Bahas One Piece Chapter 968: Oden Menunggu Joyboy Baru

pembahasan op 951

One Piece chapter 968 bercerita tentang pembubaran bajak laut Roger serta tentang dimulainya mimpi buruk Kozuki Oden ketika sampai di Wano. Chapter ini tidak berisi begitu banyak informasi tentang rahasia dunia One Piece seperti chapter-chapter sebelumnya.

Pembahasan One Piece chapter 968

Tapi tetap membuat kita penasaran dengan beberapa teasing, seperti suara Sea Kings, dan ucapan Roger kepada anggotanya yang tidak disebutkan. Langsung saja, berikut pambahasan One Piece chapter 968.

Apa yang dikatakan Roger kepada Shanks dan Rayleigh?

One Piece 968 dibuka dengan adegan Shanks menangis. Yang membuatnya menangis adalah jawaban Roger terhadap pertanyaannya. Kira-kira apa yang dikatakan Roger pada Shanks?

pembahasan one piece chapter 968

Ada beberapa spekulasi.

Mungkin Roger mengatakan kalau Laugh Tale adalah petualangan terakhirnya dan bajak laut Roger akan dibubarkan?

Atau bisa juga kalau Shanks bertanya apakah Roger menemukan jawaban yang ia cari tentang rahasia dunia. Pastinya Roger sudah menemukan rahasia itu, tapi ia berkata pada Shanks kalau ia tidak bisa menuntaskan rahasia itu karena umurnya yang sudah tidak lama lagi.

Selain pada Shanks, Roger juga mengatakan sesuatu kepada firstmate-nya, Rayleigh. Hal ini membuat Rayleigh menutup wajahnya, apakah ia juga menangis seperti Shanks?

Semoga kita akan mengetahui kebenarannya nanti.

Apa itu One Piece?

One Piece chapter 968 kemudian kembali menjelaskan bahwa Pemerintah Dunia sengaja menutupi nama asli Roger karena ia adalah klan D. yang mencoba mengungkap rahasia terbesar dunia.

Lalu, chapter ini juga menyebutkan kalau istilah One Piece dibuat sendiri oleh masyarakat dunia. Tapi hanya bajak laut Roger saja yang tahu kalau One Piece bukanlah harta materi.

pembahasan one piece chapter 968

Sayangnya, kita masih belum tahu kenapa “harta” yang tersimpan di Laugh Tale disebut dengan “One Piece.” Pastinya Oda-sensei sangat berhati-hati agar rahasia One Piece tidak bocor melalui flash back ini.

Siapakah orang yang akan melampaui Roger?

One Piece chapter 968 membawa kita kembali ke dalam lautan ketika Roger dan teman-teman berlayar menuju pulau manusia ikan. Dalam perjalanan, ia dan Oden mendengar suara para Sea Kings.

Mereka berkata kalau akan lahir dua “penguasa” yang pertemuan keduanya sangat ditunggu-tunggu oleh para Sea Kings. Suara itu juga mengatakan kalau pertemuan keduanya akan berjalan dengan baik “kali ini.”

Siapakah dua penguasa yang diramalkan ini?

Sekadar berspekulasi, satu dari penguasa ini adalah Shirahoshi, karena kelahirannya sesuai dengan suara Sea Kings dan juga ramalan Sharley.

Lalu siapakah penguasa yang kedua?

Menurut Roger, yang satu lagi akan melampaui dirinya yang berhasil sampai di Laugh Tale. Dan ia berharap orang itu adalah anaknya, Ace. Huhu.

Di sini kita lihat bahkan Rayleigh tidak tahu kalau Roger punya anak. Apakah mungkin Roger menyembunyikan kisah percintaannya dengan Rogue dari semua orang? Lalu bagaimana bisa hal ini bocor ke Pemerintah Dunia?

Laugh Tale bukan garis finish petualangan

Lalu, perkataan Roger tentang “ada orang yang bisa melampauinya” ini mengindikasikan kalau sebenarnya petualangannya belum usai walau ia telah sampai di pulau terakhir, Laugh Tale.

Tapi Roger terpaksa mengakhiri petualangannya karena umurnya yang tidak lama lagi. Karena itu ia berharap akan ada orang yang akan melampaui pencapaiannya itu. Dan orang itu akan muncul 15 tahun lagi.

Orang-orang yang tahu tentang ramalan ini pun mencari penerus Roger yang bisa melampauinya. Orang-orang itu di antaranya adalah Shirohige dan Shanks.

