Film dengan Waralaba Terpanjang, Dari James Bond Hingga Batman

Diawali oleh sebuah cerita kemudian menjelma menjadi sebuah franchise atau waralaba yang selalu ditunggu kelanjutan film-filmnya. Berikut film dengan waralaba terpanjang versi Mariviu:

1. Planet of The Apes (9 Film)

Planet of the Apes adalah sebuah waralaba fiksi ilmiah Amerika Serikat yang terdiri dari film, buku, serial televisi, hingga komik tentang dunia dimana manusia dan kera cerdas berebut kekuasaan. Waralaba tersebut berdasarkan pada novel 1963 karya pengarang Prancis Pierre Boulle La Planète des singes, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul Planet of the Apes atau Monkey Planet.

via 20th Century Studios

Film ini dimulai dengan percobaan yang melibatkan primata sebagai objeknya. Diajarkan cara berfikir layaknya manusia dan memiliki sifat egois. Mulai dari rasa ingin hidup bebas dan ingin menjadi pemimpin bagi kaumnya. Hingga akhirnya dapat hidup bebas bersama kawanan dan berebut kuasa dengan yang sejenisnya.

2. Batman (9 Film)

Batman adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama kali muncul di Detective Comics #27 (Mei 1939). Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha yang kaya raya. Nama Bruce Wayne itu sendiri diambil dari nama tokoh sejarah, yaitu Robert the Bruce dan Anthony Wayne.

via DC Comics

Film ini diperankan oleh beberapa aktor kawakan disetiap sekuel diantaranya : Lewis Wilson, Robert Lowery, Adam West, Michael Keaton, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, Ben Affleck dan di serial terbarunya diperankan oleh Robert Pattinson.

3. Fast and Furious (8 Film)

The Fast and the Furious (atau Fast & Furious) adalah sebuah seri film aksi, yang berpusat balapan liar jalanan dan perampokan. Didistribusikan oleh Universal Pictures, seri ini dimulai dengan film tahun 2001 berjudul The Fast dan Furious; diikuti oleh tujuh sekuel dan spion off, termasuk yang terbaru Hobbs and Shaw (2019).

via Universal Pictures

Film yang diawali oleh pertemuan antara Dom dan Brian di sebuah tempat balapan liar yang berlanjut dengan cerita-cerita nan seru dan mendebarkan. Pecinta otomotif akan sangat terhibur karena dalam film ini menampilkan berbagai macam mobil keren, eksotis dan langka.

BACA JUGA  10 Film Terbaik 2018 Versi Mariviu, Dari Cerita Minoritas Hingga Horror Mencekam

4. Harry Potter (8 Film)

Harry Potter adalah seri tujuh novel fantasi yang dikarang oleh penulis asal Inggris, J. K. Rowling. Novel ini mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan sahabatnya, Ronald Bilius Weasley, serta Hermione Jean Granger, yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts dan novel ini telah diadaptasi menjadi 8 film hingga game tersendiri.

via Warner Bros Pictures

Inti cerita dalam novel-novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan penyihir hitam jahat bernama Lord Voldemort, yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, menguasai orang-orang non penyihir, dan membinasakan siapapun yang menghalangi jalannya, terutama Harry Potter.

5. A Nightmare On Elm Street (9 Film)

A Nightmare on Elm Street adalah franchise horor Amerika yang terdiri dari sembilan film slasher, serial televisi, novel, dan buku komik. Film-film tersebut dimulai dengan film A Nightmare on Elm Street (1984) yang dibuat oleh Wes Craven.

via New Line Cinema

Serial ini berkisah tentang karakter fiksi Freddy Krueger, mantan pembunuh anak yang setelah dibakar hidup-hidup oleh orang tua korbannya yang pendendam. Ia bangkit dari kubur untuk meneror dan membunuh remaja penghuni Springwood, Ohio dalam mimpi mereka.

6. Star Wars (9 Film)

Salah satu film waralaba terpanjang ini masih akan dilanjutkan. Menggambarkan sebuah “galaksi yang sangat, sangat jauh” pada suatu masa, terjadi pertikaian antara Jedi sebagai gambaran kebajikan dan Sith, yang merupakan gambaran kejahatan. Ceritanya sebagian besar berpusat pada pertentangan Jedi dan Sith dibalut politik luar angkasa.

film waralaba terpanjang Star Wars
via Lucasfilm

Senjata mereka yang disebut dengan lightsaber juga terkenal sebagai aksesoris atau mainan yang dijual secara official. Film bergenre fiksi ini juga memiliki beragam tema, termasuk tema-tema yang dipengaruhi oleh bidang filsafat dan agama. Bahkan Star Wars memiliki penggemar fanatik yang tersebar di seluruh dunia.

7. Hallowen (10 Film)

Film berfokus pada pembunuh berantai Michael Myers yang dikurung di penjara untuk orang dengan gangguan jiwa sejak kecil setelah membunuh saudara perempuannya, Judith Myers. Lima belas tahun kemudian, dia kabur untuk menguntit dan membunuh orang-orang di kota fiksi Haddonfield, Illinois. Pembunuhan Michael terjadi pada hari libur Halloween.

