Masih Misterius, 5 Asal Usul Joker yang Ikonik dari DC Comics

Pria dengan banyak kepribadian dan asal usul yang belum ditetapkan!

asal usul Joker

Film terbaru Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix menjelaskan tentang asal usul Joker menjadi The Clown Prince of Crime kota Gotham (atau bukan?). Meskipun beberapa teori menyebutkan bahwa kisah Arthur Fleck bukanlah cerita orisinil Joker, tapi penjahat paling populer dari Gotham ini memiliki berbagai kisah orisinil yang berbeda-beda.

Merayakan keberhasilan Joker menjadi film dengan rating dewasa tersukses mengalahkan Deadpool 2, mari kita lihat 5 kisah orisinil Joker yang pernah ditulis DC Comics.

1. Batman #1

Dalam edisi pertama seri Golden Age Batman, Joker langsung diperkenalkan; melakukan perampokan dan membunuh tak kurang dari empat orang sebelum Batman dan Robin menangkapnya. Dalam penampilan pertamanya, Joker yang ditulis oleh Bob Kane dan Bill Finger digambarkan sebagai penjahat yang penuh kekacauan dan anarkis.

asa usul Joker pertama
via DC Comics

Korban pertamanya adalah seorang sosialita kaya bernama Henry Claridge, meninggal dengan senyum mengerikan di wajahnya. Untuk korban berikutnya, Joker secara terbuka menyatakan niatnya untuk merampok dan membunuh orang-orang. Dia bahkan menyamar sebagai kepala polisi untuk membunuh seorang hakim Kota Gotham.

Kehadiran perdana Joker berdarah dingin dan kriminalitas psikologis, lalu karakter Joker malah berubah menjadi konyol pada zaman Silver Age, termasuk pada serial live-action Batman tahun 60-an. Walaupun Batman #1 tidak dengan khusus mempopulerkan kehadiran Joker, tapi komik ini menjadi awal kemunculan The Clown Prince of Crime.

2. The Man Behind the Red Hood (Detective Comics #168)

Lebih dari 10 tahun setelah penampilan pertamanya di Batman #1, Bill Finger, Lew Sayre Schwartz dan Win Mortimer menjelaskan tentang asal usul Joker, yang pada nantinya menandai debut Red Hood. Cerita ini menjelaskan bagaimana Joker lahir karena dia masuk ke dalam tong berisi cairan kimia.

asal usul Joker red hood
via DC Comics

Cerita dimulai ketika Batman dan Robin berbicara dengan sekelompok mahasiswa tentang kasus yang tak pernah mereka selesaikan, yaitu kasus seorang penjahat besar bernama Red Hood yang kabur dengan mobilnya dan melompat ke tong berisi bahan kimia di pabrik Ace Playing Card Company. Mereka memutuskan bekerja sama dengan Batman dan Robin.

Pada akhirnya, mereka menangkap Red Hood. Dan ternyata, Red Hood adalah Joker. Dia mengaku pada Batman, Robin, dan para mahasiswa bahwa dia adalah pria bertopeng yang melompat ke tong bahan kimia bertahun-tahun yang lalu. Karena masuk bersama mobilnya, dia selamat dari kematian. Tetapi bahan-bahan kimia di dalam tong membuatnya terlihat seperti badut. Karena kecelakaan terjadi di sebuah perusahaan kartu, maka nama “Joker” lahir.

3. Batman: The Killing Joke

Novel grafis yang Digambar oleh Brian Bolland dan cerita Alan Moore dianggap sebagai salah satu kisah Batman terbaik yang pernah diterbitkan. Analisis yang kompleks dan kontroversial antara Batman dan Joker dengan akhir yang masih diperdebatkan bertahun-tahun kemudian.

Alih-alih menggambarkan Joker sebagai penjahat yang tak percaya dengan moral, The Killing Joke berusaha membuat pembaca bersimpati pada karakter Joker. Hampir sama dalam versi film Todd Phillips, kilas balik menunjukkan Joker awalnya seorang stand-up comedian yang mencari nafkah untuk istrinya yang sedang hamil.

Joker the Killing Joke
via DC Comics

Ketika karirnya gagal, dia dengan putus asa menjalin kesepakatan dengan beberapa penjahat merampok pabrik kimia. Ketika dia berusaha untuk keluar kelompok penjahat tersebut, sang istri meninggal secara tragis dalam sebuah kecelakaan. Joker pun mengenakan tudung merah (red hood) dan melompat ke tong berisi bahan kimia untuk melarikan diri. Merujuk pada komik Silver Age.

Tak hanya cerita yang kompleks dan lebih gelap, ada banyak sisi brilian dari gambar pada novel grais ini. Termasuk panel legendaris dimana Joker muncul dari bahan kimia, lengkap dengan senyum khas Chesire Cat-nya. The Killing Joke sangat populer dan menjadi salah satu kisah yang paling diingat dari asal usul Joker.

4. Batman: The Man who Laughs

Pada tahun 2005, edisi one-shot dari Ed Brubaker dan Doug Mahnke menata kembali penampilan pertama Joker dan menjadi sekuel tak resmi untuk alur cerita Batman: Year One karya Frank Miller dan David Mazzuchelli yang diterbitkan pada tahun 2011.

asal usul Joker Batman who Laugh
via DC Comics

Secara berkelanjutan, alur cerita ini mewakili kali pertama Joker dan Batman bertemu pada Post-Crisis di alam semesta Infinite Earth. Edisi Infinite Earth merupakan cerita dimana sejumlah karakter ikonik DC mendapatkan kisah asli/orisinil yang berbeda dengan yang selama ini kita kenal.

Mirip dengan Batman #1, Joker menghabiskan sebagian besar cerita mengancam sejumlah warga Kota Gotham yang terkenal. Dalam aksi terakhirnya, Batman menghadapi Joker dan berkesempatan untuk membunuh Joker, sehingga menyelamatkan banyak orang yang tak bersalah. Satu hal yang dari dulu tak pernah dilakukan Batman karena masalah moral.

5. Lovers and Madmen (Batman Confidential #7-12)

Asal usul Joker satu ini ditulis oleh Michael Green dengan gambar dari Denys Cowan, menandai reaksi lain dari karakter Red Hood yang ikonik (kecelakaan bahan kimia beracun) yang menghasilkan penciptaan Joker. Perbedaannya dengan The Killing Joke adalah interpretasi tentang Joker dan pria di balik nama ini sebelum kecelakaan cairan kimia terjadi.

Joker Madman and Lovers
via DC Comics

Pria itu, bernama Jack, adalah seorang penjahat yang mengungkapkan betapa bosannya dia dengan perampokan dan pencurian. Dia mulai melakukan kejahatan dengan lebih menantang, misalnya membunyikan alarm keamanan ketika akan mencuri. Jack langsung terpesona oleh Batman dan mulai melakukan lebih banyak kejahatan untuk mendapatkan pengakuan Batman.

Jack akhirnya menyandera seorang wanita yang ternyata adalah pacar Bruce Wayne. Dalam kemarahannya, Jack memotong tubuh wanita tersebut, membuat Batman memukul wajahnya dan menggores bibirnya. Memberikan Joker senyumnya yang terkenal. Dan karena satu kecelakaan di pabrik kimia, Joker secara resmi lahir. 

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.