fbpx

Review Serial Sex Education (2019) – Blakblakan, Lucu, dan Relevan

serial sex education netflix

Netflix kembali merilis satu lagi serial orisinal terbaiknya yang berjudul Sex Education. Serial yang diciptakan oleh Laurie Nunn ini segar karena menampilkan para remaja dengan segala permasalahannya mulai dari persahabatan, percintaan, keluarga, dan tentu saja seks dengan cara yang manis, blakblakan dan tidak klise seperti drama komedi coming of age kebanyakan.

Serial Sex Education bercerita tentang Otis (Asa Buterfield), remaja 16 tahun yang terlambat berkembang dan tidak begitu tertarik dengan seks berbeda dari remaja seumurannya. Walaupun begitu, ia memiliki pengetahuan yang banyak tentang perkara seksual karena ibunya (Gillian Anderson) adalah seorang psikolog seks. Teman satu sekolahnya, Maeve (Emma Macky) melihat pengetahuan Otis sebagai sebuah prospek menjanjikan dan mereka pun membuat sebuah klinik seks berbayar untuk membantu anak-anak di sekolah mereka dengan segala macam masalah seksualnya.

ulasan tv series sex education
Otis (Asa Butterfield) dan Jean (Gillian Anderson), Via IMDB

Episode 1 Sex Education langsung menampilkan adegan ranjang yang cukup ekplisit. Ini sempat memberikan kesan kalau serial ini akan menggunakan pendekatan yang sama tentang remaja dan seks layaknya film-film seperti American Pie dan sejenisnya.

Tapi ternyata tidak, Sex Education malah tidak mengikuti elemen-elemen khas film-film tersebut. Penggambaran karakter seperti geng terpopuler atau bully tidak klise. Mereka tidak selalu diperkenalkan sebagai atlit atau berjalan di koridor dengan slow-motion.

Remaja yang digandrungi wanita karena hebat seks juga tidak terlalu ditonjolkan. Dan tidak semua remaja virgin terburu-buru untuk mencari pacar atau melakukan hubungan seks sebelum mereka tamat. Serial ini memberikan kesan menjadi populer, tidak populer, aneh, canggung, dan sebagainya di masa remaja adalah hal yang biasa.

review sex education bahasa indonesia
Eric dan Otis, Via IMDB

Asyiknya lagi, tidak ada karakter yang benar-benar jahat di sini. Karakter bully ditampilkan sebagai anak SMA yang kampungan dan bodoh. Tapi, karakternya cukup menarik karena memiliki permasalahan rumit yang mengundang simpati.

Serial Sex Education lebih menonjolkan apa yang dialami para remaja Inggris (terutama dalam film ini) semasa sekolah dengan jujur tanpa pemanis seperti cerita fiksi kebanyakan. Mulai dari hubungan seks, orientasi seksual, persahabatan hingga masalah keluarga ditampilkan dengan sangat blakblakan dan canggung layaknya kelas pendidikan seks namun juga lucu, manis serta menyentuh.

Asa Butterfield (Ender’s Game, The Boy in the Striped Pyjamas) sangat cocok menjadi tokoh utama yang canggung dan tidak populer. Pengetahuannya yang luas dan karakternya yang baik hati dan bijak membuatnya lebih keren dari karakter remaja populer di serial ini.

ulasan indonesia sex education
Emma Macky sebagai Maeve, Via IMDB

Di sisi lain, Emma Macky yang mirip dengan Margot Robbie bermain apik sebagai Maeve, remaja outcast yang dicap murahan. Namun kecerdasannya dan juga minatnya pada ide-ide feminis menjadikannya tidak sekadar pemeran pendukung atau love-interest.

Serial Sex Education mengangkat isu yang relevan dengan zaman sekarang

Sex Education berseting di kota kecil di Inggris yang terkesan retro lewat kostum, kendaraan dan soundtrack-nya. Namun, serial ini berlatar di zaman sekarang dan tidak selalu fokus pada klinik seks berbayar milik Otis dan Maeve. Serial ini memberikan porsi yang pas untuk membahas para karakter pendukung dengan segala permasalahan mereka.

Setiap permasalahan masing-masing karakter mengangkat isu kekinian dan relevan tentang bagaimana remaja mencari jati dirinya (terutama Eric yang diperankan oleh Ncuti Gatwa) dan bagaimana lingkungan melihat hal itu, baik itu dari dari segi pendidikan, hobi, atau orientasi seksual.

Serial orisinal Netflix ini sangat cocok untuk di-binge karena ringan dan sangat menghibur. Dengan akhir yang belum konklusif, mari berharap Sex Education akan mendapatkan season keduanya.

Rating: 4/5

Genre: Drama, Comedy, Romance

Episode: 8 episode

Creator: Laurie Nunn

Bintang: Gillian AndersonAsa ButterfieldEmma Mackey, Ncuti Gatwa

Review Overview
  • Rating Serial
4

Kesimpulan

Serial Sex Education terasa segar karena menyajikan kisah drama komedi romantis tentang remaja dan seks dengan cara yang berbeda. Serial ini menampilkan permasalahan masa kini yang dialami remaja semasa sekolah mulai dari persahabatan, keluarga hingga seksual dengan blakblakan, tidak klise, dan lucu.

Sending
User Review
4 (1 vote)

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.