Categories
Film News

Sejarah Adam Warlock di Marvel, Dari Anti Hero Hingga Villain

James Gunn mengkonfirmasi kemunculan Adam Warlock pada Guardian of the Galaxy Vol. 3. Sejarah Adam Warlock di Marvel penuh dengan lika liku dengan versi villain-nya, Magus. Superhero yang pernah dianggap sebagai Messiah ini nantinya akan menjadi karakter baru di Marvel Cinematic Universe Phase 4.

Siapa itu Adam Warlock?

Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam adegan post-credit Guardians of the Galaxy Vol. 2. Ketika Ayesha yang diperankan oleh Elizabeth Debicki memperlihatkan makhluk ciptaannya untuk menghancurkan Guardian. Kemunculannya langsung mengindikasikan datangnya Adam Warlock ke dalam MCU.

kekuatan adam warlock
via Marvel Comics

Sejatinya, Adam Warlock adalah salah satu karakter utama dalam lanskap kosmik Marvel. Kekuatan utama yang berbasis energi telah membuatnya menjadi karakter yang harus diperhitungkan. Tapi ketika ia menggunakan Soul Gem, Warlock menjadi salah satu petarung terkuat di alam semesta.

Ia sering menjadi sekutu dari berbagai tim di Marvel, seperti Fantastic Four dan Guardians of the Galaxy. Dengan Soul Gem, ia mengalahkan Thanos ketika Mad Titan memusnahkan setengah populasi semesta dalam versi komik Infinity War.

Adam Warlock dan Thanos
via Marvel Comics

Tapi kehadiran Warlock pertama kali bukanlah sebagai superhero. Ia memiliki sisi gelap yang dikenal sebagai Magus. Sehingga ia kemungkinan besar akan menjadi ancaman, sebelum akhirnya bergabung dengan The World Mightiest Hero. Inilah yang sepertinya akan ditelusuri lebih dalam pada Vol. 3.

Sejarah Adam Warlock di Marvel

Adam Warlock diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Kemunculannya pertama kali terjadi pada Fantastic Four # 66–67 (1967) dan Thor # 163–166 (April–Juli 1969). Namun saat itu, Warlock hanya dikenal sebagai “Him” (dia).

Hingga akhirnya penulis Roy Thomas dan Jim Starlin memperkenalkan sejarah Adam Warlock sebagai alegoris Messiah di Marvel Premiere #1 (April 1972). Di kisah awal ini, Warlock diperlakukan sebagai Sang Penyelamat, dimana Thomas terinspirasi dari musical Jesus Christ Superstar.

Adam Warlock sebagai Magus di Marvel komik
via Marvel Comics

Starlin mengembangkan Warlock dan menghubungkannya dengan Soul Gem. Membangun persaingan berkelanjutan antara Warlock dan Gereja Universal Truth yang fanatik, dipimpin oleh diri Warlock yang gila di masa depan, Magus.

BACA JUGA  Mengapa Marvel Belum Merilis Trailer Spider-Man: No Way Home?

Starlin bahkan membunuh karakter ketika Warlock melakukan perjalanan ke masa depan dan menguras jiwanya sendiri untuk mencegah dirinya berubah menjadi Magus. Namun Warlock akhirnya kembali dengan beberapa inkarnasi Magus juga turut dimunculkan lagi.

Sebelumnya, Warlock mulai diperkenalkan pada Thor: The Dark World (2013). James Gunn menjelaskan bahwa kepompong yang terlihat di piala di ruang The Collector memang menampung tubuh Warlock.

Adam Warlock di Marvel
via Marvel

Ia awalnya direncanakan untuk muncul di Guardians of the Galaxy Vol. 2. Tapi Gunn memilih untuk tidak memasukkannya karena ia menganggap akan ada terlalu banyak karakter dalam satu film. Inilah sebabnya Vol. 2 hanya menggoda karakter ini dalam adegan akhirnya.

Pemilihan Will Poulter

Dilansir dari Dealine, Gunn dan Marvel memulai pencarian panjang untuk peran Warlock pada akhir Agustus lalu. Poulter dan beberapa aktor lain mendapatkan kesempatan casting. Pada akhirnya, mereka sepakat memilih Poulter berkat kualitas aktingnya yang memikat Gunn dan eksekutif Marvel lainnya.

Selamat datang di keluarga Guardians, Will Poulter. Dia aktor yang luar biasa dan pria yang luar biasa. Sampai jumpa dalam beberapa minggu. #AdamWarlock #GotGVol3.”

ungkap James Gunn dalam akun Twitter-nya.
Will Poulter meme "Are You Getting Paid?"
via Warner Bros

Poulter memang bukan nama baru di Hollywood. Ia populer dalam sebuah meme kocak berjudul “Are You Getting Paid? yang masih sering digunakan saat ini. Meme tersebut diambil dari perannya sebagai Kenny dalam We’re the Millers (2013).

Berita ini bahkan memecah internet menjadi dua bagian. Ada yang senang, ada pula yang menduga bahwa karakter ini akan dibuat tidak terlalu serius. Apalagi mengingat Guardian of Galaxy lebih condong pada humor dibandingkan film berat layaknya Captain America atau Iron Man.

Tapi tentu perlu diingat bahwa Marvel dikenal karena memiliki kualitas casting yang sangat mengagumkan. Terlihat dari bagaimana mereka memilih Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, sampai Tom Hiddleston dari aktor kurang terkenal hingga menjadi top A-list Hollywood.

BACA JUGA  Film Indonesia Terbaik di Netflix
Will Poulter dalam Maze Runner
via 20th Century Fox

Poulter memang menjadi tambahan baru yang menarik. Ia sukses memerankan karakter tituler di berbagai film box office. Mulai dari perannya sebagai remaja pemberontak Gally dalam trilogy Maze Runner, desainer video game Colin Ritman dalam Black Mirror: Bandersnatch (2018), dan Mark dalam film horor epik, Midsommar (2019).

Instalasi ketiga dari pasukan antar galaksi ini akan memulai proses pengambilan gambar di Georgia pada bulan November mendatang. Tim Guardian kemungkinan besar akan muncul pada Thor: Love and Thunder yang akan tayang 6 Mei 2022, dengan Guardian of the Galaxy Vol. 3 direncanakan untuk dirilis 5 Mei 2023.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply