Categories
Review Serial TV

Review What If…? Episode 9 (2021): Kesalahan Lama Serial Marvel

Marvel menutup musim pertama What If…? episode 9 melalui ledakan aksi dari awal sampai akhir. Pace yang dibuat cepat menyelesaikan masalah besar yang melanda semesta Marvel, tapi tak mampu mengangkat ekspektasi tinggi yang sudah dibangun dari episode sebelumnya.

Dengan Ultron/Vision mengetahui ada banyak semesta, Uatu sebagai The Watcher akhirnya meminta bantuan Sorcerer Supreme. Ia akhirnya mengumpulkan berbagai superhero dari semesta yang sebelumnya diperkenalkan; Captain Carter, T’Challa Star Lord, Gamora, Black Panther Killmonger, dan Party Thor.

The Watcher
via Disney+

The Watcher dan Strange Supreme lalu menjelaskan misi ‘hidup atau mati’ dari kelompok ini; mengalahkan Ultron dan menghancurkan Infinity Stones untuk mencegah kehancuran alam semesta. Dan pertarungan akhir pun dimulai.

Munculnya Guardian of the Multiverse

Episode final ini turut memperkenalkan kelompok baru yang terbentuk dari berbagai karakter superhero dari beragam semesta yang diberi nama dengan Guardian of the Multiverse. Kelompok orisinil yang sebelumnya tidak pernah tercipta dalam versi komik.

What If episode final
via Disney+

Sebagian besar karakter yang menjadi tokoh utama dari episode sebelumnya dipasangkan dalam satu kelompok super. Dipimpin oleh Sorcerer Supreme dan The Watcher yang menyusun rencana untuk mengalahkan Ultron/Vision.

Ada lebih banyak interaksi antar karakter yang tak kalah menyenangkan dibandingkan versi Avengers dari MCU. Namun yang paling menjadi sorotan tentu saja kombo antara Captain Carter dan Natasha Romanoff, BFF baru yang tak disangka-sangka.

Konflik antara Guardian dan Ultron/Vision menghadirkan adegan aksi yang fantastis, visual mengagumkan, serta sedikit twist yang mungkin sudah bisa ditebak oleh sebagian penonton. Memadatkan cerita penuh aksi dalam durasi 30 menit yang tentu saja terasa kurang.

Natasha Romanoff dan Captain Carter
via Disney+

Fokus pada pertarungan akhir, pace antar plot dan cerita dibuat sangat cepat. Mulai dari bagaimana Uatu mengumpulkan masing-masing superhero hingga pertempuran melawan Ultron/Vision dibuat tanpa menyisakan banyak celah kosong, meski Marvel masih menyisipkan sedikit humor pada beberapa part.

BACA JUGA  Post Credit Black Widow dan Kontinuitas MCU Phase 4

Mengulang kesalahan serial Marvel

Bahkan sejak akhir serial Loki, penonton MCU diperkenalkan dengan ragam semesta lain dengan karakter-karakter baru dari Marvel. Membuka berbagai kemungkinan narasi yang lebih luas, digali lebih dalam melalui serial What If…?, dan mencapai puncaknya pada episode terakhir ini.

“Multiverse, setiap dunia, setiap cerita adalah rumahku. Dan aku akan melindunginya sampai akhir.”

Uatu, The Watcher
Strange Supreme dan The Watcher
via Disney+

Sepanjang episode di musim pertama memperlihatkan ragam narasi menarik yang bisa dikembangkan menjadi film utuh atau serial baru MCU. Semuanya digabungkan dalam What If…? episode 9 yang dibuat lebih menghentak dan fokus pada pertarungan final.

Tapi durasi yang membatasi grand finale di musim pertama ini sayangnya membuat skema pertarungan terasa mudah. Atau apakah kumpulan superhero dari masing-masing semesta sudah cukup kuat sehingga dengan entengnya mampu mengalahkan villain sekuat Uatu?

Ultron/Vision What If episode 9
via Disney+

Padahal episode 8 mempertontonkan bagaimana level kekuatan Ultron/Vision yang bahkan mampu menyudutkan makhluk Celestial, The Watcher. Tingkat kekuatan yang tidak konsisten cukup mengecewakan di pertempuran akhir, bahkan terasa kurang menggigit dibandingkan bentrokan Ultron/Vision dan Uatu.

Guardian of the Universe seakan mudah saja menekan Ultron/Vision. Bahkan tak ada korban jiwa dari sisi Guardian, kecuali ‘pengorbanan’ dari Strange Supreme yang harus menjaga Ultron dan Killmonger dalam kurungan dimensi yang diciptakannya.

Nama Guardian of the Multiverse sendiri tak menutup kemungkinan masih akan dipakai pada iterasi lain dari MCU. Memperlihatkan potensi yang bisa dikembangkan pada film anyar Marvel, Doctor Strange and the Multiverse of Madness yang dipersiapkan untuk tayang pada 2022 mendatang.

What If episode 9
via Disney+

Apalagi What If…? season 2 yang sedang dipersiapkan akan menjadi awal narasi baru yang mencakup lebih banyak kisah di semesta Marvel lainnya. Termasuk bocoran mengenai kisah Shang Chi dan Eternals yang bisa ditemui pada musim kedua.

BACA JUGA  Review Serial Loki Episode 2: Awal Kekacauan Garis Waktu MCU

What If…? episode 9 menjadi penutup penuh aksi dari segala kegilaan semesta alternatif Marvel. Sayangnya serial ini mengulang kesalahan lama yang terjadi pada episode final dari serial Disney+: terhalang terhalang durasi dan ekspektasi tinggi yang dibangun tinggi sejak episode sebelumnya.

Genre: Animasi, Aksi

Sutradara: Bryan Andrews

Penulis Naskah: A.C. Bradley

Pengisi Suara: Jeffrey Wright, Hayley Atwell, Lake Bell, Benedict Cumberbatch, Chadwick Boseman

Rekomendasi TV Series
7/10

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply