Rekomendasi Film Bertema Musik Terbaik di World’s Music Day

Ketika musik saja tak bisa menenangkan pikiran.

Franky Cordoba via Unsplash

Banyak genre yang bisa dinikmati dalam film, mulai dari drama yang melankolis hingga horror yang sangat memacu adrenalin. Mariviu akan mencoba memberikan list tentang film bertema musik terbaik. Mulai musisi yang nyata maupun fiksi yang nantinya bisa menguras emosi, memulai karir di industri ini hingga akhirya mencapai ketenaran.

1. Song of Summer (1968)

Genre: Dokumentari, Biografi, Musik
Sutradara: Ken Russell
Pemeran: Christopher Gable, Max Adrian, Maureen Pryor, David Collings

Menggambarkan enam tahun terakhir kehidupan Frederick Delius ketika dia buta dan lumpuh. Film ini juga mengungkapkan ketika Eric Fenby tinggal bersama komposer dan istrinya Jelka sebagai Amanuensis Delius. Judul ini dipinjam dari puisi Delius A Song of Summer yang didengar bersama dengan karya-karya Delius lainnya dalam film.

Song of Summer
via BBC

Film ini sering digambarkan sebagai biografi terbaik yang digarap oleh Ken Russell untuk BBC pada tahun 1960-an. Mendapatkan cukup banyak pujian karena cara pengambilan gambarnya yang berbeda pada tahun tersebut. Ken mengakui bahwa ini adalah film terbaik yang pernah dia buat dan Song of Summer adalah salah satu film bertema musik terbaik hingga saat ini.

2. This is Spinal Tap (1984)

Genre: Komedi, Musik
Sutradara: Rob Reiner
Pemeran: Rob Reiner, Michael McKean, Christopher Guest

Dengan format film dokumenter (di film ini disebut Rockumentary) mengisahkan sebuah tur band Heavy Metal asal Inggris, Spinal Tap. Band beranggota tiga orang ini diceritakan melakukan tur ke Amerika sekaligus promosi album terbaru mereka, Smell The Glove, yang telah direncanakan selama 6 tahun lamanya.

This is Spinal Tap rekomendasi film bertema musik terbaik
via Embassy Pictures

Berbagai kelucuan dan kekonyolan mewarnai petualangan tur mereka, mulai dari masalah yang bersifat sederhana hingga melibatkan sang manajer. Tidak lupa pula, karakter absurd nan kocak juga menjadi daya tarik film ala dokumenter ini. Sejak dirilis, telah menerima pujian dari para kritikus dan secara luas dianggap sebagai salah satu film terbaik tahun 1984.

3. Purple Rain (1984)

Genre: Drama, Musik, Musikal, Romansa
Sutradara: Albert Magnoli
Pemeran: Prince, Apollonia Kotero, Morris Day

Film ini dibintangi Prince dalam debut aktingnya bermain The Kid, sebuah karakter yang sebagian didasarkan pada Prince sendiri. Purple Rain dikembangkan untuk menampilkan bakat Prince, dan film ini berisi beberapa urutan konser yang dilakoni oleh Prince.

Purple Rain 1984
via Warner Bros

Purple Rain meraup lebih dari $ 72 juta di seluruh dunia, dibandingkan dengan anggaran pembuatannya $ 7,2 juta. Film ini memenangkan Oscar untuk kategori “Best Original Song Score”. Meskipun tak banyak yang memuji kualitas akting Prince dalam film ini, tetapi penggemar Prince tentu tak ketinggalan menikmati Purple Rain.

4. Bird (1988)

Genre: Biografi, Drama, Musik
Sutradara: Joel Oliansky
Pemeran: Forest Whitaker, Diane Venora, Michael Zelniker

Film ini adalah jenis biografi dari seorang musisi jazz yang punya spesialisasi di alat musik saxophone. Hal ini merupakan penghargaan untuk Charlie “Bird” Parker sebagai musisi jazz. Cerita ini dibangun sebagai adegan ulang dari kehidupan Parker saat masa kecilnya di Kansas City hingga mengalami kematian pada usia 34 tahun karena serangan jantung.

Bird 1988 film bertema musik terbaik
via Warner Bros

Peran Forest Whitaker sebagai Parker mendapatkan respon positif dan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Cannes 1988 dan nominasi Golden Globe. Clint Eastwood dianugerahi Golden Globe for Best Director. Film ini memenangkan Grand Prix of the Belgian Film Critics Association and the Academy Award untuk suara terbaik.

5. 8 Mile (2002)

Genre: Drama, Musik
Sutradara: Curtis Hanson
Pemeran: Eminem, Brittany Murphy, Kim Basinger

Film yang berisi elemen otobiografi dari kehidupan Eminem, mengikuti rapper putih B-Rabbit (Eminem) dan upayanya untuk memulai karir dalam genre yang didominasi oleh Afrika-Amerika, hip hop. Judul ini berasal dari 8 Mile Road, jalan raya antara kota Detroit yang didominasi kulit hitam dan komunitas pinggiran kota yang sebagian besar berkulit putih di utara.

8 Mile menerima ulasan positif, dengan kritik memuji musik dan kinerja Eminem ditambah dengan berbagai lagu yang ada di dalam film ini. Enimem secara mengejutkan memenangkan Oscar untuk kategori Best Original Song melalui lagunya, Lose Yourself. Kemenangan ini membuatnya menjadi artis hip hop pertama yang pernah memenangkan Oscar.

6. School of Rock (2003)

Genre: Komedi, Musik
Sutradara: Richard Linklater
Pemeran: Jack Black, Mike White, Joan Cusack

School of Rock karya Richard Linklater sepintas hanya seperti film bergenre musik dan sekolah biasa. Syarat utama genre ini biasanya: sekelompok siswa yang membuat grup musik atau band di sebuah sekolah yang menggerakan seluruh cerita film. Akan tetapi, ini bukan sekadar film tentang musik di dalam sekolah biasa. Lebih dalam, ini adalah sebuah film yang mengkritik dunia pendidikan.

School of Rock Jack Black film bertema musik terbaik
via Paramunt Pictures

Pada tanggal 4 agustus 2014, Nickelodeon mengumumkan bahwa bekerja sama dengan Paramount Television untuk mengembangkan adaptasi cerita tersebut ke serial TV. Hal tersebut berjalan untuk 3 musim penayangan mulai dari 12 Maret 2016 hingga 8 April 2018.

7. Walk the Line (2005)

Genre: Biografi, Drama, Musik, Romansa
Sutradara: James Mangold
Pemeran: Joaquin Phoenix, Reese Witherspoon, Ginnifer Goodwin

Walk the Line menceritakan tentang kehidupan dari seorang maestro musik bernama Johnny R. Cash (Joaquin Phoenix). John yang menjadi idola Amerika pada tahun 1968 sedang menggelar sebuah konser dihadapan para narapidana di California, konser tersebut menjadi konser tersukses yang pernah ia lakukan.

Joaquin Phoenix Walk the LIne film bertema musik terbaik
via 20th Century Fox

Kisah ini dimulai pada tahun 1950, J.R. mendaftar di Angkatan Udara sebagi Johny Cash dan ditempatkan di Jerman Barat. Ia membeli gitar pada tahun 1952, menemukan inspirasi dalam menulis lagu, salah satunya menulis lagu “Folsom Prison Blues”.

Kritikus film Andrew Sarris menempatkan Walk the Line nomor tujuh di film-film top tahun 2005 dan menyebut Reese Witherspoon sebagai penampilan wanita terbaik tahun itu. Witherspoon juga terpilih sebagai Favorite Leading Lady di People’s Choice Awards 2006. David Ansen dari Newsweek menempatkan Witherspoon sebagai salah satu dari lima aktris terbaik tahun 2005.