BACA JUGA  Pencipta Deathstroke Puas dengan Karakter Joe Manganiello
via Universal Pictrues

Di film terbarunya (2018) dia bertemu lagi dengan Laurie Strode (Curtis), yang telah mempersiapkan kepulangannya. Michael dibawa ke rumah Laurie oleh psikolognya yang gila, di mana dia terlibat dalam pertarungan dengan Laurie, yang akhirnya menjebaknya di rumahnya yang terbakar dengan bantuan putrinya Karen, dan cucunya Allyson.

8. The Pink Panther (11 Film)

The Pink Panther adalah seri film komedi dengan tokoh utama seorang detektif yang canggung bernama Jacques Clouseau. Peran ini pertama dimainkan dan paling sering disangkutpautkan dengan Peter Sellers, dan kebanyakan film-film Pink Panther disutradarai dan ditulis oleh Blake Edwards, dengan lagu tema oleh Henry Mancini. Lagu tema ini juga sering digunakan di Indonesia dalam film-film Warkop.

via Metro-Goldwyn-Mayer Animation

Film pertama dalam seri ini mendapatkan namanya dari berlian merah muda eponim yang memiliki ukuran dan nilai yang sangat besar. Berlian itu disebut “Pink Panther” karena cacat di bagian tengahnya, jika dilihat dari dekat, dikatakan menyerupai panther merah muda yang melompat.

9. Marvel Cinematic Universe (22 Film)

Film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) merupakan sebuah seri film pahlawan super Amerika, berdasarkan karakter yang muncul dalam publikasi Marvel Comics. Film-film ini mulai diproduksi sejak tahun 2007, dan sampai saat ini Marvel Studios telah memproduksi dan merilis 22 film, sementara sembilan lainnya masih dalam berbagai tahap produksi.

film waralaba terpanjang Marvel Cinematic Universe
via Marvel Studios

Marvel yang dihuni oleh banyak pahlawan super dengan berbagai kekuatan dan cerita menarik yang sebagian besar diambil dari cerita komiknya. Dan yang terakhir, Avengers: Endgame (2019) mampu menjelma menjadi film terlaris sepanjang masa hingga saat ini.

10. Friday Day 13th (12 Film)

Friday the 13th adalah franchise horor Amerika yang terdiri dari dua belas film slasher, serial televisi, novel, buku komik, video game, dan merchandise tie-in. Popularitasnya bahkan membuat karakter Jason menjadi karakter yang sering digunakan dalam berbagai parodi.

via Paramount Pictures

Waralaba ini terutama berfokus pada karakter fiksi Jason Voorhees, yang tenggelam sebagai anak laki-laki di Camp Crystal Lake karena kelalaian staf kamp. Beberapa dekade kemudian, danau ini dikabarkan akan “dikutuk” dan menjadi tempat terjadinya serangkaian pembunuhan massal.

BACA JUGA  10 Film Hitam Putih Terbaik di Era Film Berwarna Paska 1960-an

11. Star Trek (12 Film)

Serial yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai sebuah armada bintang bernama Starfleet sebagai perwakilan kehidupan manusia 200 tahun pada masa depan bersama-sama dengan United Federation of Planets yakni kumpulan spesies dari planet dan tata surya lain.

via Paramount Pictures

Star Trek diciptakan oleh Gene Roddenberry dan merupakan salah satu franchise hiburan paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang ke Star Trek Conventions (pertemuan para penggemar Star Trek). Selain itu juga diterbitkan buku-buku novel dengan tokoh-tokoh dari berbagai seri Star Trek. Novel-novel ini ditulis oleh berbagai kalangan dan ceritanya tidak selalu konsisten dengan cerita “resmi” dari serial TV dan film layar lebar.

12. James Bond (25 Film)

Film seri James Bond adalah rangkaian film Inggris yang berdasar pada karakter fiksi James Bond, agen MI6 (kode sebutan “007”), yang awalnya muncul dalam seri buku yang dikarang oleh Ian Fleming. Film-film pada masa awal didasarkan pada novel Fleming dan cerita pendek. Ini merupakan rangkaian film seri terpanjang dalam sejarah yang masih terus berjalan.

film waralaba terpanjang  James Bond
via EON Productions

Film dengan genre action ini menyajikan cerita tentang bagaimana seorang agen rahasia mengerjakan misinya. Dipenuhi dengan scene perang dan juga sisi romantis sang agen bersama lawan main wanitanya. Tak lupa juga banyak teknologi yang menunjang James Bond dalam melakukan misinya yang kadang berada diluar nalar.

13. Godzilla (36 Film)

Film waralaba terpanjang bisa saja jatuh pada Godzilla, monster asal Jepang yang dibuat dan dimiliki oleh Toho, berpusat pada karakter kaiju fiksi bernama Godzilla. Cerita ini bahkan diakui Guinness World Records sebagai franchise film terlama yang terus berjalan. Diproduksi dari tahun 1954 dan masih berlanjut hingga saat ini.

film waralaba terpanjang Godzilla
via Legendary Pictures

Franchise film terdiri dari 36 film, 32 diproduksi oleh Toho dan empat Hollywood film: satu film diproduksi oleh TriStar Pictures dan tiga film diproduksi oleh Legendary Pictures. Iterasi terbaru, Godzilla vs Kong direncakan untuk dirilis pada 2021 mendatang.

Dari beberapa rekomendasi film dengan waralaba terpanjang versi Mariviu. Sekuel film manakah yang akan menjadi list tontonan pembaca sekalian ?

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam