Bahas One Piece Chapter 939 – Kakek Hyou Masih Nendang

Spekulasi tentang Kawamatsu akhirnya terjawab!

pembahasan one piece 939

Chapter One Piece chapter 939 akhirnya keluar setelah minggu lalu break. Chapter terbaru One Piece ini cukup menarik karena kita mendapatkan tambahan informasi tentang rahasia Komurasaki yang telah diungkap di chapter sebelumnya.

Bahas One Piece chapter 939

Selain itu, kita juga melihat kondisi Beppo dan teman-teman yang tertangkap. Dan yang tak kalah seru, chapter ini juga masih memperlihat Luffytaro yang masih berlatih teknik haki baru.

Langsung saja, berikut pembahasan One Piece chapter 939 yang berjudul “Si Tua Hyou Masih Punya Sentuhannya.”

1. Yang terjadi pada Hyori 20 tahun silam

One Piece chapter 939 langsung dibuka di daerah Ringo di mana Komurasaki, alias Hyori, mengungkap rahasianya kepada Zorojuro.

Zorojuro tampak terkejut mengetahui Hyori yang sudah dewasa adalah adik Momonosuke yang masih bocah.

pembahasan one piece 939

Sedangkan Hyori senang kegirangan mengetahui Zorojuro adalah teman. Ia pun dengan semangat menanyakan kabar Kinemon dan teman-teman yang dikirim ke masa depan.

Hyori mengatakan kalau Otoko sudah tahu tentang rahasianya. Terlihat Hyori sangat sayang kepada Kamuronya itu. Pantas saja ia rela menampar Orochi hanya untuk menyelamatkan Otoko.

op 939

Jika Otoko adalah “salah satu teman” yang mengetahui jati dirinya, berarti masih ada orang selain Otoko yang juga tahu kalau Komurasaki adalah Hyori. Mungkinkah salah satunya adalah Kyoushiro?

Hyori pun kemudian menceritakan apa yang terjadi 20 tahun yang lalu ketika kakaknya dikirim ke masa depan. Ia menyebutkan kalau tepat hari itu juga kedua orang tuanya, Oden dan Toki, kehilangan nyawa mereka.

review one piece 939

Hyori tidak ikut dikirim ke masa depan karena ia dibutuhkan di Wano agar garis keturunan klan Kozuki tidak terputus jika Momonosuke gagal dalam misinya.

Hyori berhasil selamat dari api yang membakar istana Oden berkat bantuan Kawamatsu si Kappa. Ya, satu lagi teori arc Wano terjawab. Di sini Hyori menyebut Kappa sebagai iblis atau yokai. Zoro pun sulit untuk mempercayainya.

pembahasan one piece chapter 939

Kawamatsu dengan setia menjaga Hyori yang pada saat itu sempat membisu akibat trauma. Kebaikannya perlahan mengembalikan keceriaan sang tuan putri.

Kemudian kita mendapatkan informasi kalau Kawamtasu dan Hyori terpisah ketika Hyori menginjak umur 13 tahun. Kemungkinan mereka terpisah karena Kawamatsu berhasil ditangkap oleh Orochi.

Spekulasi

Bangsa Yokai

Seperti yang telah kita bahas di chapter 936, Kawamatsu ternyata memang seorang Kappa. Nah, jika ia adalah Kappa yang disebut Hyori iblis atau yokai, ada beberapa kemungkinan tentang jati dirinya.

Pertama, ia adalah pemakan buah iblis Zoan, tapi ini mungkin bisa dibantah karena Kawamatsu menyelamatkan Hyori dengan berenang di saluran air.

Kedua, Kawamatsu berasal dari ras selain manusia. Bisa itu adalah manusia ikan karena ia bisa berenang, Mink mengingat hubungan dekat bangsa ini dengan klan Kozuki, dan satu lagi ras baru yaitu ras Yokai yang mungkin akan diperkenalkan di arc Wano. Tentu saja ras Yokai ini hanyalah spekulasi.

BACA JUGA  Review Film Jurassic World: The Fallen Kingdom (2018) - Film Jurassic yang Kehilangan Daya Tariknya

Denjiro dan Kawamatsu

Dari tiga samurai yang dicari Kinemon, tinggal satu lagi yang belum kita ketahui dengan pasti keberadaannya, yaitu Denjiro. Sebelumnya ada teori yang menyebutkan kalau Denjiro adalah Kamazou karena memiripan gaya rambut mereka.

Tapi, One Piece chapter 939 semakin melemahkan teori ini karena Hyori tidak tahu keberadaan tiga orang itu yang menjelaskan kalau Kamazou yang memburunya kemungkinan besar bukanlah Denjiro.

Selain itu, Hyori menegaskan kalau Kawamatsu adalah samurai yang kuat. Berarti seharusnya Denjiro juga sangat kuat. Sedangkan Kamazou seperti yang kita ketahui kalah dengan sekali tebas melawan Zorojuo.

Hanya satu hal yang masih bisa mendukung teori Denjiro adalah Kamazou, yaitu Hyori tidak mengenal Kamazou sebagai Denjiro karena ia ditutupi perban.

2. Sembilan sarung pedang

Hyori sangat senang mengetahui kalau Inuarashi dan Nekomamushi juga masih hidup.

Ia memanggil dua pemimpin bangsa Mink itu dengan panggilan yang imut, yaitu doggy dan kitty. Mungkin ketika kecil Hyori sangat dekat dan sering dimanjakan oleh Inuarashi dan Nekomamushi.

Di sini kita melihat Oiran nomor satu di Wano ini menahan tangis harunya dengan ekspresi yang lucu. Bahkan Otoko pun tertawa terpingkal-pingkal melihatnya.

Ada yang menarik di sini. Alasan Hyori menahan tangisnya mengingatkan kita pada Otama.

Jika Hyori menahan tangis dengan alasan ia adalah anak samurai, maka Otama menahan tangis dan segala bentuk kelemahannya karena ia adalah seorang petarung atau Kunoichi.

Kenapa mereka Hyori dan Otama memiliki sifat unik yang mirip? Apakah mereka punya hubungan?

Kemudian di One Piece chapter 939 ini Zorojuro membantu kita untuk mengetahui semua anggota Sembilan Sarung Pedang. Mereka adalah Kinemon, Kanjuro, Raizo, Okiku, Inuarashi, Nekomamushi, Ashura Douji, Kawamatsu dan Denjiro.

Dari sembilan orang ini, tinggal dua yang belum menyatakan akan bergabung di pertarungan akhir, yaitu Ashura Douji yang menolak karena kecewa dan Denjiro yang masih dalam misteri.

Lalu, kita melihat kalau Hyori masih memiliki kertas berisi pesan rahasia dari klan Kozuki. Mungkin yang dilihat Kyoushiro di istana Orochi bukan kertas yang dipegang oleh Hyori.

Zorojuro kemudian menjelaskan kalau pesan rahasia di kertas itu telah diketahui Orochi dan rencana aliansi mengalami masalah yang pelik. Daripada pusing memikirkan masalah, Zorojuro memilih untuk tidur sambil menunggu apa yang akan terjadi. Tipikal Zoro.

Di One Piece chapter 939 ini kita melihat perbedaan karakter Komurasaki dan Hyori.

Jika Komurasaki adalah Oiran yang licik, dingin, dan centil, maka Hyori adalah wanita baik hati yang penuh semangat ketika berbicara tentang orang-orang yang ia sayangi.

Hyori mengatakan kalau ia mungkin akan menemui kakak dan teman-temannya itu di pertarungan akhir. Apakah ini adalah foreshadow kalau Zorojuro juga akan berkumpul dengan teman-teman di pertarungan akhir?

BACA JUGA  Teori Arc Wano yang Belum Terjawab di Manga One Piece

Spekulasi

Sembilan Sarung Sedang dan Sembilan Samurai

Di chapter ini kita telah mengetahui anggota lengkap Sembilan Sarung Pedang Oden. Tapi pertanyaannya, apakah mereka adalah Sembilan Samurai yang diramalkan lady Toki?

Menurut saya dua kelompok ini memiliki anggota yang berbeda, paling tidak beberapa orang.

Ini karena sebelumnya Luffytaro bersikeras untuk meminjam Nidai Kitetsu dengan alasan “tanpa pedang ia bukanlah samurai.” Bisa jadi ini adalah foreshadow kalau Luffytaro merupakan satu dari Sembilan Samurai yang mengalahkan Orochi dan membuka perbatasan Wano.

Selain itu, sosok yang mungkin dan sangat cocok membuka Wano ke dunia luar adalah Luffy yang perjalanannya memang mempengaruhi sejarah dunia One Piece.

Jadi mungkin anggota Sembilan Samurai ini tidak semuanya berasal dari anggota Sembilan Sarung Pedang.

3. Beppo dan teman-teman yang malang

One Piece chapter 939 kemudian membawa kita ke ibu kota di distrik Rasetsu di mana para pemberontak yang tertangkap dipertontonkan di depan umum.

Mereka dipanggil sebagai pengkhianat bukan hanya karena ingin memberontak, tapi juga karena dianggap tidak bersyukur bisa hidup di ibu kota yang makmur (mengingat hampir semua daerah luar ibu kota melarat).

Terlihat Fukurokuju memimpin penangkapan para pemberontak dan menyebutkan kalau rencana mereka telah gagal.

Salah satu orang yang ditangkap mengatakan kalau simbol berisi pesan rahasia itu hanyalah simbol yang terkenal zaman dahulu. Jadi, kemungkinan orang yang melaporkan keberadaan simbol ini ke Orochi adalah orang lama yang juga memiliki pengetahuan tentang simbol itu. Siapakah dia?

Mereka yang ditahan adalah orang-orang yang pernah kita lihat di chapter-chapter sebelumnya.

Mulai dari yang mendaftar dengan suka rela ketika menemui Momonosuke dan teman-teman, hingga mereka yang direkrut dengan hati-hati di jalanan ibu kota.

Terlihat di antara tahanan itu adalah Beppo, Shachi dan Penguin yang sudah babak belur. Mereka takut teman-teman aliansi menganggap mereka sebagai pengkhianat seperti tuduhan Shinobu di chapter 938.

Jika Sangoro dan teman-teman tidak menenangkan Law waktu itu, pasti sudah terjadi kerusuhan yang lebih besar di ibu kota.

4. Luffytaro yang masih asyik latihan

One Piece chapter 939 kemudian membawa kita ke penjara Udon. Terlihat Kawamatsu yang wujudnya masih misterius juga ingin ikut turnamen sumo. Menegaskan karakternya yang seorang petarung.

Di atas ring Sumo Neraka, terlihat Luffytaro sudah sampai melawan para Gifters, yaitu Alpacaman yang suka meludah dan Madilloman yang baru diperkenalkan.

Madiloman adalah Gifters pemakan Smile tipe armadillo.

Dua lawan ini menggunakan senjata pedang dan pistol berpeluru paku batu laut. Semua penonton menganggap para Gifters akan menang mudah karena menggunakan senjata. Tapi Queen sudah tahu kalau mereka bukan lawan Luffytaro.

Dan memang benar, dengan kerennya, Luffytaro mengintip masa depan seperti Katakuri dan menyuruh kakek Hyou untuk mengikuti instruksinya. Dengan mudah kakek Hyou menjatuhkan Alpacaman dengan sundulan. Hyou terkejut melihat prediksi Luffytarou yang sangat akurat.

Tampaknya Luffytaro sudah bisa menggunakan teknik haki Kenbunshoku barunya dengan mudah.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 910 - "Dunia Baru" Wano

Kemudian kita melihat Luffytaro bertarung dengan santai walaupun sebenarnya ia bisa menang mudah. Ia mencoba memukul Madilloman tanpa menyentuhnya, tapi tidak terjadi apa-apa karena memang ia belum menemukan cara menggunakan teknik Busoshoku tingkat tinggi seperti milik Rayleigh dan Setomaru.

Saya merasa kasihan dengan Alpacaman dan Madilloman yang hanya menjadi bahan latihan Luffytaro.

Karena masih belum menemukan cara yang pas menggunakan teknik baru itu dan musuhnya juga tidak kuat, Luffytaro pun kemudian menggendong kakek Hyou agar latihannya menjadi lebih menarik.

Di sini kita diberi tahu kenapa Luffy sangat ingin mempelajari tenkik lanjut haki Busoshoku itu. Ia merasa kalau teknik itu mampu menembus pertahanan Kaido yang sangat tebal, layaknya sisik naga yang sangat keras.

Kakek Hyou kemudian menjelaskan kalau di Wano konsep haki memiliki istilah tersendiri. Haki di Wano biasanya digunakan oleh para pendekar pedang.

Ketika pedang telah ditutupi oleh haki, penggunanya bisa memotong semua benda sesuai kehendak hati, termasuk tidak memoton kertas yang tipis, seperti yang ditunjukkan guru Zoro.

Penjelasan kakek Hyou Ini mungkin sekaligus menambahkan informasi tentang warna hitam pedang Shusui dan juga spekulasi fans kalau poneglyph diukir oleh pemahat Wano yang menguasai haki.

Kemudian kita pun dikejutkan dengan sepak terjang kakek Hyou. Dengan bantuan prediksi Luffytaro, Hyou menjatuhkan Alpacaman dengan teknik Busoshoku yang ingin dipelajari Luffytaro.

Queen telihat senang melihat si kakek tua masih punya sentuhannya, sesuai dengan judul chapter ini. Tampaknya Luffy telah menemukan guru haki yang baru.

Spekulasi

Inkonsistensi Haki

Seperti yang saya bahas sebelumnya, tampilan haki sebelum dan sesudah timeskip tidak konsisten. Dan chapter 397 seperti telah menjawab hal ini.

Tapi ternyata, One Piece chapter 939 kembali membuat saya bertanya-tanya karena tangan kakek Hyou terlihat menghitam ketika menggunakan teknik haki Busoshoku tingkat tinggi itu. Padahal Rayleigh dan Sentomaru tidak menghitamkan tangan mereka.

Jadi kenapa sebelum timeskip haki Busoshoku tidak berwarna hitam?

Satu penjelasan yang aman adalah Oda-Sensei sengaja tidak menghitamkan tangan pengguna haki Busoshoku sebelum timeskip karena Luffy belum menguasai Haki.

Sedangkan semenjak timeskip, Luffy telah menguasai dan mampu melihat haki sehingga Oda menggambar haki Busoshoku dengan warna hitam. Mungkin.

Jadi, tetap yang tahu pasti adalah Oda-sensei.

Itulah pembahasan One Piece chapter 939. Jika kamu punya teori dan spekulasi tentang chapter ini silakan tulis di kolom komentar ya.

Jangan lupa support One Piece dengan membeli komiknya di toko buku terdekat.

Your average anime guy.