Bahas One Piece Chapter 955: Koneksi Zoro dan Ryuma

pembahasan one piece chapter 955

One Piece chapter 955 telah keluar dan chapter terbaru One Piece ini benar-benar menaikkan hype arc Wano setinggi langit. Lewat chapter ini trio monster Topi Jerami masing-masing punya senjata baru untuk mengalahkan musuh mereka. Sangoro dengan Raid Suit, Zorojuro dengan Enma, dan Luffytaro dengan teknik haki tingkat lanjut.

Banyak sekali hal menarik di bagian akhir babak kedua arc Wano ini. Mulai dari keputusan Hyori, Zoro dan Enma, persiapan aliansi, dan rencana yang bocor. Langsung saja, berikut pembahasan One Piece chapter 955.

Keputusan Hyori

Hyori memutuskan untuk tidak bertemu dahulu dengan Momonosuke dan teman-teman karena tidak ingin mengganggu persiapan perang dengan emosi.

one piece 955

Mungkin Hyori berencana tetap bersembunyi di Ringo hingga perang usai. Tapi, karena Orochi sudah tahu keberadaannya, ada kemungkinan kalau Hyori juga akan terlibat perang, itu pun jika Orochi berhasil menangkapnya.

Kabar gembira

Kawamatsu memberi tahu anggota nine red scabbards dan Momonosuke kalau Hyori masih hidup. Sontak mereka menangis bahagia.

Di sini kita tahu kalau waktu kecil Hyori adalah gadis yang tomboy yang suka menendang kakaknya. Berbanding terbalik dengan citranya sebagai Komurasaki, sang Oiran nan anggun.

pembahasan one peice 955

Momo teringat adiknya yang tomboy itu. Lalu Zorojuro mengingatkan Momo kalau Hyori bukan lagi adiknya yang cengeng karena ia jauh lebih tua. Belum lagi Momo juga tidak tahu kehidupan seperti apa yang telah dilalui adiknya selama 20 tahun berpisah.

Sementara itu, Sangoro langsung marah pada Zorojuro yang bisa bertemu dengan wanita cantik dan mencoba merayu Momonosuke agar bisa berkenalan dengan Hyori.

Ame no Habakiri dan Enma

Di One Piece chapter 955 ini akhirnya kita tahu siapa yang ditunggu-tunggu oleh Hitetsu si Tengu gunung. Di awal perkenalannya, ia berkata pada Luffytaro kalau ia sedang menunggu seseorang. Ternyata orang itu adalah Momonosuke. Hitetsu ingin memberi Momo pedang Oden yang telah dititipkan kepadanya selama ini.

Kedua pedang Oden disimpan dalam kotak cantik. Pedang Ame no Habakiri bersarung putih. Pedang ini digambarkan mampu membelah hingga ke surga.

teori enma pedang baru zoro

Lalu ada pedang Enma yang bersarung hitam dan digambarkan mampu membelah hingga neraka. Sebuah kombinasi yang sangat keren untuk Oden yang merupakan pendekar dua pedang.

Ada yang lucu ketika Hitetsu memberi pedang Ame no Habakiri pada Momo. Momo berubah menjadi naga. Berarti ia sebenarnya takut untuk mewarisi pedang itu walau tidak mau mengakuinya.

Walau mampu melukai Kaido, ternyata pedang Ame no Habakiri dan Enma bukan pedang kelas satu, tapi kelas dua.

Bagaimana pedang kelas dua ini mampu melukai seorang Kaido membuktikan kalau Oden adalah pendekar pedang yang sangat kuat.

Kedahsyatan Enma

Karena Hyori sudah janji, Enma diberikan kepada Zorojuro sebagai ganti Shusui.

Hitetsu mengatakan kalau Enma sangat liar dan hanya Oden yang mampu menjinakkannya. Kinemon menyarankan Zorojuro agar tidak menggunakan Enma karena tahu keganasan pedang itu.

Dan memang benar. Ketika Zoro mencoba memotong sebuah pohon, Enma malah memotong pohon itu sekalian dengan bukitnya.