Shirohige tahu rahasia dunia dari pertemuan terakhirnya dengan Roger. Mungkin karena mereka adalah rival sekaligus teman, Shirohige ingin ada orang dari klan D. yang melanjutkan warisan Roger.

Ia sempat berpikir kalau Kurohige akan meneruskan warisan Roger karena ia berasal dari klan D. Tapi harapannya kemudian beralih kepada Ace yang merupakan darah daging Roger.

Dan setelah kematian Ace, kita tahu bahwa Shirohige yakin kalau orang yang akan melampaui Roger adalah Luffy, yang juga berasal dari klan D. Semoga kali ini Shirohige tidak salah lagi. Hehe.

Lalu ada Shanks. Shanks menemukan sosok penerus Roger dalam diri Luffy. Bukan hanya karena kemiripan ucapan mereka, tapi mungkin juga karena tahun lahir Luffy yang dekat dengan ramalan Sea Kings tadi.

Shanks memberikan topi jerami milik Roger kepada Luffy karena ia berharap Luffy bisa menyelesaikan petualangan Roger, kapten yang sangat ia hormati dan sayangi.

one piece chapter 968

Tapi pertanyaannya adalah, kenapa bukan Shanks yang meneruskan warisan Roger? Apakah mungkin hanyalah orang-orang dari klan D. saja yang bisa melakukannya?

Misteri suara Sea Kings yang didengar Roger

Oke, mari kita bahas lagi tentang suara para sea kings tadi.

Satu penguasa yang dinanti Sea Kings itu kemungkinan adalah Shirahosi. Dan yang kedua kemungkinan adalah Luffy.

Bukti yang menguatkan hal ini adalah fakta kalau Luffy sudah bertemu dengan Shirahosi dan mereka punya ikatan yang kuat.

Tapi masih ada satu hal lagi yang membuat kita penasaran. Para Sea Kings menyebutkan kalau “kali ini” pertemua dua penguasa itu akan berjalan dengan baik.

op 968 baca

Kenapa mereka mengatakan “kali ini”? Apakah mungkin kalau dahulu kala juga pernah lahir dua penguasa yang ditunggu-tunggu? Tapi karena suatu hal, pertemuan mereka tidak berjalan dengan baik?

Aman untuk berasumsi kalau salah satu penguasa di zaman dahulu itu adalah Joyboy. Tapi, karena pertemuan Joyboy dengan penguasa yang satu lagi tidak berjalan baik, ia gagal memenuhi janjinya kepada para penghuni bawah laut, seperti yang tertulis di Poneglyph di pulau manusia ikan.

Bagaimana bajak laut Roger bubar

One Piece chapter 968 juga menunjukkan kalau gelar “raja bajak laut” disematkan pada Roger oleh semua orang, yang berarti baik itu masyarakat biasa, bajak laut, maupun Pemerintah Dunia mengakui Roger sebagai raja bajak laut yang berhasil menaklukkan Grand Line.

mangaplus one piece 968

Memiliki “harta” terbesar dunia, Roger pun diburu oleh para bajak laut dan Pemerintah Dunia. Dan karena umurnya yang sudah tidak lama lagi, Roger pun membubarkan bajak lautnya. Selain karena ia akan mati, pembubaran ini juga bisa membuat anggotanya lebih leluasa untuk menghindari kejaran semua orang.

Setelah dibubarkan, Roger lebih dulu turun kapal. Ia berencanya untuk menemui Shirohige. Pertemuan ini kita lihat di flashback sebelum Shirohige tewas. Dan kita tahu apa yang mereka bahas.

Rayleigh dan anggota lainnya akan mengantarkan Oden ke Wano. Dan di sini kita tahu kenapa Izo menetap di kapal Shirohige walau Oden telah kembali ke Wano. Oden ingin pengikutnya itu menjaga Shirohige yang sudah ia anggap sebagai saudara.

Kerennya, di akhir perpisahan mereka, Oden menulis di jurnalnya kalau tidak ada yang menagis. Padahal sebenarnya semuanya menangis sesenggukan.

Oden, Wano, dan Joyboy

Oro Jackson pun sampai di perairan Wano yang berbahaya. Di One Piece chapter 968 ini Oden menyebutkan kalau ia berpikir kalau perairan yang berbahaya ini bertujuan menutup Wano sebelum Joyboy datang.

Tunggu-tunggu! Ada Joyboy yang baru?? Bukannya Joyboy adalah orang yang hidup di Void Century??

