Beda 40 Tahun, Ini 5 Referensi The Shining dalam Doctor Sleep

Artikel ini berisi spoiler Doctor Sleep.

cover film Doctor Sleep

Sekuel The Shining, Doctor Sleep akhirnya tayang di Indonesia. Diadaptasi dari novel karya Stephen King, sebagian besar referensi The Shining (1980) adaptasi Stanley Kubrick masih bisa ditemukan dalam film kedua ini. Dan karena King membenci adaptasi Kubrick, Mike Flanagan menjelaskan kepada Metro bahwa dia harus membuat sedikit perubahan pada plot novel yang diterbitkan 2013 lalu agar terhubung dengan versi film pertamanya. Spoiler alert!

1. The Shining

Kyliegh Curran referensi The Shining
via Warner Bros.

Koneksi utama dari dua cerita adalah ‘the Shining’, yaitu kemampuan psikis Danny yang memungkinkannya membaca pikiran dan melihat roh. Di The Shining, Danny belajar tentang kekuatannya dari juru masak Hotel Overlook, Dick Hallorann. Dick pun menjelaskan bahwa ayah Danny, Jack Torrance kemungkinan memiliki kekuatan ‘the Shining’, meskipun tak begitu terang.

Dan di Doctor Sleep, Danny menemukan bahwa kekuatan ini bukan hanya milik segelintir orang saja. Beberapa orang memiliki ‘shine’, salah satunya Abra yang diperankan oleh Kyliegh Curran. Kekuatan ini pun menjadi masalah, dimana kelompok True Knot akhirnya memburu Abra untuk ‘mengambil uap’-nya dan mendapatkan kehidupan abadi.

2. Panggilan Doc

Ewan Mcgergor dalam referensi The Shining
via Warner Bros.

Terkait nama panggilannya dalam film pertama, ‘Doc’, mengacu pada slogan Bugs Bunny yang terkenal pada zamannya. Dalam Doctor Sleep, Dan dewasa akhirnya bekerja di rumah sakit. Berkat kemampuannya (dan Azziel, kucing yang bisa mengetahui kapan seseorang akan mati), dia membantu pasien yang sekarat untuk ‘tertidur’ dengan damai. Karena itu dia disebut dengan julukan Doctor Sleep, dan dipanggil ‘Doc’.

3. Pencandu alkohol

adegan dalam film Doctor Sleep
via Warner Bros.

Koneksi lainnya adalah ketergantungan alkohol yang sama-sama dialami oleh Jack dan Danny. Jack adalah seorang pecandu alkohol yang kehilangan pekerjaannya sebagai professor setelah menyerang siswa yang memotong ban mobilnya. Sedangkan di awal film, Dan mabuk berat. Hal ini terjadi karena trauma ketika menghadapi hantu dan ayahnya di Hotel Overlook.

4. Hubungan kekeluargaan dengan Abra

Ewan McGregor dan Kyliegh Curren
via Warner Bros.

Ternyata, Dan sebenarnya adalah paman Abra. Ibu Abra, Lucy, adalah saudara tiri perempuan Dan, lahir dari perselingkuhan Jack ketika masih menikah dengan Wendy, ibu Dan. Perselingkuhan Jack membawa Abra, kemampuan Abra mempertemukannya dengan Dan, lalu Dan dan Abra bersatu untuk melawan True Knot. Di akhir novel (bukan film), Dan menyadari bahwa dia masih memiliki keluarga.

5. Berbagai adegan dalam kedua film

scene The Shining dalam Doctor Sleep
via Warner Bros.

Meskipun Stephen King membuat Doctor Sleep karena membenci versi film pertama karya Stanley Kubrick, namun Mike Flanagan malah membawa berbagai referensi The Shining dalam sekuelnya. Mulai dari tulisan ‘Redrum’ hingga perjalanan kembali ke Hotel Overlook dan mengunjungi scene-scene ikonik dalam film pertama.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.