Categories
Daftar Komik

10 Pahlawan Baru Marvel Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir

Di penghujung 2019, ada banyak pahlawan baru Marvel yang ditambahkan dalam satu dekade terakhir. Bukan hanya dalam versi layar lebarnya, namun Marvel Universe selalu tumbuh dan berkembang 10 tahun terakhir. Marvel mengguncang semesta buku komik dengan memperkenalkan versi adaptasi layar lebar, serta memberi jalan untuk talenta-talenta muda menikmati panggung Avengers dalam dunia komiknya.

10. Gwendolyn Pool (Gwenpool)

Gwendolyn ‘Gwen’ Poole tumbuh di alam semesta yang disebut ‘dunia nyata’ dan terobsesi dengan Marvel Comics. Entah bagaimana, dia akhirnya terseret melalui Multiverse dan muncul di alam semesta Marvel. Desain fisik Gewndolyn berasal dari campuran Gwen Stacy dan Deadpool. Kehadirannya pertama kali muncul di Howards the Duck Vol. 6 #1 (kemudian diterbitkan ulang sebagai The Unbelievable Gwenpool #0) pada November 2015.

Gwenpool
via Marvel

Gwenpool menggunakan pengetahuannya tentang Marvel Comics dalam melalui semua petualangnya. Dia seringkali menebak alur cerita karena akrab dengan semua plot cerita konvensional. Sama seperti Deadpool, dia pun memiliki kemampuan untuk melompati ruang putih di antara panel, menggunakannya untuk kabur, serta memecah dimensi keempat dan berbicara dengan pembaca.

9. Valkyrie

Pertama kali hadir dalam The Avengers #83 (Desember 1970), Valkyrie merupakan bagian dari kelompok adiwara Defender dan sering dikaitkan sebagai salah satu wanita dalam kehidupan Thor. Meskipun tidak bisa dibilang baru, pada 2010-an Valkyrie disebut sebagai anggota pendiri Secret Avengers dan bersama-sama pemimpin Fearless Defenders dengan Misty Knight.

Valkyrie
via Marvel

Valkyrie disebut sebagai karakter yang sangat menonjol dalam Thor: Ragnarok ketika diperankan oleh Tessa Thompson. Walaupun Marvel Studios dianggap memotong adegan singkat yang menunjukkan karakteristiknya sebagai lesbian. Marvel Comics memperkenalkan versi Valkyrie ‘Tessa’ dengan tim interdimensional dan melintasi dimensi alternatif Marvel. Kehadirannya akan menghiasi Thor: Love and Thunder 2021 mendatang.

8. Jennifer Takeda (Hazmat)

Pahlawan baru Marvel Comics ini adalah salah satu siswi Avengers Academy terkuat. Kisal asli Jennifer Takeda/Hazmat mirip dengan kisah Rogue dalam X-Man; dia pingsan ketika sedang tidur dengan pacarnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan Hazmat melepaskan radiasi yang menghancurkan. Peristiwa ini terjadi ketika Norman Osborn memimpin S.H.I.E.L.D. Norman pun menahan Hazmat dan menjadikannya sebagai eksperimen.  

Hazmat karakter baru Marvel
via Marvel

Diciptakan oleh Mike McKone dan Christos N. Cage, Hazmat pertama kali muncul dalam Avengers Academy #1 yang terbit pada Maret 2010. Bertemu dengan Hank Pym, Jenny dipaksa memakai baju anti radiasi agar tidak menyebarkan radiasi pada orang-orang di sekelilingnya. Setelah mampu mengendalikan kekuatannya, Jenny akhirnya bekerja dengan Captain Marvel.

BACA JUGA  Ingin Melakukan Sabotase Terhadap Film Black Panther, Oknum Fans DC ini Sangat Norak

7. Robbie Reyes (Ghost Rider)

Robbie Reyes merupakan keturunan Meksiko Amerika yang mengendarai mobil. Berbeda dengan Ghost Rider pada umumnya yang menggunakan motor. Desain Ghost Rider cukup memesona, karena kepalanya seperti helm yang terbakar, dibandingkan tengkorak menyala seperti Ghost Rider sebelumnya. Pertama kali diciptakan oleh penulis Felipe Smith dan gambar Trad Moore, Reys muncul dalam All-New Ghost Rider #1 (Maret 2014).

Robbie Reyes Ghost Rider
via Marvel

Reyes dipandang sebagai salah satu karakter pahlawan baru Marvel terbaik dan tersukses dalam satu dekade terakhir. Sampai-sampai, Marvel Television memperkenalkan versi MCU-nya dalam Agents of S.H.I.E.L.D musim keempat yang diperankan oleh Gabriel Luna (Terminator: Dark Fate). Saat ini, dia adalah salah satu anggota Avengers yang paling kuat, bahkan mampu menahan ancaman kosmis seperti Celestial.

6. Peter Parker (Superior Spider-Man)

Salah satu cerita yang aneh dari Spider-Man dimana Doctor Octopus yang sebelumnya menjadi penjahat memiliki kehidupan baru. Superior Spider-Man tercipta ketika Doctor Octopus yang sekarat memindahkan pikirannya ke tubuh Peter Parker. Bersatu dengan pikiran Spider-Man membuat Octavius mengakui tanggung jawabnya sebagai Manusia Laba-Laba dan memutuskan untuk menjadi Spider-Man yang lebih baik dibandingkan Peter.

Superior Spider-Man karakter baru Marvel
via Marvel

Upaya Octavius terbilang kontroversial, karena dia mendekati ranah kepahlawanan dengan ego yang sama seperti ketika dia mencoba menaklukkan dunia. Diciptakan oleh Dan Slott dan Ryan Stegman, serial ini memiliki umur yang singkat, yaitu diterbitkan Januari 2013 hingga Juni 2014. Superior Spider-Man saat itu terbilang kontroversial, dimana penulis Dan Slott bahkan mendapatkan ancaman kematian. Namun sekarang dipandang sebagai karakter klasik yang tak terlupakan.

5. Riri Williams (Iron Heart)

Tony Stark/Iron Man merupakan karakter yang ‘dimatikan’ dan akhirnya meninggalkan kekosongan di semesta Marvel. Dia pun sudah menyiapkan penggantinya sebelum dia ‘mati’ dalam Civil War II, yaitu Riri William. Kejeniusan Riri membuat baju besinya sendiri tak luput dari perhatian Tony. Riri akhirnya menjadi adiwara dengan nama Iron Heart.

Riri Williams Iron Heart karakter baru Marvel
via Marvel

Riri diciptakan oleh Brian Michael Bendis serta digambar oleh Mike Deodato, Penampilan perdana gadis berusia 15 tahun ini terjadi dalam Invicible Iron Man Vol. 2 #7. Kematian Tony Stark dalam MCU menjadi tanda tersendiri tentang penggantinya: apakah Riri Wiliams akan diperkenalkan dalam versi adaptasi layar lebar?

BACA JUGA  10 Film Hitam Putih Terbaik di Era Film Berwarna Paska 1960-an

4. Janes Foster (Thor)

Cerita Thor yang dikembangkan oleh Jason Aaron menjadi populer setelah membuat perombakan besar dalam status God of Thunder milik Thor; Thor Odinson dianggap tak layak untuk mengangkat Mjolnir. Mjolnir akhirnya jatuh ke tangan Jane Foster. Jane menggunakan palu legendaris tersebut dan bertransformasi menjadi Thor (atau disebut Female Thor) dalam perang di Nine Realms dalam komik terbitan Agustus 2014.

Jane Foster Thor
via Marvel

Kisah Jane sebagai Thor benar-benar mengharukan; sekarat karena kanker. Setiap kali dia berubah menjadi Thor, perubahan akan membalikkan efek kemoterapinya. Intinya, menjadi Thor perlahan membunuh Jane. Jane Foster pun menjadi karakter yang sangat populer dan akan diadaptasi di layar lebar. Natalie Portman kembali memerankan Jane Foster dan menjadi Female Thor dalam Thor: Love and Thunder.

3. Gwen Stacy (Spider–Gwen)

Beberapa superhero sukses setelah diperkenalkan dengan kampanye pemasaran besar-besaran. Tapi berbeda dengan Spider–Gwen dengan tampilannya yang unik membuatnya populer di media sosial. Dibuat oleh penulis Jason Latour dan gambar oleh Robbi Rodriguez merancang Spider-Gwen sebagai pahlawan bertenaga laba-laba lain dalam “Spider-Verse”.

Gwen Stacy Spider-Gwen
via Marvel

Kehadiran Gwen Stacy sebagai pahlawan laba-laba awalnya hanya muncul dalam satu seri saja. Tapi ketika Rodriguez mengunggahnya di media sosial, Spider–Gwen langsung viral. Muncul pertama kali di Edge of Spider-Verse, Gwen Stacy dari Earth-65 digigit laba-laba radioaktif, bukannya Peter Parker. Sedangkan Peter akhirnya menjadi Lizard dan mati dalam pertempuran. Kejadian ini bisa dilihat dari film animasi Into The Spider Verse (2018).

2. Miles Morales (Ultimate Spider-Man)

Semua inkarnasi Spider-Man masih menjadi bagian penting dalam popularitas Marvel, salah satunya Miles Morales. Sedangkan Marvel telah membahas ide Spider-Man berkulit hitam pada tahun 2008 ketika Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat. Namun butuh beberapa tahun ketika Miles Morales diperkenalkan di Ultimate Comics: Fallout #4 Agustus 2011.

BACA JUGA  Prediksi Manhwa Solo Leveling Chapter 82 [Spoiler Alert]

Miles berasal dari Ultimate Universe, dimensi parallel di mana Peter Parker meninggal saat masih remaja. Miles digigit oleh laba-laba yang dimodifikasi secara genetis. Peristiwa Secret Wars 2015 membawa Miles ke dunia utama Marvel Universe dan menjadi pahlawan populer. Dan popularitasnya membawa Spider-Man: Into the Spider-Verse memberikan Oscar bagi Sony dan Marvel serta sekuelnya pada 2021 mendatang.

1. Kamala Khan (Ms. Marvel)

Kamala Khan, alias Ms. Marvel, dibilang sebagai pahlawan baru Marvel terbaik dalam 10 tahun terakhir, Seorang remaja Amerika keturunan Pakistan dari New Jersey, gen Inhuman milik Kamala terpicu ketika Terrigen Mists (kabut Terrigen) dilepaskan ke atmosfer Bumi. Sebagai remaja yang mengidolakan superhero, Kamala menggunakan nama ‘Ms. Marvel” untuk menghormati pahlawannya Carol Danvers, sang Captain Marvel.

Kamala Khan Ms. Marvel karakter baru Marvel
via Marvel

Bisa disamakan dengan Peter Parker di jaman modern yang merepresentasikan kehidupan gadis minoritas di Amerika, Kamala adalah pahlawan Muslim pertama yang mendapatkan serial komiknya sendiri. Volume pertama Ms. Marvel pun memenangkan Hugo Award pada 2015. Tapi belum ada kejelasan tentang kehadiran Kamala di layar lebar. Namun Ms. Marvel akan membintangi serial MCU-nya sendiri dengan serial TV Disney+.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply