Rekomendasi Film tentang Alien, dari Horor hingga Komedi

Mulai dari yang seram hingga yang bikin bingung

rekomendasi film tentang alien

Dalam rekomendasi mariviu kali ini, kami akan memberikan daftar rekomendasi film tentang alien terbaik.

Rekomendasi film tentang alien

Film-film blockbuster tentang alien sejak dulu bisa menarik perhatian para pencinta film. Ada yang suka karena adegan aksinya, karena horornya, karena visual luar angkasanya, dan ada juga yang suka karena suka melihat mahkluk asing selain manusia ditampilkan dalam film. Berikut adalah daftar film tentang alien terbaik versi Mariviu.

1. Independence Day (1996)

Genre: sci-fi, action
Sutradara: Roland Emmerich
Bintang: Will Smith, Jeff Goldblum, Bill Pullman

UFO mampir ke bumi dan mereka datang tidak dengan damai. Para alien ingin menginvasi bumi dan memusnahkan manusia. Untuk menyelamatkan bumi, ilmuan, tentara, pemerintah, dan rakyat sipil bersatu untuk mengalahkan alien yang punya teknologi lebih canggih.

rekomendasi film tentang alien terbaik
Via IMDb

Film Independece Day adalah tipikal film blockbuster tahun 90-an: cheesy, penuh ledakan, dan tentu saja pamer kedigdayaan Amerika. Tapi walau begitu film ini tetap saja menghibur setiap kali ditonton. Independece Day adalah salah satu film tentang alien terlaris dan ikonis. Cocok masuk ke dalam daftar rekomendasi ini.

2. The Faculty (1998)

Genre: horror, sci-fi
Sutradara: Robert Rodriguez
Bintang: Ellijah Wood, Jordana Brewster, Josh Harnet, Usher

Ditulis oleh Kevin Williamson (seri Scream) dan disutradarai oleh Robert Rodriguez (Alita: Battle Angel), film The Faculty menceritakan invasi alien dengan skala kecil, yaitu di sebuah sekolah tidak sampai main-main ke luar angkasa. Para alien menyusup dengan mengambil alih tubuh para guru. Para murid yang terdiri dari berbagai latar belakang pun berusaha untuk melawan guru mereka.

rekomendasi film alien komedi lucu
Via IMDb

Film ini sudah pernah tayang di televisi nasional. Ceritanya yang ringan dan juga cukup lucu membuatnya cocok ditonton berulang kali. Sebuah film horror klasik tahun 90an.

3. War of the Worlds (2005)

Genre: sci-fi, action
Sutradara: Steven Spielberg
Bintang: Dakota Fanning, Tom Cruise

Mungkin juga sudah sering wara-wiri di televisi nasional, tapi tidak ada salahnya untuk menonton ulang film tentang invasi alien yang satu ini.

rekomendasi film fiksi ilmiah menegangkan
Via IMDb

Diadaptasi dari novel legendaris karangan H.G. Wells, dan film ini adalah remake dari film versi tahun 1953. War of the Worlds bercerita tentang seorang ayah yang berusaha mati-matian menjaga dan mengantarkan anaknya ke rumah mantan istrinya di tengah invasi alien.

Film War of the Worlds lebih fokus melihat kondisi dunia saat invasi alien dari sudut pandang penduduk biasa, bukan dari sudut pandang militer atau pemerintah seperti film invasi alien kebanyakan, sebut saja Independence Day.

4. Avatar (2009)

Genre: sci-fi, action
Sutradara: James Cameron
Bintang: Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigouney Weaver

Film Avatar tidak bercerita tentang juru selamat yang menghilang setelah Negara api menyerang. Film ini bercerita tentang Jake, seorang tentara lumpuh yang bisa menggunakan Na’Vi di bulan Pandora. Ia punya misi berbaur dengan penduduk lokal. Tapi atasannya punya misi lain, yaitu mengeksploitasi sumber daya alam di sana. Jake harus memilih penduduk Pandora atau manusia.

film terlaris sepanjang masa
Via IMDb

Mungkin banyak yang bilang film Avatar overrated. Tapi, tak bisa dipungkiri kalau Avatar adalah salah satu film tentang alien terbaik. Buktinya tak hanya laris manis, tapi juga masuk nominasi kategori Best Pictures Oscars.

Jika biasanya kita melihat manusia diserang alien, maka di film Avatar manusialah yang menjadi tukang invasi. Film karya James Cameron ini mampu membuat kita membenci sifat buruk manusia yang rakus.

5. Attack the Block (2011)

Genre: sci-fi, action
Sutradara: Joe Cornish
Bintang: John Boyega, Jodie Whittaker, Nick Frost

Bertahun-tahun sebelum Joe Cornish membuat film anak-anak berjudul The Kid Who Would Be King, ia pernah membuat sebuah film alien yang lucu, seram, dan menggelitik, yaitu film Attack the Block yang dibintangi oleh John Boyega muda sebelum jadi pemberontak di galaxy far faraway.

rekomendasi film tentang alien lucu
Via IMDb

Film ini bercerita tentang geng anak muda nakal di daerah pinggiran London yang harus berurusan dengan alien mematikan. Dipimpin oleh Moses (John Boyega) geng nakal itu berjuang melindungi komplek perumahan mereka seolah menebus kenakalan yang telah mereka lakukan selama ini.

Dibalut invasi alien, film Attack the Block menyentuh isu kenakalan akibat ketimpangan sosial yang terjadi di Inggris.

