Arti Penting (dan Mengharukan) Cameo Stan Lee dalam Captain Marvel

Cameo Stan Lee sedang mempersiapkan diri untuk cameonya yang lain. *mind bowing*

beberapa karakter dalam cameo Stan Lee

Cameo Stan Lee merupakan salah satu adegan yang ditunggu-tunggu oleh setiap penggemar komik dan penonton Marvel Cinematic Universe (MCU). Meskipun kehadirannya yang sekilas dalam semua film MCU bukanlah cameo pertamanya, sang Raja Cameo menjadi salah satu karakter yang mendapatkan perhatian lebih dalam setiap film superhero Marvel tersebut.

Cameo Lee di film Captain Marvel bukanlah yang pertama di film Marvel setelah kepergiannya. Kehadiran singkatnya sebagai tokoh animasi dalam Spider-Man: Into the Spider-Verse merupakan salah satu cameo yang paling mengharukan bagi pemilik nama asli Stanley Martin Lieber itu. Ia menjadi penjaga toko buku komik di mana Miles membeli kostum Spider-Man-nya. Ketika Miles ragu tentang apakah ‘kostum’ tersebut pas dengannya, ia berkata, “[Kostum ini] selalu pas, pada akhirnya.”

Came Stan Lee di Spider-Man: Into the Spider-Verse
Came Stan Lee di Spider-Man: Into the Spider-Verse via Sony

Cameo Stand Lee di Captain Marvel

Captain Marvel merupakan film MCU pertama yang diputar di bioskop sejak kematian Lee pada usia 95 tahun lalu. Bukan Spider-Man: Into the Spider-Verse, karena film tersebut adalah milik Sony dan tidak masuk dalam MCU. Dan Marvel Studios menandai kesempatan tersebut dengan penghormatan terhadap sang legenda berupa logo dan animasi baru.

Tetapi setelah kepergiannya, cameo Stan Lee dalam film Captain Marvel sendiri memiliki arti penting. Bukan hanya bagi penonton, tapi juga untuk kontinuitas cameo-nya sendiri dalam film.

film Captain Marvel
via Marvel

Di Captain Marvel, Stan Lee berperan sebagai… dirinya sendiri. Cameo Lee terlihat dalam babak pertama film ini, ketika Captain Marvel menyerang agen Skrull yang menyamar menjadi seorang nenek-nenek di kereta Los Angeles. Lee muncul sebagai penumpang di kereta tersebut, di mana ia bekerja keras menghafal naskah film yang ada di tangannya.

Bayangkan, cameo Stan Lee di film ini adalah adegan di mana ia bersiap untuk menjadi cameo di film lain di tahun 1995, tahun yang menjadi latar waktu film Captain Marvel. Sangat brilian. Naskah yang dilafalkannya adalah, “Percayalah padaku, true believer.” Sedangkan dalam sampul depan naskah tersebut terlihat jelas judul film yang akan dimainkannya, yaitu Mallrats.

Mallrats, cameo Stan Lee tahun 1995

Mallrats adalah sebuah film komedi romantis yang ditulis dan disutradarai oleh Kevin Smith, dan dirilis pada Oktober 1995. Tanggal ini mengindikasikan bahwa cerita Captain Marvel terjadi pada tahun 1995.

Di akhir film Mallrats, Brodie Bruce (Jason Lee – bukan, dia tidak ada hubungannya dengan Stan Lee) yang terobsesi dengan buku komik berjumpa dengan Stan Lee di luar toko pakaian dalam wanita di mall setempat. Sementara Brodie mencoba membahas tentang detail buku komik, Stan Lee tanpa henti mengalihkan pembicaraan pada masalah percintaan dan memberikan nasihat asmara kepadanya.

Kehadian Lee di Mallrats dan kecintaan Brodie pada karyanya adalah hasil dan cerminan dari kecintaan Kevin Smith kepada dunia komik. Stan Lee ikut ambil bagian dalam cerita Mallrats karena ia ikut menciptakan hampir setiap pilar utama Marvel Universe.

Eksistensi Stan Lee di semesta Marvel

Adalah fakta yang sedikit diketahui oleh pembaca komik, kecuali mereka yang benar-benar menjadi pembaca setia Marvel, bahwa Marvel Comics benar-benar ada di dalam Marvel Comics Universe. Jadi Marvel Comics yang membuat komik berada di dalam dunia komik itu sendiri. Di semesta komik Marvel, Marvel Comics memiliki Stan Lee dan Jack Kirby serta semua penulis Marvel Comics di dunia nyata.

cameo Stan Lee di komik
Stan Lee juga pernah menjadi cameo di komik via Marvel Comics

Jika mengikuti kisah dalam adaptasi Marvel Cinematic Universe, untuk membuat cerita tentang pahlawan super dalam semesta MCU, pahlawan super harus ada. Karena Captain Marvel dengan latar 1995-an berada jauh sebelum Tony Stark menjadi Iron Man (2008), Bruce Banner belum menjadi Hulk (2008), dan Thor masih belum dilemparkan ke Bumi (2011), Stan Lee masih belum menjadi penulis komik yang menceritakan kisah mereka.

Meskipun begitu, Stan Lee bisa saja terkenal dalam dunia komik Marvel karena menghidupkan Captain America dalam komik yang dibuatnya. Masuk akal karena cerita Captain America dimulai sejak tahun 1960-an. Hal ini menjelaskan dari mana Agent Coulson mendapatkan kartu Captain Amerika yang terkenal. Dan tidak menutup kemungkinan penjelasan tentang keberadaan Stan Lee bisa terlihat dalam cameonya di Avengers: Endgame nantinya.

Memang benar, Captain Marvel tidak akan menjadi cameo terakhir Stan Lee. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige mengkonfirmasi dalam karpet merah Captain Marvel di Los Angeles bahwa Lee sudah menyelesaikan syuting satu film Marvel Studios sebelum kematiannya. Bisa jadi Avengers Endgame, atau bahkan Spider-Man: Far for Home.

Akan lebih bermakna jika cameo Stan Lee menjelaskan lebih dalam tentang dirinya di di dalam semesta yang dibuatnya sendiri. Jika tidak, kehadirannya tetap menjadi adegan yang ditunggu-tunggu penggila komik dan versi layar Lebar MCU di seluruh dunia.

Share

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply