Review Film The Old Guard (2020): (Calon) Waralaba Baru Netflix

Siapa bilang hidup abadi itu menyenangkan?

cover film The Old Guard

Layaknya Black Panther (2018) yang dipahat oleh Ryan Coogler, Gina Prince-Bythewood memperkenalkan film The Old Guard dengan gayanya sendiri. Sutradara “Love and Basketball” ini membawa dunia superhero Netflix terbaru dengan lebih emosional. Ditambah cerita yang apik diselingi adegan aksi yang menegangkan bisa menjadi awal dari waralaba terbaru Netflix.

Film The Old Guard menceritakan tentang sekelompok tentara bayaran yang sering menerima tugas untuk membunuh. Bedanya, mereka merupakan bagian dari orang-orang terpilih yang tidak bisa mati. Asal mula kekuatan ini masih belum dijelaskan. Namun mereka bisa merasakan satu sama lain di dalam mimpi.

pemeran film The Old Guard
via Netflix

Kelompok ini dipimpin oleh Andy (Charlize Theron), manusia abadi yang telah hidup lebih dari ratusan tahun. Andy dan kelompoknya menemukan manusia abadi baru, Nile (Kiki Layne) dan mengajaknya ke dalam kelompoknya. Di saat yang bersamaan, ada organisasi yang mengetahui kemampuan Andy dan ingin menangkapnya untuk dijadikan bahan percobaan.

Berbasis novel grafis superhero

Bahkan ketika premis yang ditawarkan terdengar familiar, Prince-Bythewood selaku sutradara berhasil menghadirkan energi dari genre aksi dengan pemain yang beragam, kisah yang padat dipenuhi adegan pertarungan yang apik. Membuatnya terasa layaknya film aksi superhero, tapi lebih realistis.

Charlize Theron memegang senjata
via Netflix

Mengisi kekosongan film aksi pertengahan tahun ini, film ini cukup menegangkan dengan aksi yang menwan. Meski belum bisa mengalahkan adrenalin milik film Netflix lainnya, Extraction (2020). Pengembangan plot dan cerita terasa dinamis. Dimana film ini juga memasukkan momen yang menyentuh diantara adegan aksinya.

Charlize Theron memang jagonya untuk film aksi. Mulai dari Mad Max: Fury Road (2015), Atomic Blonde (2017), serta waralaba Fast & Furious menjadikannya salah satu aktris aksi papan atas tidak hanya untuk film drama tapi juga aksi di Hollywood saat ini. Theron menghadirkan karakter Andy yang lebih emosional namun tetap tegas sebagai pemimpin.

Charlize Theron dalam film The Old Guard
via Netflix

Pemeran lain pun tak kalah menarik. Diversity atau keberagaman yang digaungkan Hollywood bisa dirasakan di film ini: wanita di film aksi hingga berbagai karakter minoritas. Tambahan Nile menawarkan plot yang lebih dinamis. Meski masih banyak yang masih bisa digali dari karakternya.

Siap jadi waralaba baru

The Old Guard dialihwahana dari seri novel grafis berjudul sama karya Greg Rucka. Rucka yang pernah menulis seri Wonder Woman turut menjabat sebagai penulis naskah. Membuat versi filmnya terasa seperti edisi yang lebih padu dari seri mitologi komiknya.

Andy dan Nile dalam film The Old Guard
via Netflix

Lain dari pakem film aksi lainnya, ada banyak hal baru yang dihadirkan dalam film ini. Seperti sosok pemimpin dan mentor wanita, serta beragam identitas karakter di dalam cerita. Sedangkan cerita terus bergerak maju, diselingi pertarungan untuk menghindarkan penonton dari rasa bosan dengan narasi.

Susah memang mengadaptasi seri komik yang luas ke dalam film berdurasi 2 jam. Banyak adegan seperti dipotong dan perkembangan cerita yang terlalu cepat. Tapi Prince-Bythewood dan sinematografer Barry Ackroyd dan Tami Reiker memperlihatkan adegan aksi dengan lugas, tapi tidak membingungkan.

Charlize Theron dan Matthias Schoenaerts
via Netflix

Di akhir, masih banyak hal yang belum terjelaskan beserta cliffhanger sebagai jembatan untuk film kedua. Layaknya produksi Netflix lainnya, The Old Guard sepertinya dipersiapkan untuk menjadi waralaba superhero terbaru Netflix. Ada twist menarik yang terlihat pada adegan post credit.

Film The Old Guard bisa menjadi satu di antara pilihan film aksi yang meluncur di musim panas tahun ini. Film tentang pasukan tentara bayaran yang sudah usang hadir dengan berbagai penyegaran dari segi cerita, karakter, serta tema yang memperlihatkan sisi humanis dari mereka yang hidup abadi: keabadian seringkali menyiksa.

Rating: 7/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Gina Prince-Bythewood

Penulis Naskah: Greg Rucka

Pemeran: Charlize TheronKiKi LayneMatthias Schoenaerts, Marwan Kenzari

Review Film
  • 7/10
    Film Oke - 7/10
7/10

Summary

Film The Old Guard bisa menjadi satu diantara pilihan film aksi yang meluncur di musim panas tahun ini. Film tentang pasukan tentara bayaran yang sudah usang hadir dengan berbagai penyegaran dari segi cerita, karakter, serta tema yang memperlihatkan sisi humanis dari mereka yang hidup abadi: keabadian seringkali menyiksa.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.