Rekomendasi Film tentang Sekte: Mulai dari Drama, Misteri, hingga Horor

Mulai dari Rosmary's Baby hingga Hereditary

daftar film sekte sesat terbaik

Sejak dahulu, film tentang sekte memang selalu menarik. Bukan hanya karena punya nuansa ganjil yang membuat kita gelisah, tapi juga karena ritual sesat yang membuat kita tertarik untuk mengetahui lebih jauh. Belum lagi ketika film ini menghadirkan gerakan terstruktur dan rahasia dari anggota sekte dalam menjebak mangsanya.

Daftar ini akan memberikan rekomendasi film tentang sekte yang wajib untuk kamu tonton. Mulai dari yang menampilkan sekte populer kontroversial, komunitas rahasia para politikus, hingga sekte pemuja setan yang rahasia.

Rosemary’s Baby (1968)

film tentang sekte setan
Via IMDb

Kengerian dari sebuah sekte sesat dalam film karya Roman Polanski ini tidak hanya ditampilkan di dalam kastil atau mansion di puncak bukit terpencil, tapi juga di jalanan di zaman modern. Semua orang bisa saja menjadi anggota sekte yang mengancam.

Mia Farrow sebagai Rosemary Woodhouse mendapati tetangga barunya perlahan mendekatinya. Ternyata mereka memiliki agenda lain selain menjadi tetangga yang ramah, yaitu mencari calon ibu yang akan melahirkan Satan. Rosemary’s Baby adalah salah satu pionir film tentang satanis.

Martha Marcy May Marlene (2011)

film tentang sekte seks
Via IMDb

Sebagai film indie thriller, Martha Marcy May Marlene sangat efektif menyajikan keganjilan dengan atmosfer yang depresif lewat aktifitas sebuah sekte di tengah hutan. Sebuah sekte yang dipimpin oleh pria karismatik dengan nilai patriarki yang tidak sehat.

Film ini dibintangi oleh Elizabeth Olsen. Bintang Avengers ini memerankan seorang wanita muda yang berhasil lari dari sekte yang mengeksploitasinya. Hanya saja, lepas dari sekte tidak serta merta membuatnya bahagia menjalani kehidupan normal.

The Master (2012)

film tentang sekte kontroversial
Via IMDb

Film tentang sekte berikutnya adalah karya sutradara kenamaan Paul Thomas Anderson yang mengangkat fenomena sekte keagamaan kontroversial yang melakukan praktik secara terang-terangan dan telah memiliki banyak pengikut.

Film ini secara berimbang menampilkan hubungan pemimpin sekte karismatik (Philip Seymour Hoffman) dengan seorang pengikut baru (Joaquin Phoenix) yang bermasalah lengkap dengan ritual sekte mereka. Punya duo aktor kelas kakap, The Master memiliki kekuatan di sisi akting selain dari cerita sekte yang menarik.

The Sound of My Voice (2011)

film tentang sekte sesat
Via IMDb

Film yang merupakan debut sutradara Zal Batmanglij ini menampilkan sekte yang dipimpin oleh seorang wanita misterius yang dipanggil Maggie. Ia mengaku adalah penjelajah waktu yang datang dari tahun 2054.

Alkisah Peter dan Laura ingin membuat film dokumenter tentang Maggie dengan cara menyusup ke dalam sekte itu. Namun, ketika mereka berhasil masuk, masalah mulai muncul. Mereka mulai saling mencurigai siapa yang telah jatuh ke dalam tipu daya sang pimpinan sekte.

Mandy (2018)

film tentang sekte pemuja setan
Via IMDb

Sebagai film tentang sekte sesat, Mandy punya Jeremiah, pemimpin sekte bernama Children of the New Dawn. Walau ia jelas hanyalah penyanyi gagal yang horny, tapi pengikutnya tetap mau mengikuti segala perintahnya. Salah satunya adalah menculik Mandy (Andrea Riseborough), kekasih dari seorang tukang kayu bernama Red.

Tahu apa yang terjadi kepada kekasihnya, Red yang dibintangi dengan sangat kuat oleh Nicolas Cage memburu sekte ini dalam pertarungan berdarah menggunakan chainsaw dan kapak melawan geng motor iblis. Mandy seperti sebuah lagu heavy metal yang dijadikan sebuah film.

The Wicker Man (1973)

film sekte pengorbanan manusia
Via IMDb

Lupakan remake yang dibintangi Nicolas Cage. Film tentang sekte keluaran tahun 1973 ini sangat orisinal dibandingkan dengan film lain di genrenya. The Wicker Man mampu menciptakan atmosfer yang membuat kita gelisah dengan balutan musik folk dan komedi yang aneh.

Karya Robin Hardy ini adalah sebuah maha karya yang menceritakan seorang polisi kristen relijius yang berhasil diajak oleh sebuah grup pagan ke sebuah pulau hingga mengalami pengalaman terburuk.

Eyes Wide Shut (1999)

film sekte politikus
Via IMDb

Karya maestro Stanley Kubrick ini memberikan kita sedikit gambaran dari sekte yang diisi oleh orang-orang berpengaruh. Di sebuah mansion terpencil, beragam ritual aneh pun dilakukan, mulai mengenakan jubah dan topeng hingga pesta seks.

Film ini dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Bill yang mulai gelisah setelah istrinya Alice (Nicole Kidman) mengatakan pernah memiliki fantasi seksual tentang pria lain. Akibatnya, Bill mencoba mencari pengalaman baru hingga terjebak dengan sebuah sekte. Eyes Wide Shut memiliki dialog yang cukup berat dan pace yang relatif lambat.

Apostle (2018)

film penyembah setan
Via IMDb

Siapa sangka kalau Gareth Evans yang terkenal lewat film aksi bela diri seperti The Raid akan membuat sebuah film tentang sekte sesat di sebuah pulau? Apostle memiliki atmosfer yang mencekam, brutal, dan tentunya ganjil menggelisahkan layaknya film di genrenya.

Film ini bercerita tentang Thomas Richardson (Dan Steven) yang menyusup ke sebuah sekte untuk mencari dan menyelamatkan adik perempuannya. Setelah berhasil masuk, ia menemukan ada sesosok supranatural yang memiliki kaitan erat dengan sekte tersebut.

The Invitation (2015)

Film tentang perkumpulan rahasia
Via IMDb

Film tentang sekte selanjutnya datang dari film karya Karyn Kusama yang berjudul The Invitation. Film ini memainkan ketakutan tokoh utama dalam menduga-duga apakah teman-teman baru mantan istrinya adalah anggota sekte yang memiliki tujuan jahat.

Cerita berkembang ketika Will (Logan Marshall-Green) diajak oleh istrinya untuk menghadiri sebuah pesta makan malam di rumah tempat anaknya meninggal. Setelah bercakap-cakap, lambat laun Will mulai curiga dengan teman barunya itu. Film ini memainkan Will yang paranoid agar penonton menjadi ragu dan menebak-nebak apakah kecurigaan Will benar atau tidak.

Hereditary (2018)

film horor pemuja setan
Via IMDb

Tidak menyangka kalau Hereditary adalah sebuah debut dari sutradara sekaligus penulis Ari Aster. Film ini sangat solid dan memiliki kekuatan dalam membangun atmosfer mencekam nan ganjil khas film satanis dari awal hingga akhir. Hasilnya, Hereditary membuktikan kalau kamu tidak butuh jump scare untuk membuat sebuah film horor yang benar-benar menakutkan.

Setelah kematian neneknya, Annie Graham yang diperankan dengan fenomenal oleh Toni Collette perlahan menemukan rahasia mencengangkan dari keluarganya. Film ini membawa kita merasakan suasana film rumah angker ke perkumpulan sekte yang sangat jahat dan memiliki pengaruh besar di masyarakat.

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.