6. Men in Black (1997)

Genre: comedy, sci-fi, action
Sutradara: Barry Sonnenfeld
Bintang: Will Smith, Tommy Lee Jones, Linda Fiorentino

Jika cari film tentang alien yang lucu, Men in Black adalah jawabannya. Film klasik ini tidak lekang oleh waktu. Kombinasi Tommy Lee Jones yang kaku dan Will Smith yang ekspresif selalu bisa menghadirkan komedi yang menghibur.

film sci-fi lucu
Via IMDb

Men in Black bercerita tentang sebuah organisasi rahasia yang mengurus masalah alien di bumi. Mereka harus menyelamatkan bumi dan galaksi dari ancaman spesies alien misterius.

Seperti terinpirasi dari teori konspirasi, Men in Black seolah menunjukkan bagaimana manusia tidak sadar kalau selama ini sudah banyak alien yang hidup di antara mereka.

7. Annihilation (2018)

Genre: sci-fi, mystery, adventure
Sutradara: Alex Garland
Bintang: Natalie Portman, Gina Rodriguez, Jennifer Jason Leigh, Tessa Thompson, Oscar Issac

Bercerita tentang sekelompok wanita ahli di bidang masing-masing yang punya misi menyelidiki sebuah daerah yang telah “dikuasai” alien misterius. Memasuki daerah asing, para lakon kita tidak hanya harus bertahan hidup melawan alien, tapi juga berhadapan dengan ancaman yang datang dari dalam diri mereka sendiri.

rekomendasi film mindfuck
Via IMDb

Beda dari film tentang alien blockbuster, Annihilation punya cerita menyeramkan sekaligus membingungkan. Makin akhir film ini makin membingungkan karena menampilkan bagaimana trauma masa lalu para karakter berpengaruh terhadap kejadian ganjil yang menimpa mereka. Dan apa yang terjadi tidak dijelaskan dengan gamblang sehingga akan mengundang pertanyaan.

8. Arrival (2016)

Genre: sci-fi, drama, mystery
Sutradara: Denis Villeneuve
Bintang: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker, Michael Stuhlbarg, Tzi Ma

Arrival bercerita tentang kedatangan 12 objek asing misterius berisi alien. Seorang linguis atau ahli bahasa bernama Louis Banks ditunjuk untuk memahami dan menerjemahkan bahasa yang digunakan alien itu untuk menjawab apa maksud kedatangan mereka ke bumi. Ia harus berpacu dengan waktu karena banyak manusia yang mulai tidak sabaran untuk menyerang para alien.

rekomendasi film terbaik tentang alien
Via IMDb

Arrival adalah salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa. Diangkat dari cerpen Ted Chiang berjudul “Story of Your Life,” film yang disutradarai oleh Denis Villeneuve ini sangatlah solid. Visualnya memukau, aktingnya apik, dan ceritanya juga berisi.

Bagi yang suka dengan linguistik akan sangat menikmati film ini. Arrival seperti ingin menunjukkan bahwa bahasa merupakan sebuah teknologi bahkan bisa menjadi senjata.

9. Alien (1979)

Genre: horror, mystery, sci-fi
Sutradara: Ridley Scott
Bintang: Sigourney Weaver, John Hurt, Tom Skerritt

Pastinya tidak afdal kalau daftar rekomendasi film tentang alien tidak diisi oleh film Alien. Judulnya saja sudah “Alien.” Film ini bercerita tentang pesawat tambang luar angkasa menangkap sinyal minta tolong dari sebuah planet. Tapi, setelah menjawab sinyal minta tolong itu, para kru kapal ini ditimpa kemalangan beruntun akibat serangan alien mematikan yang sulit dibunuh.

film alien terbaik
Via IMDb

Berseting di sebuah pesawat luar angkasa, film ini sajikan horror claustrophobic. Memperlihatkan bagaimana manusia bisa bertahan dari ancaman makhluk yang jauh lebih kuat dan berbahaya dari mereka di ruangan yang terbatas.

Seri film Alien lainnya seperti Aliens, Prometheus, dan Alien: Covenant juga sangat direkomendasikan.

10. Predator (1987)

Genre: sci-fi, action, horror
Sutradara: John McTiernan
Bintang: Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Bill Duke

Selain Alien, film yang menyajikan pertarungan manusia melawan alien berbahaya adalah Predator. Arnold Schwarzenegger berperan sebagai Dutch, pemimpin tentara yang diutus untuk menyelamatkan sandera di daerah pasukan gerilya di Amerika Tengah.

film monster melawan manusia bagus
Via IMDb

Tapi sesampainya di hutan Amerika Tengah, ada makhluk lain yang menjadikan para tentara perkasa ini sebagai mangsa. Otot besar Arnold tidak cukup untuk mengalahkan alien predator yang hidup untuk berburu.

Film klasik ini penuh dengan testosteron dan kemachoan para bintangnya. Ceritanya sedikit mengingatkan bagaimana tentara Amerika kesulitan mengalahkan pasukan gerilya di Vietnam. Seperti Dutch berhadapan melawan Predator yang bisa berkamuflase.

11. The Thing (1982)

Genre: horror, mystery, sci-fi
Sutradara: John Carpenter
Bintang: Kurt Russel, Keith David, Wilford Brimley

Di Antartica, sekelompok ilmuan Amerika menyelamatkan seekor anjing yang diburu. Tapi ternyata anjing itu membawa makhluk asing berbahaya yang mematikan. Film ini terinspirasi novel tahun 1938 berjudul “Who Goes There?” karya John W. Campbell Jr.

film alien paling bagus
Via IMDb

Film The Thing memainkan psikologi penonton dengan menghadirkan musuh yang bisa menyamar jadi manusia. Kita jadi bertanya-tanya, siapa yang monster alien siapa yang manusia asli.

The Thing menggunakan practical effect yang menakjubkan, akan menjadi tontonan mengasyikkan bagi yang kurang suka dengan monster CGI.

Dari semua rekomendasi film tentang alien di atas, mana yang sudah kamu tonton?

Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.