Categories
Drakor Review Serial TV

Review Kdrama Jirisan (2021): Seru, Menegangkan, dan Bertabur Bintang

Kdrama Jirisan merupakan proyek serial orisinil terbaru iQiyi yang menggaet berbagai bintang ternama Korea Selatan. Termasuk sutradara Lee Eung-bok dan penulis Kim Eun-hee yang memberikan drama thriller menegangkan dengan berbagai misteri mengenai gunung Jiri yang terkenal.

Drama ini menceritakan tentang Kang Hyun-jo (Joo Ji-hoon) yang baru saja bergabung dengan penjaga hutan atau ranger gunung Jiri. Ia dibimbing oleh Seo Yi-kang (Jun ji-hyun) yang telah lama bergabung sebagai ranger dan banyak mengetahui seluk beluk mengenai gunung tersebut.

kdrama Jirisan
via iQiyi

Yang tidak diketahui oleh Yi-kang, Hyun-jo memiliki kemampuan supranatural yang memberikan semacam penglihatan tentang orang-orang yang tersesat atau meninggal di gunung tersebut. Memudahkannya menemukan orang maupun mayat yang sedang dicari oleh tim ranger.

Hingga pada suatu insiden yang membuat Yi-kang lumpuh dan Hyun-jo terbaring koma di rumah sakit. Tapi di sisi lain, Yi-kang yang kembali ke tim ranger menemukan bahwa ada sesosok makhluk yang membuat tanda yang sama dengan Hyun-jo, menuntunnya mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti gunung tersebut.

Thriller yang menegangkan

Kdrama Jirisan merupakan serial tentang penjaga taman nasional gunung Jiri, atau ranger yang bertugas untuk menyelamatkan pendaki yang tersesat atau meninggal di gunung tersebut. Pasalnya gunung ini merupakan salah satu tempat bagi orang-orang yang ingin bunuh diri. Sehingga tak heran jika ada banyak nuansa mistis yang terungkap dalam drama ini.

Jun ji-hyun dalam Kdrama Jirisan
via iQiyi

Untuk meningkatkan nuansa thriller pada serial ini, Eun-hee menggunakan alur maju mundur; memperlihatkan bagaimana awal mula Hyun-jo masuk sebagai rookie ranger serta bagaimana cara Yi-kang mengungkap misteri tentang insiden yang melibatkannya dan Hyun-jo.

Chemistry Jun ji-hyun dan Ju Ji-hoon yang dinamis didukung oleh aktris muda Go Min-si pemeran Lee Da-won yang sepertinya akan menjadi karakter penting di episode selanjutnya. Begitu pula dengan kombo pendukung Sung Dong-il dan Oh Jung-se yang turut andil memberikan warna berbeda pada serial ini.

BACA JUGA  Review Serial Invincible Season 1 (2021): Animasi Cerah Penuh Darah
Sung Dong-il dan Oh Jung-see
via iQiyi

Banyak kejadian menarik yang terjadi di gunung dan bahkan yang tidak terduga. Misalnya saja di episode kedua, seorang pendaki kehilangan lotre senilai 1,4 miliar won (Rp 16 triliun). Berita tersebar, dan banyak pendaki lainnya yang melanggar batas area terlarang untuk mencari kertas lotre tersebut.

Seputar Gunung Jiri yang misterius

Gunung Jiri atau Jirisan yang menjadi latar drama ini merupakan National Park atau taman nasional pertama yang diresmikan di Korea Selatan pada tahun 1967. Tentunya ada banyak pemandangan menawan dari gunung kedua tertinggi di Negeri Ginseng tersebut, atau gunung tertinggi di pulau utama Korea.

Gianna Jung
via iQiyi

Baru di episode pertama, penonton langsung dihadapkan dengan dinamika yang terjadi di gunung Jiri. Mulai dari bagaimana Yi-kang dan Hyun-jo yang harus menelusuri penjuru gunung untuk mencari seorang anak yang hilang. Tentunya akan ada lebih banyak masalah lainnya yang akan terjadi selama 14 episode ke depan.

Skena gunung yang lepas dan bervariasi bisa dibilang sebagai pemikat tersendiri pada drama ini. Kamu bisa cuci mata dengan lanskap mengagumkan dari gunung Jiri. Mengingat sebagian besar syuting serial ini juga dilakukan di sekitar gunung tersebut.

ji-hoon dalam Kdrama Jirisan
via iQiyi

Drama ini juga tidak lupa menyisipkan kesan haru dan kesedihan yang bisa bikin mewek. Memperlihatkan bagaimana rasanya kehilangan orang-orang yang dicintai akibat tersesat atau hilang ketika sedang melakukan pendakian di dalam gunung Jiri.

Dan seperti drama Korea lainnya, maupun kebanyakan drama berlatar institusi, Jirisan menghadirkan pertentangan antara logika dan perasaan. Ketika nyawa menjadi taruhan, apakah karakter utama akan bertumpu pada logika atau mengikuti kata hatinya.

Siap menghadirkan kejutan

Yang patut menjadi perhatian tentunya penulis naskah Kim Eun Hee yang telah ‘teruji’ dengan drama hit seperti Kingdom yang dirilis Netflix serta drama thriller lainnya, Signal (2016). Bersanding dengan sutradara Lee Eung-bok yang sukses mengepalai Sweet Home (2020), tak heran jika Kdrama Jirisan disebut sebagai salah satu drama paling ditunggu-tunggu tahun ini.

BACA JUGA  Review Serial Warrior Nun (2020): Ditahan-Tahan untuk Musim Kedua
Joo Ji-hoon
via iQiyi

Kombinasi kedua pengarah berbakat ini menawarkan ketegangan yang terasa sejak episode pertama. Tentu saja, tak ubahnya drama Korea lainnya, ending setiap episode memberikan misteri baru untuk ‘menjebak’ rasa penasaran penonton untuk mengikuti episode selanjutnya.

Apalagi di akhir episode kedua, rookie ranger Lee Da Won menemukan sosok berjubah misterius. Apakah makhluk yang ia temui merupakan sosok lain dari Hyun-jo, atau ‘penunggu’ spiritual dari gunung Jiri yang membantu para ranger menemukan orang-orang yang hilang?

Go Min Si sebagai Lee Da-won
via iQiyi

Kdrama Jirisan mampu menggabungkan ragam aksi dan komedi dengan drama thriller yang menegangkan sejak episode pertamanya. Duet penulis dan sutradara ternama membawa rasa penasaran dengan pengambilan latar dan setting waktu dengan alur maju-mundur, mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti kedua tokoh utama.

Popularitas serial ini terlihat pada hastag #Jirisan yang meramaikan media sosial pada waktu penayangannya. Bahkan episode pertama serial Jirisan mendapatkan rating 9.1%, kedua tertinggi di TvN setelah Hospital Playlist 2 (2021). Serial ini bisa kamu nikmati pada hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 WIB pada platform iQiyi.

Genre: Thriller, Drama

Jumlah Episode: 16 Episode

Sutradara: Lee Eung Bok

Penulis: Kim Eun Hee

Pemeran: Jun Ji Hyun, Joo Ji Hoon, Sung Dong Il, Oh Jung Se

Rekomendasi Kdrama
7/10

Summary

Serial Jirisan mampu menggabungkan ragam aksi dan komedi dengan drama thriller yang menegangkan sejak episode pertamanya. Duet penulis dan sutradara ternama membawa rasa penasaran dengan pengambilan latar dan setting waktu dengan alur maju-mundur, mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti kedua tokoh utama.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply