Categories
Film News

Post Credit Black Widow dan Kontinuitas MCU Phase 4

Seperti entry Marvel Cinematic Universe lainnya, post credit Black Widow (2021) bisa menjadi petunjuk kelanjutan dari semesta MCU yang sudah memasuki Phase 4. Berlatar di tahun 2016 setelah peristiwa Captain America: Civil War (2016), film ini menandai berakhirnya peran Natasha Romanoff dan menjadi awal sejarah Yelena Belova di MCU.

Adegan post credit Black Widow

Film ini mengisahkan tentang pelarian Natasha setelah peristiwa Civil War. Bertemu dengan Yelena Belova yang sama-sama dilatih menjadi pembunuh di Red Room. Menghancurkan Red Room dan membunuh Dreykov, Natasha kembali untuk menyelamatkan Steve Rogers dan Avenger lainnya. Dia mengorbankan dirinya dan terbunuh di Avengers: Endgame (2019).

Florence Pugh Yelena Belova post credit Black Widow
via Disney+

Berbeda dibandingkan film MCU sebelumnya, hanya ada satu post credit dalam film ini. Menampilkan Yelena mengunjungi makam Natasha yang terletak di bawah pohon sakura, merujuk tentang pohon dimana ibu Natasha dikuburkan, seperti yang disebutkan oleh Dreykov. Terlihat tulisan “anak “, “saudari”, dan ‘Avenger” di makam tersebut.

Post credit Black Widow
via Disney+

Setelah membersihkan makam, dia bertemu dengan Contessa Valentina Allegra de la Fontaine, atau sering dipanggil Val yang diperankan oleh Julia Louis-Dreyfus. Menariknya, Yelena terlihat tidak terkejut oleh kedatangan Val. Dia pun menyebutkan bahwa Val telah mengganggu waktu liburnya.

Dialog setelahnya mengindikasikan bahwa Yelena bergabung menjadi seorang pembunuh di dalam sebuah organisasi bersama Val, dimana dia menginginkan kenaikan gaji. Hal yang diinginkan pula oleh Val. Menjelaskan bahwa Val bukanlah yang tertinggi di dalam organisasi tersebut.

Clint Barton dalam Avengers: Endgame
via Marvel

Val menjelaskan bahwa dia sudah memiliki target Yelena selanjutnya. Ia menyebutkan bahwa pria tersebut bertanggung jawab atas kematian Natasha yang sudah dianggap saudara oleh Yelena. Dan dia menunjukkan foto Clint Barton a.k.a Hawkeye.

BACA JUGA  Gemini Twins dari Semarang Wakili Indonesia di Ajang World Cosplay Summit

Serial Hawkeye

Adegan post credit tersebut tentu saja sepertinya mempersiapkan panggung untuk serial Hawkeye yang sedang dikembangkan oleh Disney+ dan akan dirilis dalam tahun ini. Apalagi Florence Pugh yang memerankan Yelena Belova telah dikonfirmasi muncul dalam serial tersebut.

Hawkeye dan Kate Bishop
via Disney+

Adegan di akhir film Black Widow ini secara tak langsung mengungkapkan peran Yelena; bagaimana dia siap membalas dendam dan menyalahkan Clint atas kematian Natasha. Walaupun bukan berarti plot ini akan membuat Yelena bertindak sebagai penjahat utama dalam serial tersebut.

Kemungkinan besar Yelena akan muncul dalam beberapa episode untuk melawan Clint atau sang suksesor Hawkeye, Kate Bishop, yang diperankan oleh Hailee Steinfeld. Kemunculannya juga diprediksi mengungkap lebih jauh lagi tentang organisasi rahasia yang sedang dikembangkan oleh Val.

Peran penting Valentina

Awalnya, kemunculan Valentina di post credit Black Widow digadang-gadang menjadi pembuka dari semesta Marvel Phase 4. Sayangnya pandemi COVID-19 yang merebak sejak 2020 silam membuat pemutaran perdananya yang dijadwalkan Juli 2020 diundur menjadi tahun ini.

post credit The Falcon and the Winter Soldier Val Contessa dan U.S. Agent
via Disney+

Sebelumnya, Valentina terlihat di dua episode terakhir The Falcon and The Winter Soldier ketika dia juga mengunjungi John Walker. Dia mengajak John bergabung dengannya, sekaligus memberikan nama baru, yaitu U.S. Agent.

Dua penampilannya di MCU sejauh ini mengisyaratkan bahwa ia memiliki peran besar dalam masa depan MCU. Di versi komiknya, dia disebut-sebut memiliki hubungan romantis dengan Nick Fury. Sama seperti Fury yang menjadi otak dibalik Avengers, Val sepertinya sedang mempersiapkan tim superhero (atau supervillain?).

superhero Dark Avengers
via Marvel

Val a.k.a Contessa dipercaya untuk menggabungkan berbagai superhero dan membuat tim seperti Thunderbolts atau Dark Avengers. Keduanya menggunakan gagasan penjahat yang menyamar sebagai pahlawan. Memberikan indikasi bahwa ada organisasi baru yang siap menyerang, entah itu Hydra atau Leviathan.

BACA JUGA  Girl Power! Film Superhero Wanita yang Siap Hebohkan 2020

Tak menutupi kemungkinan Val mengumpulkan copycat dari Avengers. Dia sudah memiliki Captain America dan Black Widow palsu. Apalagi Abomination yang sama kuatnya dengan Hulk dipercaya tampil dalam Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) dan Justin Hammer, penantang Tony Stark, dilaporkan muncul di serial Armor Wars yang akan tayang di Disney+.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply