Review Film Unstoppable (2018) – Taken Versi Korea

review film seongnan hwangso

Film penculikan yang mengangkat cerita “don’t mess with the wrong guy” selalu menarik karena menyuguhkan sajian aksi yang kasar, emosional dan memuaskan ketika tokoh utama berhasil menghukum para penjahat.  Film Korea Unstoppable atau Seongnan hwangso juga mengangkat cerita serupa.

Hanya saja film yang disutradarai dan ditulis oleh Kim Min-Ho ini tidak menampilkan sajian aksi seperti senior-seniornya atau seperti yang tergambar di judulnya. Alih-alih menyajikan adegan aksi tanpa henti, film Unstoppable lebih sering istirahat di tengah jalan yang kerap menurunkan tensi yang telah dibangun.

Don-Chul (Ma Dong-seuk) dan Ji-Soo (Song Ji-hyo) adalah sepasang suami istri yang hidup bahagia walaupun memiliki masalah ekonomi. Suatu hari Ji-Soo diculik oleh sekelompok orang tak dikenal. Don-Chul yang berbadan besar namun berhati lembut bersama teman-temannya berusaha mencari istrinya dengan pantang menyerah walaupun harus melawan organisasi kejahatan yang berbahaya.

ulasan bahasa indonesia film korea unstoppable 2018
via IMDB

Film Unstoppable cukup efektif dalam menyajikan cerita “jangan mengganggu orang yang salah.” Adegan-adegan ketika tokoh utama kita, Dong-Chul, meledak dan memberikan balasan yang pantas kepada para penjahat dengan tinjunya yang berat ditampilkan memuaskan secara emosi.

Hanya saja, film ini tidak memenuhi ekspektasi yang tercipta dari judulnya. Memang Dong-Chul pantang menyerah dan tidak berhenti sebelum berhasil menyelamatkan Ji-Soo yang diculik. Tapi, judulnya yang memberikan harapan kalau film ini akan memberikan sajian aksi “tanpa henti” agak menipu.

Film Unstoppable memiliki banyak adegan “berhenti” yang merusak pace. Beberapa adegan tersebut terasa terlalu panjang atau memiliki pace yang lambat. Kerap menurunkan secara drastis tensi yg telah dibangun. Walaupun begitu, ada juga beberapa adegan ini yang berhasil menjadi pelengkap lewat humor yang lucu dari duo badut Kwon dan Chun-Sik yang diperankan oleh Park Ji-hwan dan Kim Min-jae.

review film unstoppable 2018 bahasa indonesia
Dong-Chul, Kwon dan Chun-Sik, Via IMDB

Selain itu, film ini juga seperti versi jinaknya film-film serupa. Adegan aksi yang eksplosif dari Ma-Dong Seuk (Train to Busan) yang seperti The Rock-nya Korea ini memang memuaskan secara emosi, tapi tanggung dan kurang kasar. Para penjahat menyebalkan dalam film ini pantas mendapatkan hukuman yang lebih.

“Ketanggungan” ini seperti mengingatkan kalau film Unstoppable adalah film “don’t mess with the wrong guy” yang lebih manusiawi dan realistis. Tidak semua orang bisa berubah menjadi outlaw seperti Brian Mills (Liam Neeson) di Taken atau Cha Tae-Sik (Won Bin) di The Man from Nowhere yang tanpa henti dan dengan mudah membunuh semua lawan.

Karenanya, film ini mungkin akan agak mengecewakan bagi yang menunggu sajian aksi ala Taken, Equalizer, John Wick, atau The Man from Nowhere.

Tapi tetap, film Unstoppable adalah film yang cukup menghibur.

review film unstoppable korea
Kim Seong-Oh sebagai Ki-Tae, Via IMDB

Kim Seong-oh yang memerankan Ki-Tae, kepala sindikat perdagangan manusia yang keji, bersinar lewat penampilannya yang apik. Ia sukses menjadi penjahat yang menyebalkan baik dari segi karakter maupun tindakan. Membuat kita geram dan tidak sabar agar “pembalasan” segera datang kepadanya.

Penampilan Song Ji-Hyo sebagai Ji-Soo juga sukses menaikkan risiko penculikan yang dihadapinya. Bahaya yang mengancam keselamatannya sangat terasa menjadikan adegan-adegan yang melibatkan bintang Running Man ini menjadi cukup emosional.

ulasan film seongnan hwangso 2018
Song Ji-Hyo sebagai Ji-Soo, Via IMDB

Memang film Unstoppable kurang dari segi aksi jika dibandingkan dengan film-film di genrenya, tapi film ini memiliki kelebihan dalam memainkan emosi penonton berkat karakter-karakternya yang menarik simpati.

Dari segi isu yang diangkat, layaknya film-film Korea yang lain, film ini sukses menggambarkan betapa gelap dan kejamnya penculikan dan perdagangan manusia yang dilakukan organisasi kriminal bawah tanah di Korea. Terlepas apakah dibuat berdasarkan fakta atau tidak, film ini berhasil membuat kita was-was akan ancaman mereka.

Film Unstoppable adalah film yang cukup menghibur. Walaupun adegan aksinya tidak seintens film-film bergenre sama, film ini tetap berhasil memuaskan secara emosi ketika pahlawan kita menghajar para penjahat.

Rating: 3/5


Genre: Action, Crime 

Sutradara: Kim Min-Ho

Penulis: Kim Min-Ho

Bintang: Dong-seok MaJi-Hyo SongSeong-oh Kim

Review Overview
  • Rating Film
3

Kesimpulan

Secara mengejutkan film Unstoppable tidak menampilkan adegan aksi tanpa henti seperti yang tercermin di judulnya. Walaupun begitu, film ini tetap menghibur dan cukup berhasil menampilkan adegan aksi yang memuaskan secara emosi.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.