Rekomendasi Film Korea Peraih Penghargaan Internasional

Dari penghargaan internasyenel hingga titel tertinggi perfilman dunia.

film korea peraih penghargaan internasional

Tidak hanya K-pop yang berhasil menyita perhatian dunia, tapi beberapa film Korea pun sukses besar di mancanegara hingga di Hollywood. Baik sebagai nominator atau menerima penghargaan sebagai pemenang dari nominasi bergengsi di festival film internasional. Berikut adalah rekomendasi film Korea peraih penghargaan internasional versi Mariviu:

1. Joint Security Area (2000)

Genre: Drama, Perang
Sutradara: Park Chan-wook
Pemeran:  Lee Young-ae, Lee Byung-hun, dan Song Kang-ho

Joint Security Area diangkat dari novel berjudul DMZ karya Park Sang-yeon. Thriller misteri ini menceritakan investigasi atas insiden penembakan di Zona Demiliterisasi Korea. Misteri apa yang akan terkuak di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara dengan penjagaan super ketat ini?

Joint Security Area disutradari oleh Park Chan-wook (Stoker, The Handmaiden). Selain bersinar di kancah Asia, film ini juga berhasil merajai sejumlah ajang penghargaan internasional. Antara lain Deauville Asian Film Festival, Seattle International Film Festival, dan Berlin International Film Festival.

2. Chwi-hwa-seon / Painted Fire (2002)

Genre: Drama, Sejarah
Sutradara: Im Kwon-taek
Pemeran: Choi Min-sik, Ahn Sung-ki, Yoo Ho-jeong

Chwi-hwa-seon (juga disebut sebagai Painted Fire atau Strokes of Fire) adalah sebuah drama sejarah. Film ini menceritakan sosok Jang Seung-eop yang dikenal dengan nama pena Owon, seorang seniman dari abad 19 yang mengubah dunia seni Korea.

Saking kerennya, film ini berhasil membawa pulang gelar Sutradara Terbaik dari Cannes Film Festival 2002. Painted Fire juga menjuarai Grand Prix Belgian Syndicate of Cinema Critics 2003.

3. Oldboy (2003)

Genre: Aksi, Misteri
Sutradara: Park Chan-wook
Pemeran: Choi Min-sik, Yoo Ji-tae, Kang Hye-jung

Film Korea peraih penghargaan internasional selanjutnya adalah Oldboy, salah satu film thriller yang berpengaruh di industri perfilman Korea Selatan dalam dua puluh tahun terakhir. Film ini menceritakan Oh Dae-su yang berusaha mengungkap misteri di balik penculikan dirinya selama 15 tahun.

via gamezone.co.id

Tak main-main, Oldboy berhasil menyabet gelar juara Grand Prix Cannes Film Festival 2004. Film ini juga berjaya di Austin Film Critics Association, Belgian Film Critics Association, British Independent Film Awards, Sitges Film Festival, dan Stockholm International Film Festival.

BACA JUGA  Joaquin Phoenix dan Todd Phillips Jelaskan Adegan Film Joker di Akhir

Selain kemenangan tersebut, Oldboy juga mengantongi belasan nominasi internasional. Kesuksesan film ini juga membuatnya diadaptasi oleh Hollywood. Namun, seperti yang sudah-sudah, adaptasi Hollywood ini justru dinilai melempem dan gagal mencapai kesuksesan yang sama.

4. The Host (2006)

Genre: Aksi, Horror
Sutradara: Bong Joon-ho
Pemeran: Song Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona

Siapa bilang film horor monster gak bisa bermutu dan menang penghargaan. The Host besutan Bong Joon-ho membuktikan sebaliknya. Film ini menceritakan perjuangan sebuah keluarga untuk menemukan putri mereka yang dirampas oleh monster Sungai Han.

via medium.com

Tidak hanya menceritakan soal keluarga, The Host juga menyindir soal pemerintah dan pencemaran lingkungan. Film ini mendapat sambutan meriah saat diputar di Cannes Film Festival 2006.

Selain menyapu gelar juara di berbagai ajang penghargaan dalam negeri, The Host juga meraih penghargaan di Asia Pacific Film Festival dan Asian Film Awards. Film ini juga mengantungi nominasi dari Hong Kong Film Awards, Saturn Awards, dan Belgian Syndicate of Cinema Critics.

5. Mother (2009)

Genre: Thriller, Drama
Sutradara: Bong Joon-ho
Pemeran: Kim Hye-ja, Won Bin

Satu lagi karya emas Bong Joon-ho. Mother merupakan drama thriller tentang ibu yang berusaha membuktikan bahwa putranya tak bersalah atas tuduhan pembunuhan terhadap seorang gadis remaja.

via justwatch.com

Film ini berhasil berjaya di Dubai International Film Festival, Boston Society of Film Critics Awards, Toronto Film Critics Association Awards, Los Angeles Film Critics Association Awards, Munich International Film festival, dan masih banyak lagi!

6. Pietà (2012)

Genre: Drama Thriller
Sutradara: Kim Ki-duk
Pemeran: Lee Jung-jin, Jo Min-su

Pietà merupakan karya ke-18 sutradara beken Kim Ki-duk yang sukses mengundang pujian maupun kontroversi. Film drama thriller ini menceritakan berubahnya kehidupan Kang-do, seorang lintah darat, sejak seorang wanita paruh baya hadir dan mengaku sebagai ibunya.

BACA JUGA  Review Film The Lion King (2019): Nostalgia Berujung Kecewa?
via imdb.com

Film yang mendapat sorotan karena muatan seks dan kekerasannya ini berhasil bersinar di Venice International Film Festival, Asia Pacific Screen Awards, Satellite Awards, dan Dubai International Film Festival.

7. A Taxi Driver (2017)

Genre: Sejarah, aksi
Sutradara: Jang Hoon
Pemeran: Song Kang-ho, Thomas Kretschmann

A Taxi Driver merupakan sebuah film tentang Pergerakan Demokratisasi Gwangju di tahun 1980. Song Kang Ho lagi-lagi jadi pemeran utama di film yang menuai pujian ini. Ia memerankan sosok Kim Man-seob, seorang sopir Taxi yang mengantarkan jurnalis Jürgen Hinzpeter dalam sebuah misi bunuh diri. Berdua, mereka masuk dan terjebak di Gwangju yang tengah bergejolak pada tahun 1980.

via asianwiki.com

Film ini mendapat penghargaan dari Asian World Film Festival, Asian Film Awards, dan terpilih sebagai perwakilan Korea Selatan untuk kategori Film Asing Terbaik di Piala Oscar 2017. Namun, tidak berhasil masuk sebagai nominasi akhir. Meski begitu, film ini telah berhasil mencicipi kesuksesan komersial luar biasa dengan menempati posisi 11 di rangking film Korea Selatan terlaris sepanjang masa.

8. Parasite (2019)

Genre: Komedi, Drama, Thriller
Sutradara: Bong Joon-ho
Pemeran: Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik

Yang paling segar dan membanggakan tentu saja Parasite, karya terbaru Bong Joon Ho. Film ini tak hanya berhasil menaklukkan Palme d’Or dari Cannes Film Festival, tetapi juga Golden Globe Awards, dan Academy Awards alias Piala Oscars 2020! Parasite berhasil mencetak sejarah baru sebagai film berbahasa non Inggris dan berasal dari Asia pertama yang memenangkan gelar film terbaik dari Piala Oscars.

via twitter.com

Film komedi berbumbu thriller ini sarat akan makna terpendam dan kritik sosial. Selain tiga ajang paling bergengsi di atas, Parasite juga berjaya di Toronto International Film Festival, Sydney Film Festival, Screen Actors Guild Awards, Hollywood Film Awards dan masih banyak lagi! Mariviu juga memasukkan Parasite ke dalam dafter film terbaik satu dekade terakhir.

BACA JUGA  Having a Bad Day? 10 Film Terbaik untuk Jiwa-Jiwa yang Butuh Kehangatan

Demikianlah daftar Rekomendasi Film Korea Peraih Penghargaan Internasional yang dapat saya berikan. Terima kasih.

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam