Categories
One Piece Review

Bahas One Piece Chapter 940 – Akhirnya Kakek Hyou Tahu

One Piece chaper 940 telah dirilis dan chapter ini memiliki tempo yang lebih lambat dari chapter sebelumnya karena membawa kita lebih dekat dengan warga kota Ebisu dan Tonoyasu.

Bahas One Piece chapter 940

Ada beberapa hal menarik yang terjadi di chapter ini, mulai dari kepergian Law, ibu kota Bunga yang rusak, Tonoyasu yang baik hati, hingga latihan Luffytaro. Langsung saja, yuk kita simak pembahasan One Piece chapter 940 yang berjudul “Percikan Pemberontakan.”

Law bergerak

Di chapter 938 kita melihat kalau Sangoro dan teman-teman berusaha untuk menenangkan Law yang marah karena Bepo dituduh sebagai pengkhianat. Ternyata, Law memang belum bisa didinginkan. Ia tetap pergi ke ibu kota untuk membebaskan Bepo, Shachi, dan Penguin.

law di one piece chapter 940

Tapi bisa saja kali ini Law sudah berkepala dingin dan tidak akan terpancing dan masuk perangkap yang sudah menantinya di ibu kota. Semoga aksi Law membebaskan Bepo dan teman-teman dapat kita saksikan nantinya.

Duo penakut Onami dan Usohachi

Onami membela seniornya Shinobu yang menuduh Bepo karena memang sang kunoichi veteran telah menunggu selama 20 tahun untuk bisa menggulingkan Orochi.

Kemudian kita kembali dibuat tersadar kalau Onami dan Usohachi adalah dua dari trio penakut bajak laut Topi Jerami. Usohachi mengatakan kalau ia akan maklum jika Bepo dan teman-teman membocorkan rencana mereka karena ia juga akan melakukan hal yang sama jika ditangkap dan disiksa.

pembahasan one piece 940

Begitu pula dengan Onami yang hanya akan bertahan tiga detik sebelum mengaku jika ditangkap.

Komurasaki adalah Oiran yang baik

Kemudian One Piece chapter 940 memperlihatkan kebobrokan orang-orang yang dibuang ke luar ibu kota. Mereka adalah Bungo, Bongo, dan Bingo.

Salah satu tetua kota Ebisu yang punya gaya rambut mirip Vismoke Judge (bukan teori) menceritakan kalau mereka adalah orang-orang korup yang hidup di ibu kota.

Ketiganya hidup dengan menipu. Selama ini mereka tidak tertangkap karena menyuap para pejabat. Dan ketiganya jatuh cinta pada wanita yang sama, yaitu Komurasaki.

komurasaki op 940

Lalu apa pentingnya cerita tiga orang penipu ini? Menurut saya, si nenek ingin memberi tahu kalau Komurasaki bukanlah Oiran yang kejam.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 931 - Big Mom Amnesia!

Sebelum kita tahu Komurasaki adalah Hyori, kita melihat sendiri kalau Komurasaki sangat licik dan kejam. Ia suka menguras harta pelanggannya. Tapi, tampaknya sifat licik Komurasaki itu adalah bagian rencananya untuk menjebak Bungo, Bongo dan Bingo yang jahat.

Bukan tidak mungkin juga jika korban-korban Komurasaki yang lainnya adalah orang-orang korup yang ingin ia buat menderita.

Siapa yang membocorkan rencana aliansi?

One Piece chapter 940 kemudian memberi kita informasi tentang kenapa rencana aliansi bisa bocor. Tonoyasu menyebutkan hampir semua orang tahu makna pesan rahasia di kertas yang dibagikan, tapi tidak semua orang (bahkan termasuk dirinya) tidak tahu tentang tato kaki.

Jadi secara tidak langsung Tonoyasu ingin mengatakan kalau orang yang membocorkan rahasia ini tahu dengan arti kertas rahasia itu dan juga tentang tato bulan sabit di kaki pendukung klan Kozuki. Dengan kata lain, kemungkinan memang ada pengkhianat.

Mengenal Tonoyasu

One Piece chapter 940 kemudian membawa kita mengenal Tonoyasu lebih dekat. Walau terlihat konyol, ia adalah simpatisan klan Kozuki dan siap untuk membantu Kinemon.

one piece 940

Namun, ia juga punya tugas yang tak kalah penting, yaitu membantu warga yang kelaparan. Ia selalu berkeliling untuk membantu warga. Ia mendahulukan orang lain daripada dirinya sendiri.

Di tengah kegelapan yang melanda Ebisu, Tonoyasu hadir seperti matahari yang menyinari lewat kebaikannya.

one piece 940

Selain peduli dengan orang-orang yang kelaparan, Tonoyasu juga orang yang sopan. Terbukti ketika ia sangat pandai memuji Usohachi, Onami dan tetua kota Ebisu.

Tapi anehnya, walau ia terkenal dan juga mengenal Kanjuro dan Shinobu, tidak satupun dari klan Kozuki yang mengenal dirinya. Membuatnya semakin misterius.

Kemudian chapter 940 ini memberikan sebuah kejutan. Ternyata Tonoyasu adalah ayah Otoko. Senyuman keduanya memang terlihat mirip.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 910 - "Dunia Baru" Wano

Walau Tonoyasu menjual Otoko terdengar kejam, tapi ternyata keduanya melakukan hal itu untuk membantu orang-orang susah di Ebisu.

Konsep Haki di Wano

One Piece chapter 940 kemudian membawa kita ke penjada Udon. Terlihat Luffytaro masih melawan Madilloman.

Di sini kita diberitahu tentang konsep Haki di Wano. Jadi jika selama ini kita tahu Haki adalah “ambisi” atau “keinginan,” maka di Wano Haki disebut Ryouu yang lebih fokus pada konsep “aliran.”

Mungkin saja perbedaan konsep ini menjelaskan kalau “Ryouu” adalah konsep “Haki” yang kuno atau bahkan mungkin Haki memang berasal dari Wano dahulunya, mengingat Wano adalah negara yang tetutup sehingga konsep Haki masih terjaga keasliannya. Tentu saja ini hanyalah spekulasi.

Ini seperti kisah-kisah fiksi lainnya ketika tokoh utama belajar sebuah kekuatan dari asalnya untuk bertambah kuat.

Tapi tentu saja Ryouu susah untuk dikuasai. Berkali-kali Luffytaro gagal menggunakan teknik Busoshoku tingkat tinggi untuk menghajar para musuh yang berubah menjadi sandsack hidup.

Uniknya, Queen terlihat seperti ingin menginatkan Luffytaro kalau ia terlalu banyak menjatuhkan lawan. Apakah Queen ingin mengalahkan Luffytaro ketika ia bertambah kuat untuk mematahkan semangatnya?

Caribou adalah teman

Luffytaro masih tidak bisa mempercayai Caribou mengingat apa yang ia lakukan di masa lalu.

Ternyata kunci yang dicuri Raizo bukan kunci Kawamatsu, tapi kunci borgol Caribou. Inilah sebabnya Caribou sudah bisa menggunakan kekuatan buah iblisnya. Dan pastinya kekuatannya akan sangat berguna untuk misi di penjara Udon.

Caribou memelas kepada Luffytaro agar ia bisa ikut meninggalkan Wano bersama bajak laut Topi Jerami. Ia pun berjanji mulai saat ini ia adalah bawahan Luffytaro dan akan tobat. Tampaknya armada di bawah bendera Topi Jerami bertambah satu lagi.

Lagi, di sini Raizo menyebut kekuatan buah iblis lady Toki dan Caribou sebagai jurus iblis. Jadi sekarang sudah jelas kalau konsep serta istilah Haki dan buah iblis berbeda di Wano.

BACA JUGA  One Piece: Momen Terkeren Anggota Bajak Laut Topi Jerami

Akhirnya Hyougoro tahu

Turnamen Sumo Neraka pun rehat sejenak. Tapi Luffytaro masih belum puas berlatih dan tentu saja ia juga kelaparan.

Di saat rehat ini akhirnya kakek Hyou mengetahui siapa Luffy dan juga kebenaran tentang nasib klan Kozuki.

Dari cerita Luffytaro, Hyou tahu kalau Luffytaro mencoba mengalahkan Kaido untuk jadi raja bajak laut. Ini mengingatkannya pada Roger yang pernah ke Wano.

pembahasan one piece chapter 940

Ketika Raizo datang dengan Caribou, si ninja tidak percaya kalau si kakek adalah Hyougoro yang terkenal. Begitu pula dengan kakek Hyou yang seperti tidak percaya kalau klan Kozuki masih ada karena dikirim ke masa depan.

Jika Luffytaro tidak bertemu Hyou di penjara Udon, maka si kakek yang sangat penting untuk rencana aliansi ini mungkin sudah pasrah untuk mati seperti anjing di penjara.

Kenyataan kalau sembilan sarung pedang merah masih hidup bersama Momonosuko kembali menciptakan percikan pemberontakan.

Akhirnya kakek Hyou pun bergabung dengan aliansi dan memberi tahu cara untuk menambah pasukan, yaitu dengan membebaskan para tahanan kuat di penjara Udon.

Tidak semua tahanan adalah penjahat rendahan. Banyak di antara mereka adalah para bos yakuza seperti kakek Hyou.

Walau sluetnya terlihat sangar, saya merasa kalau para bos ini juga sudah tua dan berubah bentuk seperti kakek Hyou. Jika benar, pastinya ini akan sangat lucu.

Kakek Hyou kemudian menyebutkan kalau Wakamatsu sangatlah penting demi kesuksesan rencana ini. Mungkin jika bebas, Kawamatsu bisa membuat terowongan ke penjara lainnya seperti ia menggali lubang ketika menyelamatkan Hyori.

Dan sementara itu, Olin dan teman-teman sudah hampir sampai di penjara Udon. Sedangkan Choperemon masih khawatir kalau rencananya akan berantakan.

big mom wano one piece 940

Nah itulah pembahasan One Piece chapter 940. jika kamu punya teori atau spekulasi tentang chapter ini silakan tulis di kolom komentar, ya.

Jangan lupa support One Piece dengan membeli komiknya di toko buku terdekat.

By Zekai

Your average anime guy.

Leave a Reply