Menurut Hitetsu, Enma memiliki karakteristik memaksa penggunanya mengeluarkan haki untuk membuat potongan yang lebih besar. Akibatnya tangan Zoro langsung mengecil seperti energi kehidupannya dihisap oleh Enma.

Tapi bukan Zorojuro namanya jika ia tidak mampu menjinakkan katana. Ia mampu menarik kembali haki yang dihisap walau membuatnya ngos-ngosan pada akhirnya. Saking liarnya Enma, pendekar pedang biasa dipastikan akan langsung tepar jika menggunakan pedang ini.

Dan Zorojuro bukanlah pendekar pedang biasa. Ia menerima tantangan Enma. Mampu menjinakkan pedang dewa neraka itu akan jadi bukti kalau ia bertambah kuat. Sontak ini membuat Kawamatsu semakin kagum dengannya.

Enma dan Wado Ichimonji

Walau Enma dan Ame no Habakiri adalah pasangan pedang milik Oden, ternyata kedua pedang ini ditempa oleh dua orang yang berbeda. Ame no Habakiri ditempa oleh Hitetsu sendiri. Sedangkan Enma ditempa oleh Shimotsuki Kouzaburou.

Walau sempat kesulitan, Zoro perlahan mampu menjinakkan Enma. Menurut Hitetsu, itu karena Enma dan Wado Ichimonji ditempa oleh orang yang sama.

Tapi pertanyaannya, kenapa kedua pedang ini berbeda dari segi karakter? Enma punya sisi liar yang memaksa pemakainya mengeluarkan Haki, sedangkan Wado Ichimonji sampai saat ini belum dijelaskan keistimewaannya selain menjadi pedang kelas dua dan warisan Kuina.

Apakah Shimotsuki Kouzaburou menciptakan Wado Ichimonji untuk menjinakkan sekaligus menjadi penyeimbang keliaran Enma? Jika iya, berarti Oden sangatlah kuat karena bisa menjinakkan Enma tanpa bantuan Wado Ichimonji.

Hubungan Zorojuro dan Ryuma

Oda-Sensei pernah mengatakan kalau dahulu kala ada orang Wano yang menginjakkan kaki di East Blue, tempat kelahiran Zorojuro. Dan perlahan-lahan, arc Wano mulai menunjukkan koneksinya dengan Zorojuro.

Zorojuro mengatakan kalau istilah “Sunachi” ia dapat dari sesepuh di desanya. Karena Zorojuro memanggil sesepuh itu “pak tua,” kemungkinan besar mereka bukanlah satu kerabat walau tinggal di satu desa.

Tapi koneksi Zorojuro dan Wano jadi semakin menarik ketika Hitetsu memberi tahu kita kalau Shimotsuki Kouzaburou yang menempa Wado Ichimonji lari dari Wano. Bisa kita simpulkan kalau ia menetap di East Blue sambil membawa Wado Ichimonji.

Ringkasnya, ada seorang tokoh yang satu keturunan dengan samurai Ryuma pernah tinggal di East Blue tempat kelahiran Zorojuro.

Lalu, apakah Zorojuro merupakan keturunannya? Belum tentu.

Masih ada kemungkinan kalau keturunan Shimotsuki Kouzaburou itu bukan Zoro, tapi Koushiro dan Kuina yang menjadi pemilik sah pedang Wado Ichimonji sebelum Zoro.

Mungkin Shimotsuki Kouzaburou mewariskan Wado Ichimonji kepada Koushiro karena ia adalah kerabatnya. Jika iya, berarti Koushiro dan anaknya, Kuina, merupakan keturunan samurai Ryuma. Bukan Zoro.

Jika benar, ini menjelaskan kenapa Kuina memiliki bakat pendekar pedang yang sangat hebat sejak kecil.

Tapi, pastinya semua ini baru spekulasi belaka.

Aliansi akan dapat tambahan pasukan?

Menurut intel Orobi, Orochi dan Kaido punya total pasukan 30.000. Sedangkan aliansi hanya punya tenaga 4.200 orang, termasuk pasukan yang berhasil dikumpulkan para bos Yakuza.

Karna kalah jumlah, Kinemon yakin perang terbuka akan merugikan aliansi. Jadi, ia harus memikirkan strategi lain.

Sementara itu, Franosuke ingin membuat kapal yang bisa menampung 10.000 orang. Apakah ini foreshadow kalau ada bantuan yang akan datang? Bisa jadi.

Jangan lupa Nekomamushi belum sampai di Wano. Ia bisa saja membawa mantan anggota bajak laut Shirohige bersamanya. Mungkin.

Latihan Zorojuro dan Luffytaro

Zorojuro dan Luffytaro melakukan latihan mereka masing-masing.

Zorojuro mulai terbiasa menggunakan Enma dan Luffytaro bisa menggunakan teknik haki tingkat lanjut dengan cukup lancar.

Bisa kita katakan kalau trio monster Topi Jerami punya senjata baru di arc Wano ini. Luffy dengan teknik baru, Zoro dengan Enma, dan Sangoro dengan Raid Suit.

Kemana Law?

Hingga pertemuan aliansi di desa Amigasa, Law belum menampakkan batang hidungnya. Namun, tepat setelah Kinemon, Shinobu, dan Chopperemon membahas Law, kita di bawa ke distrik Rasetsu tempat para samurai bertato bulan sabit dipenjara.

Ini bisa mengindikasikan kalau Law masih berada di ibu kota dan akan membebaskan para samurai itu.

Pengkhianat dalam aliansi

Secara mengejutkan, tiba-tiba Orochi tahu dua informasi penting. Orochi bisa saja tahu perubahan rencana aliansi lewat omongan masyarakat Wano yang kita lihat di chapter ini.

Tapi, bagaimana bisa ia tahu tentang keberadaan Hyori? Yang tahu informasi ini hanyalah anggota aliansi. Ini bisa menunjukkan kalau ada pengkhianat dalam aliansi.

Tepat setelah panel Orochi, kita melihat Law muncul. Bisa jadi ini mengindikasikan kalau Law adalah pengkhianat itu, tapi bisa juga kemunculan Law dalam panel kecil itu hanya menunjukkan keberadaannya di akhir babak kedua arc Wano.

Aliansi mulai bergerak

Adegan tim Kinemon mulai bergerak diiringi sebuah narasi. Pastinya ini akan sangat menarik ketika sudah diangkat ke anime.

Kinemon dan teman-teman mengenakan topi bambu yang dibuat oleh Otama. Mereka akan berangkat lebih cepat dari tim Luffy.

Nah, karena Orochi sudah tahu tentang perubahan pelabuhan yang akan digunakan aliansi, ada kemungkinan kalau tim Kinemon akan disergap sebelum berlayar ke Onigashima.

Makam Pedro dan Yasuie

One Piece chapter 955 yang menjadi penutup babak kedua arc Wano juga menampilkan makam dua pahlawan yang mengorbankan diri demi teman-temannya, yaitu Pedro dan Yasuie.

one piece chapter 955

Di sini ada Orobi yang setia menemani Otoko dan pasukan Mink minus Inuarashi yang ikut bersama tim Kinemon. Saya berharap kalau Carrot dan Wanda akan berhadapan dengan Perospero di perang nanti agar bisa membalas kematian Pedro.

Akhir babak dua arc Wano

One Piece chapter 955 menjadi akhir dari babak dua arc Wano ketika petikan samisen mengiringi ditutupnya tirai pertunjukkan. Dilihat dari motif pakaiannya, wanita ini masih Hyori.

pemabahasan One Piece chapter 955

Bisa kita harapkan kalau chapter 956 akan menampilkan apa yang terjadi di luar Wano sebagai “jeda iklan” sebelum masuk ke babak ketiga pertunjukkan arc Wano.

Semoga kita bisa melihat kelanjutan berita Reverie yang berisi pertarungan admiral melawan pasukan revolusi dan wacana pembubaran Sichibukai oleh pemerintah dunia.

Ada yang menarik dengan narasi di akhir One Piece chapter 955 ini. Sang narator berkata kalau perang Wano akan mengubah dunia. Ini bisa saja mengindikasikan kalau perang besar yang dijanjikan Oda itu memang terjadi di Wano melihat skalanya yang sangat besar.

Itulah pembahasan One Piece chapter 955. Bagaimana menurut Anda?

Your average anime guy.