10 Rekomendasi Anime Summer 2020 Terbaik dari Mariviu

Musim panas penuh anime-anime seru!

summer in Japan photo by Richard n Unsplash

Di bulan Juli ini, penikmat anime bakal disuguhkan dengan anime Summer 2020 sampai tiga bulan ke depan. Sayangnya, beberapa anime mengalami penundaan karena pandemik Covid-19 yang masih berlangsung. Tapi ada banyak pilihan anime lainnya yang bisa kamu tonton di bulan ini.

1. Deca-Dence

Anime ini merupakan serial terbaru dari sutradara Mop Psycho 100, Yuzuru Tachikawa. Berlatar dalam dunia paska-apokalips dimana manusia tinggal di dalam sebuah benteng bergerak bernama Deca-Dence. Benteng ini dibuat untuk melindungi manusia dari kehidupan yang hampir memusnahkan seluruh manusia bernama Gadoll.

Anime ini merupakan karya orisinil dari NUT Studio, studio baru yang pernah memproduksi Yojo Senki: Saga of Tanya the Evol dan FLCL Alternative. Sekilas premis yang diberikan hampir sama dengan Attack on Titan. Dari trailer yang dirilis, gambar dan aksi yang memukau membuat anime ini menjadi rekomendasi Mariviu tahun ini.

2. Fire Force Season 2

Dikenal juga dengan nama En En no Shōbōtai mendapatkan musim kedua setelah popularitas yang meningkat di musim pertama tahun lalu. Ceritanya masih menarik untuk diikuti. Mengingat manganya sendiri dibuat oleh pencipta Soul Eater, Atsushi Ōkubo.

Musim kedua akan melanjutkan cerita Shinra Kasukabe sebagai generasi ketiga pengendali api bersama pasukan Fire Force Company 8 dalam mencari tahu penyebab orang-orang berubah menjadi Manusia Api. Selain itu, Shinra juga mengetahui tentang sang adik yang bergabung dengan organisasi White Cloaks.

3. Gibiate

Gabungan fantasi, historical, dan fiksi ilmiah, Anime ini bercerita di Jepang pada tahun 2030 dimana sebuah pandemik virus mengubah orang-orang menjadi monster. Seorang ninja dan samurai datang dari periode Edo, membasmi monster, dan membantu seorang dokter menemukan obatnya.

BACA JUGA  12 Film Indonesia yang Diadapatasi dari Novel

Premis yang sesuai dengan kondisi saat ini. Terlebih dengan desain karakter dari Yoshitaka Amano yang dikenal setelah menggambar karakter dari seri Final Fantasy. Desain karakter Amano memiliki keunikan tersendiri dalam hal gayanya yang berbeda dibandingkan desainer lainnya.

4. Great Pretender

Jika kamu ingin mencari anime dengan gaya yang berbeda serta gabungan aksi tipu-tipu dan komedi, anime ini bisa menjadi pilihan. Menceritakan tentang sekumpulan penipu yang dipimpin oleh Laurent Thierry serta cara unik yang mereka lakukan untuk mengecoh sasarannya.

Anime ini bukannya hasil alihwahana dari manga. Great Pretender merupakan karya orisinil dari Wit Studio, studio animasi yang berada di belakang Attack on Titan. Disutradarai oleh Hiro Kaburagi dengan naskah dari Ryota Kosawa, anime ini sudah lebih dulu ditayangkan di Netflix dengan lagu ending The Great Pretender yang dinyanyikan Freddie Mercury.

5. Haikyuu!! To the Top Part 2

Anime dengan tema bola voli ini secara keseluruhan memiliki premis yang hampir sama dengan anime bergenre olahraga lainnya. Tapi Haikyuu!! memiliki gambar yang halus serta animasi yang mengalir. Menjadikannya sebagai salah satu anime yang patut ditunggu setiap tahunnya.

Musim terbaru (kemungkinan menjadi yang terakhir, hiks!) ini akan mengikuti Hinata dan tim bola voli Karasuno melalui kejuaraan nasional bola voli di Jepang. Tidak hanya pertandingan yang mengasyikkan, serial yang sudah diadaptasi dalam 85 episode ini menghadirkan cerita yang menarik dari masing-masing karakter.

6. Japan Sinks: 2020

Hanya menggarap satu produksi setiap tahunnya, sutradara Masaaki Yuasa bekerja sama dengan Netflix menghadirkan Japan Sinks: 2020. Sutradara yang dikenal dalam film gabungan slice of life dan fantasi seperti Ride Your Wave (2019) dan Eizouken ni wa Te wo Dasu Na (2020) menghadirkan cerita epik dengan gambar yang tegas.

BACA JUGA  10 Film Terbaik Keanu Reeves, Fans Wajib Nonton!

Anime ini diambil dari sebuah novel berjudul Japan Sinks karya Sakyo Komatsu yang terbit 1973 silam. Seperti judulnya, film ini akan menceritakan gempa dan tsunami besar yang melanda Jepang. Karakter utamanya adalah seorang siswi sekolah menengah yang bertahan hidup dari bencana tersebut.

7. My Youth Romantic Comedy SNAFU

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru atau biasa disingkat menjadi OreGairu kembali hadir dengan musim ketiga. Musim ketiga dari anime romantis yang ditunggu-tunggu sejak 5 tahun silam akan menjadi akhir untuk kisah antara Yui, Yukino, dan Haciman.

anime summer 2020 terbaik
via Sentai Filmworks

Diadaptasi dari light novel karya Wataru Watari dan gambar oleh Ponkan8 ini memiliki perjalanan panjang sebelum memasuki musim ketiga. Dengan musim pertama tayang tahun 2013 dan musim kedua pada 2015, bahkan serial ini mendapatkan versi game yang dirilis 2016 lalu. Di Jepang, popularitasnya sebagai anime Summer 2020 hanya dikalahkan oleh Re: Zero.

8. Ochikobore Fruit Tart

Bosan dengan aksi dan pertarungan yang seperti tak ada habisnya? Kamu bisa menantikan anime terbaru berjudul Ochikobore Fruit Tart. Anime bergenre komedi ini dialihwahana dari manga empat panel karya Sō Hamayumiba yang berisikan lelucon tentang dunia idol di Jepang.

Anime ini menceritakan tentang gadis-gadis yang tinggal di asrama Rat Production yang ingin menjadi idol. Ketika asrama mereka terancam dibongkar, mereka mendapatkan seorang manajer untuk membantu mereka menghasilkan uang dan menyelamatkan tempat tinggal mereka.

9. Re: Zero: Starling Life in Another World

Re: Zero bisa dibilang sebagai salah satu serial isekai dengan tema psikologi yang populer saat ini. Serial ini mengisahkan tentang Subaro yang diteleportasi ke dunia lain dengan kemampuan kembali dari kematian. Dan menariknya, hanya dia yang bisa mengingat apa yang terjadi sebelumnya.

BACA JUGA  A Book for Your Shelf: Seri Novel Harry Potter - Dunia Sihir untuk Anak
anime summer 2020 terbaik Re: Zero Starting Life in Another World
via White Fox

Serial ini kembali ke musim kedua setelah OVA Memory Snow dan Director’s Cut musim pertama. Awalnya Re: Zero dipersiapkan untuk rilis pada bulan April, sebelum penayangannya ditunda hingga Juli ini. Musim kedua akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian kedua akan tayang pada Januari 2021 mendatang.

10. The God of High School

Crunchyroll yang dikenal sebagai layanan untuk streaming anime meluncurkan anime orisinilnya sendiri untuk anime Summer 2020. Dialihwahanakan dari sebuah komik web asal Korea Selatan, The God of High School fokus pada perjalanan Jin Mo-Ri, seorang ahli bela diri yang mengikuti turnamen bela diri yang disebut… The God of High School.

Bukan hanya tentang kekuatan dan gaya bertarung yang unik, setiap petarung memiliki kekuatan yang disebut dengan “Borrowed Power”, sebuah energi mistis yang datang dari kekuatan supranatural. Dan tentu saja anime ini dipastikan menghadirkan pertarungan yang apik serta gambar yang memukau.

Beberapa anime, seperti Haikyuu!!, mengalami penundaan karena pandemik Covid-19. Namun tentang saja, masih banyak anime Summer 2020 yang akan menemani kamu dari Juli hingga September nanti. Mana yang paling kamu tunggu?

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.