

Khas Coen bersaudara, film Fargo menggambarkan jika masalah bisa datang kapan saja dan merusak rencana yang sudah dipersiapkan. Masalah itu bisa terjadi begitu saja. Bisa juga karena hubungan sebab akibat dari hal sepele. Walau lucu dengan dark comedy, alur ceritanya yang sulit ditebak membuat Fargo tetap mendebarkan.

8. Arctic (2018)

Sutradara: Joe Penna
Bintang: Mads Mikkelsen, Maria Thelma

Satu lagi film survival yang berlatar di tempat dingin. Arctic bercerita tentang seorang pria yang terdampar di benua Artik setelah kecelakaan pesawat yang menimpanya. Setelah cukup lama bertahan hidup di kemah buatan, ia pun mencoba melakukan perjalanan berbahaya mencari jalan keluar dari benua es itu.

film bertema survival di es
Via IMDb

Arctic adalah perumpamaan tentang kehidupan. Apakah kita ingin bertahan di zona nyaman terus menerus atau berani mengambil resiko demi masa depan yang lebih baik. Tentu perjalanan keluar zona nyaman tidaklah mudah, penuh bahaya, dan rintangan.

BACA JUGA  10 Cerita Asli Captain Marvel yang Belum Dijelaskan dalam Versi Filmnya

9. The Thing (1982)

Sutradara: JohnCarpenter
Bintang: Kurt Russel, Keith David, Wilford Brimley

Sekelompok peneliti Amerika di Antartika menyelamatkan seekor anjing dari buruan manusia. Tapi mereka tidak tahu kalau anjing itu akan membawa masalah yang mematikan, yaitu makhluk asing yang bisa menyamar jadi makhluk hidup apapun.

film alien paling bagus
Via IMDb

Salah satu film tentang alien terbaik ini sangat menegangkan karena para karakter terkurung bersama musuh yang tidak tampak. Tokohnya dipaksa menebak siapa di antara mereka yang merupakan alien yang menyamar. Berlatar Antartika dengan ancaman alien mematikan, tentu film ini cocok masuk dalam daftar rekomendasi film thriller musim dingin ini.

10. The Revenant

Sutradara: Alejandro Gonzalez Inaritu
Bintang: Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Paul Anderson, Will Poulter

Terinspirasi kisah nyata, film ini bercerita tentang Hugh Glass yang ditinggalkan dalam kondisi mengenaskan penuh luka setelah bertarung melawan beruang dan juga kolega yang mengkhianatinya. Ia bertahan hidup di alam bebas yang dingin dan kejam dengan skill survivalnya demi membalas dendam.

film survival di tempat es
Via IMDb

Mulai dari kostum, set, dan tentu saja akting pemerannya membuat film ini sangat meyakinkan seperti nyata. Konon kabarnya semua pemerannya sempat menderita hypothermia karena syuting di alam bebas yang dingin.

Itulah rekomendasi film thriller musim dingin. Mana yang sudah kamu tonton?

Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.