Ya, di One Piece chapter 968 ini, Oden menyebutkan kalau ia sangat ingin Wano jadi negara terbuka agar Joyboy bisa dengan mudah sampai di Wano. Dengan kata lain, akan ada Joyboy baru.

Kalau begitu, apakah mungkin “Joyboy” adalah sebuah gelar, bukan nama asli seorang tokoh? Bisa saja.

Berdasarkan suara Sea Kings dan ucapan Oden, apakah mungkin kalau Joyboy ini adalah salah satu “penguasa” yang ditunggu-tunggu Sea Kings?

Kalau iya, maka bisa kita bilang dua orang yang diramalkan ini adalah Shirahoshi dan Joyboy. Dan karena Luffy sudah bertemu dan punya ikatan kuat dengan Shirahoshi, bisa saja kalau Luffy adalah Joyboy baru yang ditunggu Oden(?).

Sayangnya, seperti yang kita tahu, harapan Oden tidak terwujud karena tipu kelicikan Orochi. Ia menyebar fitnah kalau niat Oden membuka Wano akan menghancurkan Wano, sehingga tidak sedikit rakyat Wano yang membenci Oden. Padalah niat Oden adalah untuk menyambut Joyboy.

Bersatunya kembali keluarga Kozuki

Sesampainya di Wano, Oden disambut dengan hangat oleh Toki, Hyori, dan Momonosuke.

Tapi, lucunya ia disambut dengan dingin oleh Kinemon dan teman-teman. Tak salah, mengingat Oden meninggalkan pengikutnya itu cukup lama.

Secara mengejutkan, Oden disambut baik oleh rakyat Kuri. Ia berpikir kalau mereka akan marah-marah, karena ditinggalkan.

Ternyata, Toki berhasil mengisi posisi Oden yang kosong selama kepergiannya. Ia menjadi “ibu negara” yang sangat dicintai rakyatnya.

Tapi Wano masih punya masalah yang harus diselesaikan. Yaitu masalah yakuza dan ekonomi yang sedang dicoba diurus Ashura Douji dan Denjiro. Tentu semua ini terjadi karena Shogun yang tidak becus.

Kelicikan Orochi langsung tercium oleh Oden

Oden langsung curiga kenapa ayahnya menyebut Orochi sudah dianggap seperti saudara oleh Oden. Lalu kenapa ayahnya mempercayai Orochi yang merupakan keturunan klan Kurozumi yang sangat jahat dan licik. Ada yang tidak beres dengan ayahnya.

Sayangnya, One Piece chapter 968 belum menunjukkan bagaimana bisa Orochi membawa Kaido ke Wano dan membangun pabrik serta memperbudak rakyat Wano untuk bekerja di sana. Semoga hal ini akan terjawab di flashback Orochi.

Pengkhianat sudah ada sejak dulu atau Orochi yang memang cerdik?

Kita sudah melihat bagaimana Orochi dengan cerdik mengantisipasi rencana aliansi dengan menghancurkan jembatan penghubung pulau-pulau Wano. Sepertinya Orochi memang punya kecerdikan dalam membaca pergerakan lawan walau berpenampilan seperti orang bodoh.

Di flashback chapter 968 ini kita tahu kalau anak buah Kaido berhasil menyusup ke istana Oden dan mencoba membunuh Toki dan anak-anaknya ketika Kinemon membawa pasukan ke ibu kota. Dengan kata lain, rencana Kinemon sudah diketahui Orochi. Bagaimana bisa?

Apakah sejak dahulu Orochi sudah menyusupkan pengkhianat ke lingkungan klan Kozuki? Atau Orochi memang seorang ahli strategi yang lihai?

Akibat kelalaian Kinemon itu, Toki terkena panah di kakinya ketika melindungi Momo dan Hyori. Dan ini langsung membuat Oden murka.

Di One Piece chapter 968 ini kita sekali lagi melihat sisi liar Oden. Ia menjelma jadi one man army yang mampu menyapu bersih penjaga Orochi seorang diri. Oden pun sampai di ruangan Shogun dan siap menebas Orochi.

Tapi, kita tahu kalau Oden tidak membunuh Orochi waktu itu.

Bagaimana bisa Orochi masih hidup ketika Oden yang murka sudah ada di depannya? Apakah Kaido datang menyelamatkannya di detik-detik akhir? Ataukah Orochi berhasil menyelamatkan diri dengan kelicikannya?

Kita tunggu saja.

Itulah pembahasan One Piece chapter 968. Bagaimana menurutmu?

Sumber gambar dari Mangaplus

Your average anime guy.