5 Tips Memilih Makanan untuk Binge Watching Serial Favorit Kamu!

Siap-siap nonton sambil ngemil!

makanan Andrew Wong via Unsplash

Binge watching atau menonton maraton menjadi pilihan paling menyenangkan untuk mengurangi kebosanan ketika harus #DirumahAja. Dan binge watching kurang seru tanpa ngemil. Bagi kamu yang ingin memilih makanan untuk binge watching, berikut beberapa tips dari Mariviu yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Rencanakan apa yang ingin dimakan

Dilansir dari Cleveland Clinic, Psikolog Dr. Scot Bea menyarankan untuk membatasi menatap layar tidak lebih dari tiga jam. “Sulit untuk menarik diri. Jadi rencanakan (binge-watching) sebelum kamu memulainya,” jelas Bea. Selain memperhatikan waktu menonton, pastikan juga kamu terlebih dahulu memilih kudapan untuk binge watching.

just one more episode

Masalah yang sering ditemui adalah menyeimbangkan makanan dengan episode yang ingin ditonton. Saking serunya, episode demi episode berlanjut hingga pagi menjelang. Karena itu, kamu bisa memilih makanan yang sesuai dengan waktu kamu menonton.

2. Hindari junk food

makanan untuk binge wacthing

Healthy WA mengkategorikan junk food sebagai minuman rendah nutrisi namun tinggi lemak dan gula. Fast food berbeda dengan junk food: burger dan pizza bisa dibilang fast food tapi belum bisa disebut junk food. Semuanya tergantung bahan, jumlah kalori dan proses pembuatannya.

3. Jauhi karbohidrat simpel

popcorn makanan untuk binge watching

Karbohidrat simpel menghasilkan lonjakan glukosa darah dan mengenyangkan dalam waktu singkat. Keripik kentang dan es krim termasuk karbohidrat simpel. Kamu bisa memilih karbohidrat kompleks yang lebih mengenyangkan (contohnya serat, seperti roti atau popcorn) dan digabungkan dengan protein atau sumber lemak sehat.

4. Pilih mini snack

Hindari memakan makanan besar dalam jumlah besar ketika sedang binge watching. Hindari ngemil dengan memastikan tidak menonton saat lapar. “Jika kamu menonton TV di malam hari, pastikan kamu makan terlebih dahulu untuk mencegah ngemil sepanjang acara,” jelas Ahli Gizi Consumer Reports, Amy Keating, R.D.

Ada banyak pilihan makanan ringan untuk menemani binge watching. Bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek, kamu bisa memesan Holychicks!. Chicken wings dengan rasa yang nendang dan bisa menemani kamu menonton serial favorit kamu. Bagi kamu yang berdomisili di Kelapa Gading, Holychicks menyediakan gratis ongkir ke tempat kamu.

Kamu bisa pesan Holychicks! di sini.

5. Jangan lupa: minum air!

Haus dan lapar bisa membingungkan. Terlebih ketika otak fokus pada serial yang sedang kamu tonton. Tubuh akan berinteraksi dan merasa lebih kenyang setelah meminum air. Pastikan untuk selalu terhidrasi, terlebih ketika menonton di malam hari atau dalam waktu yang cukup lama.

sparkling water

Sediakan air minum. Atau lebih baik lagi, kamu bisa menyediakan air es dengan irisan lemon atau jeruk. Air mengandung nol kalori. Sementara sekaleng cola mengandung 140 kalori dan 39 gram gula, setara dengan sembilan sendok teh gula. Hati-hati diabetes, guys.

Selain memilih makanan untuk binge watching, jangan lupa juga tidur yang cukup. Kurangnya waktu tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan dan menjadi salah satu faktor obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa waktu tidur yang sedikit akan membuat kamu lebih mudah lapar dan memakan lebih banyak makanan!

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.