Bahas One Piece Chapter 965: Takdir Oden dan Roger

pembahasan one piece 965

One Piece chapter 965 menghadirkan cerita bagaimana takdir mempertemukan Oden, yang berpikir kalau petualangannya masih jauh dari akhir, dengan Roger, yang merasa kalau petualangannya telah berada di akhir karena kesehatannya. Selain itu, chapter ini juga mengungkap motivasi kenapa Orochi mengkhianati Oden dan klan Kozuki.

Langsung saja, berikut pembahasan One Piece chapter 965.

Luasnya dunia

Oden yang besar di negara tertutup seperti Wano menyadari kalau dunia sangatlah luas dan ada banyak laut di dalamnya. Karena itu, Oden merasa petualangannya masih jauh dari kata akhir.

Dan kita tahu nanti ketika ia bertemu dengan Roger, Oden akan melakukan petualangan terakhirnya.

Selain mengetahui luasnya dunia, Oden yang menjadi narator dalam flashback ini juga mengetahui kalau ada pemerintah yang mengatur dunia yang sangat luas, yaitu Pemerintah Dunia bersama Angkatan Lautnya.

Toki dan Wano zaman dahulu

Toki bilang kalau ia sangat ingin ke wano karena orang tuanya berasal dari negara itu. Artinya, pada 800 tahun yang lalu, orang tua Toki tidak hidup di Wano.

Nah, karena Wano melarang warganya keluar negeri dengan bebas, apakah mungkin orang tua Toki keluar Wano secara ilegal yang mengakibatkan Toki tidak bisa mengunjungi tanah kelahirannya itu?

Atau bisa juga 800 tahun yang lalu warga Wano dibolehkan keluar negeri dengan leluasa sehingga Toki besar di luar Wano. Kita tunggu saja nanti.

Romansa Oden dan Toki

One Piece chapter 965 Chapter ini menjelaskan apa maksud perkataan Toki ketika menolak ajakan kinemon pergi bersama-sama ke masa depan. Toki berkata ia sudah berkali-kali melompat ke masa depan hingga memutuskan menetap setelah bertemu Oden.

pembahasan one piece chapter 965

Baginya, Oden adalah akhir dari perjalanannya. Sepertinya Toki ingin hidup bersama si pembuat masalah hingga akhir hayatnya. Makanya, ketika Oden tewas, Toki menolak untuk melompat ke masa depan dan memilih untuk mengikuti suaminya itu ke akhirat setelah menyelamatkan anak-anaknya.

Lucunya, ucapan Toki yang sangat romantis itu membuat semua komandan pasukan Whitebeard yang garang di medan pertempuran tersipu malu.

one piece chapter 965

Setelah dua tahun berlayar di kapal whitebeard, ternyata romantisme Oden dan Toki berujung pada pernikahan (atau kawin saja). Momonosuke pun lahir di atas kapal Whitebeard!

Mengingat Oden sudah seperti saudara laki-laki Whitebeard, bisa kita bilang kalau Momonosuke sudah seperti keponakan bagi Whitebeard dan para komandannya. Semoga para komandan yang tersisa akan datang ke Wano untuk membantu Momo menggulingkan Orochi.

Asal-usul terbentuknya divisi bajak laut whitebeard

One Piece chapter 965 juga memberitahu kita bagaimana divisi bajak laut Whitebeard terbentuk.

Pertama kali melihat divisi bajak laut Whitebeard, mereka terlihat sangat garang dan serius. Siapa sangka kalau divisi ini dibuat dalam sebuah rapat keluarga yang hangat dan ceria. “Anak-anaknya” itu berebut untuk menjadi komandan.

Alasan pembentukannya pun juga sederhana, Whitebeard membagi anggotanya menjadi lima divisi karena anggotanya sudah banyak.

pembahasan one piece 965

Dan seperti biasa, Oden yang tidak mau terikat berusaha menolak mengikuti perintah Whitebeard menjadi komandan divisi dua.

Bagaimana Teach bergabung dengan Whitebeard

Oden juga menemukan hal unik dari bajak laut Whitebeard. Anggota bajak lautnya semakin hari bertambah banyak dengan cepat karena Whitebeard seperti sulit menolak permintaan anak yatim piatu yang ingin ikut bersamanya.

Ini dapat dimaklumi karena kita tahu kalau Whitebeard sendiri adalah yatim piatu dan lebih menginginkan keluarga daripada harta.

Di One Piece chapter 965 ini kita melihat bagaimana Teach bergabung dengan Whitebeard.

Nah, jika dihubungkan dengan teori hubungan Blackbeard dan Rocks, bisa saja kalau Teach sudah memutuskan untuk bergabung dengan Whitebeard agar bisa menjalankan misi rahasianya, yaitu menjadi penerus Rocks yang meneror dunia.

Alasan Orochi

Sejak diperkenalkan, kita sudah tahu kalau Orochi adalah orang yang jahat dan licik. Ia juga pengkhianat yang menikam Oden dari belakang. Tapi kita tidak tahu apa alasan Orochi melakukan hal tersebut, hingga One Piece chapter 965.

Chapter 965 membawa kita sejenak menuju Wano. Di sana, Sukiyaki, ayah Oden, jatuh sakit. Secara mengejutkan, Shogun itu menyerahkan pemerintahannya kepada Orochi sambil menunggu Oden kembali.

Di sini terjawab sudah bagaimana cara Orochi memanjat dari bawah hingga puncak negara Wano.

Orochi adalah keturunan klan Kurozumi yang terkenal licik dan jahat. Kakeknya punya masa lalu yang buruk dengan klan Kozuki dan Orochi bersumpah untuk membalas dendam.

