Karakter Cassandra Cain di Birds of Prey, Superhero yang Pernah Menjadi Batgirl

Artikel ini berisi spoiler film Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn (2020)

pengenalan Cassandra Cain

Dalam film Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn (2020), karakter Cassandra Cain diperankan oleh aktris muda Ella Jay Basco. Mendapatkan porsi yang cukup banyak, Cassandra atau Cass merupakan bagian penting dari pasukan gadis di Birds of Prey . Namun ternyata ada beberapa detail yang belum terungkap mengenai karakter Cassandra Cain dalam film besutan Cathy Yan ini.

Cassandra Cain dalam DC Comics

Karakter Cassandra Cain dalam semesta DC yang muncul pertama kali di Batman #567 pada tahun 1999. Diciptakan oleh Kelley Pucker dan Damion Scott, Cass merupakan satu diantara sekian banyak karakter yang pernah mengenakan jubah Batgirl. Namun saat ini, dia tak lagi menjadi Batgirl dan membasmi penjahat dengan nama superhero Orphan dalam semesta komik DC.

perkenalan karakter Cassandra Cain
via DC Comics

Cass adalah putri dari pembunuh David Cain dan Sandra Wu-San (Lady Shiva). Dia dibesarkan dengan tujuan menjadi pengawal yang sempurna untuk Ra’s al Ghul. David Cain yang pada saat itu anggota League of Assasins milik Ra memilih Sandra, karena kemampuan bela dirinya, untuk melahirkan anaknya.

Cassandra tidak diajari untuk berbicara. Sebagai gantinya, dia lebih mengandalkan tindakan untuk berkominasi dan menjauhkannya dari dunia luar. Membuatnya menjadi buta huruf. Karena itu, bagian otak yang biasanya digunakan untuk proses bicara dan berbahasa dilatih sehingga dia lebih peka terhadap bahasa tubuh dan memprediksi langkah lawannya selanjutnya.

Menjadi Batgirl

Akhirnya melalui pengawasan Batman dan Barbara Gordon, Cass belajar berbicara dan menulis. Bruce Wayne mengadopsinya ke dalam Batman Family pada cerita No Man’s Land. Kepandaiannya meningkat sehingga dia menjadi Batgirl dalam Batman: Legends of the Dark Knight #120, menggantikan Helena Bertinelli atau Huntress (yang juga hadir dalam film Birds of Prey).

karakter Cassandra Cain sebagai Batgirl
via DC Comics

Pakaiannya berbeda dengan Batgirl lainnya. Mulut dan matanya tertutup, menghadirkan kesan layaknya ninja yang lebih misterius. Popularitasnya meningkat, sehingga menjadikannya Batgirl pertama yang membintangi seri komiknya sendiri, berlangsung selama enam tahun dan 73 seri.

Pada tahun 2009, dia digantikan dari Batgirl oleh Stephanie Brown yang sebelumnya menjadi Robin. Hal ini membuat marah beberapa penggemar. Tetapi pada 2011 dia kembali di Batman Incorporated sebagai salah satu agen Batman di Hong Kong dengan nama kode baru, Black Bat. Karakternya keluar dan muncul lagi di Batman & Robin Eternal pada 2016, kali ini bernama Orphan.

Perbedaan Cassandra dalam film Birds of Prey

Dalam film Birds of Prey, Cassandra adalah seorang anak yatim piatu dan tinggal bersama orang tua angkatnya. Kedua orang tuanya sering bertengkar sehingga membuatnya lebih suka berada di jalan, mencopet siapapun yang dia inginkan. Mulai dari pria berjas, hingga mengambil jam dari seorang nenek-nenek.

Harley Quinn dan Cassandra Cain
via Warner Bros.

Masih sedikit penjelasan dari karakter Cass dalam film. Cathy Yan juga tak pernah menunjukkan orang tua angkat Cass, selain suara mereka. Sepanjang film, Cass hanya disebutkan sebagai seorang anak yatim piatu yang menelan berlian milik Bertinelli. Belum ada pula penjelasan kedekatan Cass dan Bruce yang nantinya akan menjadi ayah angkat dalam cerita komiknya.

Di akhir film, Cass dan Harley Quinn sama-sama berkumpul dengan anggota Birds of Prey lainnya. Sebelum dia dan Harley melarikan diri menggunakan mobil dan menjual berlian Bertinelli. Harley bahkan menyebutkan bahwa dia mengangkat Cass menjadi muridnya.

Harley Quinn masih akan hadir dalam Suicide Squad 2. Namun belum ada kepastian apakah karakter yang ada dalam Birds of prey, termasuk Cass, akan muncul dalam film arahan James Gunn tersebut. Tapi tak menutup kemungkinan Warner Bros. dan DC akan mengembangkan Birds of Prey 2 dan menjelaskan apa yang terjadi Cass dan Harley Quinn selanjutnya.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.