Bahas One Piece Chapter 925 – Perang Besar dan Babak Kedua Arc Wano

one piece 925

One Piece chapter 925 sudah dirilis dan akhirnya kita diberikan sedikit “cuplikan” tentang apa yang terjadi di luar Wano. Lebih tepatnya cuplikan yang lebih heboh dari pertarungan Luffy vs Kaido. Sementara itu, ada beberapa wajah familier yang kembali muncul di chapter terbaru One Piece ini.

Bahas One Piece Chapter 925

Ada banyak hal menarik, sangat menarik, yang terjadi di One Piece chapter 925. Mulai dari kemunculan Mihawk dan Perona, bajak laut Kurohige yang semakin berbahaya, dan kejadian mengejutkan yang terjadi di Wano. Yuk langsung saja kita simak pembahasan chapter terbaru One Piece yang berjudul “kekosong itu.”

1. Perona dan Mihawk

Secara mengejutkan One Piece chapter 925 tidak dibuka di Wano melainkan di reruntuhan Muggy Kingdom tempat Mihawk bermukim. Sepertinya setiap satu babak arc Wano berakhir, kita akan dibawa mengunjungi cerita di luar negara Wano.

Perona muncul dengan berita mengejutkan, yaitu tentang Moria.

review one piece chapter 925

Terakhir mantan Sichibukai ini muncul di perang Marinford dan menghilang tanpa kabar setelahnya. Dari headline surat kabar yang dibaca Perona, Moria disebut sedang menggila dengan pasukan zombienya dan Perona jelas masih sangat mengagumi kaptennya itu.

Ada yang menarik dalam interaksi antara Perona dan Mihawk. Dialog mereka memberikan kesan kalau Mihawk seperti Zoro, jika si Marimo lebih kalem dan berwibawa.

perona mihawk one piece 925

Namun masih ada yang hal yang lebih menarik, yaitu berita tentang Reverie yang membuat Mihawk menyarankan Perona untuk pergi lebih cepat.

Spekulasi

Topik Sichibukai di Reverie

Nah, ini hanyalah spekulasi liar karena kurangnya bukti. Ada kemungkinan kalau salah satu topik yang diangkat di Reverie adalah tentang penghapusan sistem Sichibukai.

Selain karena ulah Crocodile di Arabasta dan Doflamingo di Dressrosa yang membuat nama Sichibukai semakin buruk, admiral Fujitora juga pernah menyebutkan kalau ia tidak suka dengan Sichibukai dan ingin menghapusnya.

Jadi, ketika Mihawk menyarankan Perona untuk pergi lebih cepat, ada kemungkinan ia khawatir jika Sichibukai dibubarkan dan membuatnya jadi incaran angkatan laut atau pemerintah dunia. Perona bisa terlibat dalam pertempuran jika masih bersamanya. Tapi sekali lagi, ini hanyalah spekulasi belaka.

Saat ini Sichibukai masih ada karena One Piece chapter 925 masih menampilkan nama Mihawk dengan gelar “Warlord of the Sea” alias Sichibukai.

2. Bajak laut Kurohige yang semakin berbahaya

One Piece chapter 925 kemudian membawa kita ke pulau “sarang” bajak laut di New World. Di pulau tengkorak ini terlihat Moria yang masih sehat datang bersama tentara zombienya untuk mencari Absalom, anak buahnya yang memiliki kemampuan bisa menghilang (kemampuan impian Sanji).

Moria khawatir dengan Absalom karena bajak laut Kurohige terkenal sebagai pemburu kekuatan buah setan.

Pulau itu tidak hanya berisi beragam bajak laut kelas teri, namun juga kapten kapal bajak Laut Kurohige. Mulai dari Avalo Pizzaro, Shiryu, hingga Catarina Devon.

Moria pun dihadang oleh dua kapten kapal Bajak Laut Kurohige, Shiryu of the Rain dan Catarina Devon. Namun ada yang aneh dengan Shiryu, ia memiliki kemampuan buah setan milik Absalom, yaitu bisa menghilang.

Sedangkan Catarina Devon (belum jelas apakah ia juga mencuri kekuatan buah setan orang lain atau tidak) mengeluarkan kekuatan yang mirip dengan milik Mr. 2, yaitu menyamar menjadi orang lain. Bedanya, ia mendapatkan kekuatan itu dari buah “dog-dog” tipe zoan mahkluk mistis Kyubi (bukan Kyubi yang “itu”).

Shiryu merupakan kapten kapal kedua sedangkan Catarina adalah kapten kapal keenam. Jadi paling sedikit, Yonkou Kurohige memiliki armada kapal besar sebanyak enam buah.

Di tengah kegaduhan, Kurohige pun menampakkan dirinya di One Piece chapter 925 ini. Tampak kalau Kurohige bukanlah Kurohige yang dulu. Selain telah menyandang gelar Yonkou secara resmi, ia juga memiliki harga buronan lebih dari 2 miliar Berry! Harga tertinggi yang pernah kita lihat secara “terang-terangan” di One Piece.

Kali ini ia disebut “admiral” bajak laut Kurohige, bukan kapten. Sepertinya ini adalah bentuk sistem kepemimpinan di bajak lautnya.

Selain itu, Teach juga memiliki perubahan penampilan. Berpesta ditemani oleh gadis-gadis cantik, ia tampak memiliki jenggot yang lebih panjang, sesuai dengan namanya. Ia juga semakin mirip dengan bajak laut Black Beard “asli” yang merupakan inspirasi dari karakternya.

Black Beard

Kemunculannya pun kemudian dibarengi dengan informasi yang sangat mengejutkan.

Para komandan Pasukan Revolusi bertarung dengan admiral Fujitora dan Ryokugyu untuk menyelamatkan Kuma. Memang Sabo dan teman-teman adalah petarung yang handal, namun pastinya mereka tidak akan keluar dari Mary Geois dengan mudah jika berhadapan dengan Admiral.

Ketika kita sedang khawatir dengan Luffy, One Piece Chapter 925 menambah kekhawatiran kita dengan pertarungan Sabo melawan Admiral.

Ini adalah kelebihan dari Oda-Sensei. Ia selalu berhasil membuat karakter yang jarang muncul namun bisa memberikan kesan mendalam yang membuat kita peduli dengan mereka.

Selain itu, Oda juga selalu berhasil membuat sebuah peristiwa seperti perang atau pertarungan menjadi sangat epik walaupun hanya disebutkan melalui dialog. Sebut saja Perang Pembalasan antara komandan bajak laut Shirohige dengan Kurohige, atau pertarungan Sabo dan dua admiral tersebut.

Lebih jauh lagi, Kurohige ternyata juga tahu tentang sepak terjang Luffy di Wano. Belum jelas bagaimana ia bisa mendapatkan informasi dari negara tertutup seperti Wano.

Spekulasi

Perang besar yang dijanjikan

Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei telah menyiapkan sebuah perang besar di dunia One Piece. Belum tahu apakah perang itu akan masuk dalam arc Wano atau tidak. Tapi tampaknya perang itu memang akan bertempat di Wano.

Kurohige menyebutkan dengan berapi-api kalau saat ini para anak muda (mungkin maksudnya adalah para Supernova) sedang berkumpul di Wano. Selain itu ada Big Mom yang sedang memburu Luffy dan pastinya nanti juga akan sampai di Wano. Lalu,jangan lupa kalau admiral Kizaru juga berencana pergi ke Wano.

Kurohige dengan jelas menyebutkan kalau sebuah pertumpahan darah untuk menentukan siapa yang paling kuat akan terjadi. Tampaknya Oda-Sensei memang tidak bercanda ketika menyebutkan kalau perang ini akan membuat perang Marinford terlihat imut.

Pemburu kekuatan buah setan

Ketika kita melihat Kurohige mengalahkan Ace, kita sadar kalau ia sangat berbahaya. Ditambah lagi ketika ia berhasil mengumpulkan tahanan kelas satu dunia dan berhasil mencuri kekuatan Shirohige. Ini membuatnya semakin menakutkan. Ternyata keganasan Kurohige tidak sampai di situ.

Di One Piece chapter 925 ini kita mengetahui kalau bajak laut Kurohige suka mencuri kekuatan buah setan orang lain. Membuat mereka menjadi mimpi buruk bagi para pengguna buah setan.

Namun sampai saat ini kita belum tahu cara pasti mereka melakukannya. Atau apakah semua anggota Kurohige juga bisa mencuri kekuatan buah setan layaknya Teach.

Yang jelas, mereka dapat mencuri kekuatan orang lain jika pemiliknya sudah meninggal, seperti yang terjadi pada Shirohige dan Absalom.

“Sedikit” cerita dari luar Wano ini membuat One Piece chapter 925 menjadi sangat menarik. Pastinya kita juga sangat ingin mengetahui kelanjutan cerita Reverie dan pergerakan Kurohige. Bersabarlah hingga babak kedua arc Wano berakhir.

3. Babak kedua arc Wano

Setelah dihujani informasi mengejutkan, One Piece chapter 925 membawa kita kembali ke Wano.

Babak kedua arc Wano juga dibuka dengan tirai warna warni, alunan sasimen dan hujan bunga sakura. Selain itu, salah satu pemain sasimen juga meneriakkan “Ha” sebagai penanda alur yang lebih cepat dari “pertunjukkan” arc Wano.

Di daerah kuri, tepatnya di gunung Atamayama, terjadi sebuah pertarungan seimbang antara Ashura Douji dan Inuarashi. Secara mengejutkan Ashura Douji alias Shutenmaru menolak ajakan Kinemon untuk bergabung melawan Kaido. Ia menegaskan hanya setia kepada Oden bukan kepada klan kozuki.

Mungkin pertarungan ini terjadi karena Shutenmaru hanya akan mengikuti orang yang mampu mengalahkannya seperti Oden.

Ashura Douji sepertinya kecewa dengan Kinemon dan teman-teman yang telah meninggalkannya dan rakyat Wano di bawah kekuasaan Shogun dan Kaido selama 20 tahun. Mungkin ia juga mengalami keterpurukan setelah melihat tuannya dibunuh oleh Shogun dan Kaido.

Shutenmaru juga menyebutkan kalau tidak semua orang akan senang mengetahui samurai Klan Kozuki telah kembali. Ada yang kecewa dengan menghilangnya mereka. Ini bisa mengindikasikan kalau Kinemon akan menemui kesulitan dalam menghimpun pasukan untuk menggulingkan Shogun.

one piece 925

Walaupun begitu, Kinemon berjanji tidak akan menyerah untuk mengajak Shutenmaru. Hanya saja, Shutenmaru sepertinya sudah sangat kecewa. Ia menyebutkan kalau Kinemon tidak akan bisa mengisi “kekosongan” yang ia rasakan sejak 20 tahun terakhir.

Nah, seperti yang sudah kita bahas di chapter sebelumnya, mungkin Shutenmaru nantinya akan melihat potensi Oden dalam diri Luffy sehingga ia akan membantu Luffy dan aliansi untuk mengalahkan Shogun.

Sementara itu, O-Tama berhasil disembuhkan Chopper dan suster “gebetannya.” Chopper juga menyebutkan kalau Raizo telah menyusun rencana untuk membebaskan Luffy dari penjara, tanda kalau pace cerita arc Wano mulai berjalan lebih cepat.

4. King, Queen dan Jack

One Piece chapter 925 kemudian membawa kita ke Onigashima, markas Kaido. Selama ini kita merasa kalau Jack sangatlah kuat dan sulit dikalahkan, itu karena kita belum melihat dua “bencana” lain yang mampu memarahi Jack. Mereka adalah King dan Queen. Jack memanggil mereka “kakak.”

Seperti yang kita ketahui, nama-nama Headliner dan Calamity bawahan Kaido digelari istilah-istilah permainan kartu remi. Layaknya urutan kartu, King dan Queen berada di atas Jack. Dan mereka mampu “membully” Jack dengan memanggilnya “Drag-down” plesetan dari gelar “Drought.” Ini mungkin karena belakangan ini Jack selalu gagal menjalankan misinya.

Jika Jack terkenal mampu membuat daerah yang dilaluinya hancur seperti mengalami kekeringan, dapat diasumsikan kalau King dan Queen mampu menciptakan kebakaran (Wildfire) atau wabah penyakit (Plague). Kita belum tahu apakah gelar ini sesuai dengan kekuatan mereka atau tidak karena kekuatan buah setan Jack (gajah) juga tidak begitu sesuai dengan gelarnya (Drought).

Dua bawahan langsung Kaido ini juga memiliki sifat unik khas One Piece. King dan Queen suka saling ejek. Contohnya saling ejek kebiasaan mereka. King menyebutkan kalau Queen tidak kompeten dalam menghancurkan harapan para tahanan. Mungkin tahanan itu adalah tahanan misterius dan Kid. Bisa dipastikan juga kalau Luffy akan bertemu dengan Queen di penjara nantinya.

Di sisi lain, Queen mengejek King sebagai mesum yang suka menyiksa orang. Jika dilihat dari kostumnya, King memang mengenakan kostum kulit yang identik dengan penggila BDSM. Bahkan karakternya juga mengingatkan pada Cenobites di film Hellraiser.

one piece chapter 925

Cenobites dalam film Hellraiser

Selain mengenakan kostum kulit, Cenobites juga gemar menyiksa orang untuk kepuasan seksual, seperti ejekan Queen kepada King. Tapi belum tentu Oda-Sensei terinspirasi dari film ini.

Satu lagi keunikan dari karakter King. Ia terlihat mirip dengan Magellan, punya sayap dan memiliki pakaian yang juga mirip.

one piece chapter 925

Apakah dua karakter yang kuat ini memiliki hubungan?

Terakhir, di halaman akhir One Piece chapter 925, King menyebutkan kalau Jack harus bisa menyelesaikan sebuah perdagangan baru.

Berarti, bajak laut Beast juga memiliki partner dagang selain Doflamingo. Belum tahu apakah partner dagang ini memiliki sumber buah setan buatan seperti Doffy atau tidak.

Itulah pembahasan One Piece chapter 925. Jika kamu punya spekulasi atau teori tentang chapter ini, silakan tulis di kolom komentar, ya.

Your average anime guy.