Dibantu oleh soerang dukun, Orochi menipu semua orang. Dukun itu memiliki kekuatan buah iblis Mane-mane no mi yang saat ini dimiliki oleh Mr. 2.

Dukun itu menyamar menjadi Oden dan membuat Orochi bekerja di istana Shogun.

Tidak sampai di situ. Telah bekerja di istana, Orochi membantu sang dukun menyusup dan menyamar menjadi Sukiyaki lalu menunjuk Orochi menjadi pelaksana jabatan Shogun.

pembahasan one piece 965

Mengingat kekuatan buah iblis tersebut saat ini dimiliki oleh Mr. 2 Bon Clay, jadi dapat dipastikan kalau dukun itu telah mati. Namun, nasib Sukiyaki masih belum pasti apakah ia masih hidup atau telah dibunuh Orochi.

Awal pertemuan Orochi dan Kaido?

Tampaknya pertemuan Orochi dengan Dukun itu terjadi jauh sebelum ia menjadi pesuruh Yasuie, terlihat dari bajunya yang compang-camping.

Saat itu, si dukun menyuruh Orochi untuk mengumpulkan uang dan membuat senjata. Ia dengan jelas menyebutkan kalau rencana ini akan membuat Orochi bisa mendapatkan bantuan yang sangat kuat.

Bisa saja “bantuan” yang disebut dukun itu adalah Kaido. Kita tahu salah satu alasan Kaido membantu Orochi dan menetap di Wano adalah karena senjata yang dihasilkan pengrajin Wano. Ini bisa dipakai Orochi untuk membujuk Kaido untuk membantunya.

Selain itu, di sini kita juga melihat bagaimana bentuk buah iblis yang dimakan Orochi. Tampuk buah iblis ini terlihat bercabang-cabang. Kemungkinan besar bercabang delapan, sesuai dengan jumlah kepala Yamata no Orochi.

Lalu bagaimana cara Orochi menjatuhkan Oden yang dicintai rakyat Wano?

Kemungkinan ia akan menfitnah Oden dengan mengatakan kalau Oden berniat merusak tradisi Wano sebagai negara tertutup. Fitnah ini akan lebih efektif dengan jabatannya sebagai pelaksana Shogun.

Takdir pertemukan Oden dan Roger

Di tahun keempat petualangan Oden di atas kapal Whitebeard, jawaban dari pertanyaan Oden tentang akhir petualangannya mungkin akan terjawab ketika bertemu dengan Roger.

Secara kebetulan, kapal Whitebeard melewati sebuah pulau dimana semua binatangnya berlari ketakutan. Mulai dari ikan hingga hewan buas raksasa.

Ternyata yang membuat mereka takut adalah pertarungan Roger melawan angkatan laut. Dengan membuat para hewan buas lari terbirit-birit, Oda semakin sukses membuat kita penasaran dengan kekuatan Roger.

Di halaman terakhir One Piece chapter 965, kita melihat banyak wajah familier, mulai dari Shanks yang masih bocah, Rayleigh, Crocus, hingga Lord Buggy.

Anggota Roger juga terlihat berasal dari beragam ras dengan beranggotakan manusia ikan.

Di One Piece chapter 965 ini, Oda menggali karakter Roger lebih dalam lagi. Roger digambarkan sebagai orang yang sangat suka tantangan dan pertarungan.

Melawan musuh yang lemah membuatnya bosan. Ia bahkan akan sangat senang jika yang ia lawan adalah Garp, Sengoku, atau Whitebeard yang sudah berada di depan pintu.

Tapi itu ada alasannya, yaitu karena umurnya yang sudah tidak lama lagi.

Bosan di akhir hayatnya, Roger berharap kalau pertarungannya melawan Whitebeard akan jadi pertarungan hidup dan mati karena mungkin saja itu akan menjadi pertemuan terakhir mereka.

Tapi kita tahu kalau Roger akan bertemu dengan Whitebeard sekali lagi setelah ia kembali dari Raftel, petualangan terakhirnya.

Jadi bisa kita bilang kalau takdirlah yang mempertemukan Roger dengan Oden dan Toki.

Roger berpikir kalau petualangannya sudah di garis finish karena kesehatannya. Sedangkan Oden berpikir kalau petualangannya masih jauh dari garis finish.

Ketika mereka bertemu, Roger akan tahu kalau masih ada tempat yang belum ia jelajahi, mungkin dari cerita Toki yang berasal dari 800 tahun yang lalu. Sedangkan Oden akan melakukan perjalanan terakhirnya bersama Roger sebelum kembali ke Wano dan tewas di sana.

Jadi, bisa saja kita simpulkan kalau Oden ikut bersama Roger karena rasa penasarannya dengan ujung grand line. Sedangkan Whitebeard yang tidak tertarik dengan Raftel akan membiarkan Oden untuk pindah kapal.

Lalu bagaimana dengan Toki, Momo, dan Hyori? Kemungkinan mereka akan dibawa Whitebeard menuju Wano. Dan di saat itu pula Whitebeard mengetahui kalau Wano dalam masalah dan mengabarkannya kepada Oden.

Patahnya satu teori terbesar fans One Piece

Salah satu teori fans yang sangat terkenal menyebutkan kesehatan Roger menurun setelah ia pergi ke Raftel yang berada di bulan. Lewat chapter 965 ini kita tahu kalau Roger sudah jatuh sakit sebelum mencapai Raftel.

Lalu apa penyebab turunnya kesehatan Roger itu? Bisa saja karena pertarungannya melawan Rocks. Kita lihat saja nanti.

Itulah pembahasan One Piece chapter 965. Bagaimana menurutmu?

Your average anime guy.

Leave a Reply