8. Scott Pillgrim vs The World (2010)

Genre: Aksi, Drama, Fantasi, Romansa
Sutradara: Edgar Wright
Pemeran: Michael Cera, Mary Elizabeth Winstead, Kieran Culkin

Berbeda dengan drama romantis remaja lainnya, karakter-karakter yang ada di dalamnya berisikan individu-individu yang memiliki kekuatan istimewa yang biasanya dapat ditemui pada karakter-karakter superhero.  Dengan imajinasi liar O’Malley, kisah film ini bak viedogame, di mana sang tokoh utama tumbuh semakin kuat seiring pengalaman dan reward yang diterimanya.

Dengan formula yang unik dan belum pernah diangkat sebelumnya, materi film ini membuatnya terlihat istimewa dibanding-film-film drama remaja lain yang ada,  meski sajian filmnya ini tidak secara mudah dapat diterima penonton semua golongan. Scott Pilgrim vs. the World telah menerima banyak penghargaan dan nominasi, salah satunya memenangkan Audience Award di Lund International Fantastic Film Festival 2010

9. Begin Again (2013)

Genre: Komedi, Drama, Musik, Romansa
Sutradara: John Carney
Pemeran: Keira Knightley, Mark Ruffalo, Adam Levine

Begin Again adalah judul film Amerika Serikat bergenre drama komedi musik yang disutradarai oleh John Carney, sekaligus menjadi penulis skenarionya. Begin Again menceritakan tentang musik dan cinta yang disatukan dengan lembut dan manis, sehingga benar-benar menghipnotis semua orang yang menontonnya.

Adam Levine, vokalis Maroon 5, turut serta berperan dan menyanyikan beberapa lagu yang menjadi soundtrack film ini. Berperan sebagai solois bersuara merdu, Kiera Knightley tak ketinggalan ikut menyanyikan sebagian lagu dengan suaranya sendiri. Siapa sangka aktris cantik berkebangsaan Inggris ini memiliki suara yang merdu?

10. Whiplash (2014)

Genre: Drama, Musik
Sutradara: Damien Chazelle
Pemeran: Miles Teller, J.K. Simmons, Melissa Benoist

Whiplash merupakan film yang menceritakan kehidupan bermusik Andrew Newman, seorang anak 19 tahun yang sedang menjalani tahun pertamanya di universitas Shaffer Conservatory, yang diceritakan merupakan sekolah musik terbaik di saat itu.

Di sini diceritakan kisah perjuangan yang dilakukan oleh Andrew dalam menempuh segala kegiatan bermusiknya bersama rekan-rekan satu grupnya di bawah konduktor Fletcher. Film ini juga mendapatkan hadiah utama dan penghargaan penonton untuk film favorit di Deauville American Film Festival ke-40.

11. Sing Street (2016)

Genre: Komedi Romantis
Sutradara: John Carney
Aktor: Ferdia Walsh-Peelo, Aidan Gillen, Maria Doyle Kennedy, Jack Reynor

Setelah sukses dengan Once (20107) dan Begin Again (2013), sutradara asal Irlandia John Carney kembali hadir dengan film bertema musik. Namun kali ini menceritakan dengan Conor, remaja yang harus pindah ke sekolah swasta di Dublin. Bertemu dengan gadis idamannya, dia pun mencoba membuat band untuk menarik perhatian gadis tersebut.

John Carney memang piawai dalam menghadirkan drama romantic tentang perkembangan kisah cinta dua sejoli berbalut musik-musik yang keren. Kamu bakal dibawa ke Irlandia era 80-an dan awal dari musik video yang digunakan untuk mengiringi lagu. Tontonan wajib penyuka Britpop.

12. Coco (2017)

Genre: Animasi, Komedi
Sutradara: Lee Unkrich, Adrian Molina
Aktor: Anthony Gonzalez, Gael García Bernal, Benjamin Bratt, Alanna Ubach

Bukan Pixar namanya jika tidak bisa membuat penontonnya terharu (dan mungkin menangis) dari film-film yang dekat dengan kehidupan. Kali ini, Pixar mengisahkan tentang Miguel, seroang anak yang sangat ingin menjadi musisi. Dan idolanya, Ernesto de la Cruz ternyata memiliki hubungan yang dekat dengan anggota keluarganya.

Coco terinspirasi dari hari besar di Mexico, Día de Muertos (Day of the Dead). Dimana Miguel masuk ke alam baka. Film ini sangat menyentuh karena cerita tentang keluarga, terutama anggota keluarga yang sudah meninggal. Tak hanya memenangkan Best Animated Feature dalam Oscar, lagu Remember Me juga memenangkan Best Original Song.

Baca review-nya di sini.

13. The Greatest Showman (2017)

Genre: Biografi, Drama, Musikal
Sutradara: Michael Gracey
Pemeran: Hugh Jackman, Michelle Williams, Zac Efron

Film ini menceritakan mengenai seorang visioner yang bangkit dari nol dalam menciptakan pertunjukan besar di dunia sirkus yang diambil dari kisah nyata. Dia adalah P.T. Barnum (Hugh Jackman) yang berusaha untuk membuat sirkus tiga ring. Dalam film ini juga akan menceritakan kisah asmara Barnum dengan Jenny Lind (Rebecca Ferguson).

Barnum menjadi seseorang yang terkenal dengan kejeliannya memilih talenta unik yang mungkin tak dilihat orang lain. Dia mengajak orang-orang dengan latar belakang berbeda dan kelebihannya masing-masing untuk bergabung dengan sirkusnya. Kapan lagi melihat Wolverine mengenakan pakaian sirkus dan menari bersama penari latar?

14. Bohemian Rhapsody (2018)

Genre: Biografi, Drama, Musik
Sutradara: Bryan Singer
Pemeran: Rami Malek, Lucy Boynton, Gwilym Lee

Bohemian Rhapsody menceritakan karir Queen hingga mereka bisa tampil bersama di Live Aid pada tahun 1985, walau awalnya Freddie pernah meninggalkan Queen untuk mengejar karier solonya sendiri. Penampilan tersebut merupakan enam tahun sebelum akhirnya Freddie meninggal karena didiagnosa AIDS.

Meskipun sudah lama dikenal sebagai aktor serba bisa, Rami Malek yang memerankan Freddy Mercury dengan apik berhasil memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik. Film ini juga memenangkan Editing Film Terbaik, Editing dan Mixing Suara Terbaik. Rami dan pemeran lainnya sukses meniru konser paling terkenal Queen pada Live Aid 1985 yang fenomenal.

Baca review-nya di sini.

15. A Star is Born (2018)

Genre: Drama
Sutradara: Bradley Cooper
Aktor: Bradley Cooper, Lady Gaga, Sam Elliott

Film yang dibintangi Bradley Cooper dan Lady Gaga ini merupakan adaptasi ketiga dari film berjudul sama. Menceritakan tentang Jackson Maine, musisi country yang mengalami masa-masa sulit. Dia bertemu dengan Ally, penyanyi muda dan membantunya untuk meraih mimpinya sebagai penyanyi terkenal.

Menjadi sutradara sekaligus pemeran utama dalam film ini tak membuat Bradley Cooper kesusahan. Belum lagi dengan suara dan kualitas akting Lady Gaga yang baru pertama kali menjajal dunia akting sebagai pemeran pertama. Kekompakan Bradley dan Gaga memberikan nyawa tersendiri dalam film ini, termasuk memenangkan Best Song dalam Oscar untuk lagu A Star is Born.

Baca review-nya di sini.

Demikian beberapa film bertema musik terbaik yang dapat Mariviu rangkum untuk pembaca sekalian. Menurut pembaca sekalian manakah yang menarik untuk ditonton ?

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam