Categories
Review Serial TV

Penjelasan Ending Loki Episode 6 dan Multiverse MCU

Setelah berbagai spekulasi (yang sebagian besar benar), ending serial Loki episode 6 membuka tatanan baru semesta Marvel. Bukan hanya mengembangkan semesta Marvel menjadi lebih besar, tapi juga membuka kesempatan untuk kemunculan karakter baru yang tak terhitung jumlahnya. Berikut penjelasan ending Loki.

He Who Remains

Berbagai teori bermunculan di media sosial mengenai datangnya Kang, salah satu villain besar Marvel pada episode terakhir Loki ini. Kang mendapatkan debut pertamanya di serial ini. Walaupun Disney dan Marvel tak langsung menjelaskan karakter ini adalah Kang, tapi disebut sebagai He Who Remains.

Jonathan Majors sebagai pemeran Kang the Conqueror di loki
via LA Times

Hanya saja, dia menyebutkan istilah yang identik dengan Kang, yaitu Conqueror. Ia juga diperankan oleh orang yang sama, yaitu Jonathan Majors yang sudah dikonfirmasi akan memerankan Kang dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023).

Kemunculannya langsung mengungkap rahasia besar yang terjadi di semesta Marvel. Yaitu bagaimana dia mencoba menjaga satu timeline yang dikenal dengan ‘Sacred Timeline’, sehingga tidak terjadi perpecahan yang bisa memunculkan multiverse.

Ia mengungkapkan bahwa ia datang dari abad ke-31, di mana ia awalnya adalah seorang peneliti yang berhasil menemukan bahwa ada berbagai semesta saling tumpang tindih. Dari awalnya saling berbagi ilmu, perpecahan dan pertempuran antar semesta terjadi dan memakan banyak korban jiwa.

Kang the Conqueror dalam serial loki
via Marvel

Hal ini sejalan dalam versi komiknya, Prime Kang (salah satu Variant Kang) ingin melenyapkan semua versi dari Kang untuk memastikan dia menjadi abadi. Sehingga Time Variance Authority diciptakan agar hanya ada satu timeline agar tidak ada variant Kang lainnya yang muncul.

Kemunculan multiverse

He Who Remains menjelaskan bagaimana TVA dibuat untuk memastikan hanya ada satu timeline di seluruh semesta. Waktunya yang semakin menipis menyisakan dua pilihan untuk masa depan, Loki dan Sylvie mengurus TVA atau membunuhnya sehingga ada banyak semesta tercipta yang bisa menciptakan berbagai Conqueror yang lebih berbahaya.

Sylvie dan Loki di ending Loki episode 6
via Disney+

Perdebatan antara Sylvie dan Loki berakhir dengan Sylvie mengirim Loki kembali ke TVA dan ia membunuh He Who Remains. Kematian He Who Remains membuat Sacred Timeline terbengkalai, menciptakan banyak cabang hingga menjadi multiverse.

BACA JUGA  Koneksi Post Credit Ant-Man and The Wasp dengan Avengers 4

Di akhir episode, terlihat Loki yang berada di TVA terkejut karena tidak dikenali Mobius. Bahkan patung tiga Time-Keepers berganti dengan satu patung seseorang yang ditakutkan oleh He Who Remains, yaitu Kang. Ini menandakan bahwa Loki terlempar ke semesta yang berbeda dari tempat Mobius yang dia kenal berada.

ending loki season finale
via Marvel

Kemunculan multiverse bukan hanya menandai berakhirnya serial ini, tapi juga sebagai tonggak besar dalam sejarah MCU. Mengingat berbagai serial dan film yang datang setelah ini memiliki berbagai kemungkinan untuk karakter baru yang lebih banyak, seperti Fantastic 4 maupun X-Men di dalam MCU.

Apalagi Spider-Man: No Way Home yang dijadwalkan untuk rilis bulan Desember tahun ini dipercaya juga mengambil tema multiverse. Ini membuka jalan bagi kedatangan (kembali) Tobey Maguire dan Andrew Garfield sebagai Spider-Man dan villain legendaris lainnya, seperti Electro (Jamie Foxx) dan Dr. Octopus (Alfred Molina).

Loki Season 2

Berlanjut ke adegan post credit scene dari ending Loki episode 6 yang menyebutkan bahwa Loki akan kembali dalam musim keduanya. Kepastian ini menjadi yang pertama mengingat dua serial MCU lainnya yaitu WandaVision dan The Falcon and The Winter Soldier belum mendapatkan kejelasan apakah akan dilanjutkan atau hanya bertahan di satu musim saja.

Hanya saja belum ada informasi lebih lanjut mengenai musim kedua Loki. Dengan masalah timeline yang bercabang tak terkendali, kemungkinan besar sang God of Mischief akan mengurus Variant lain yang semakin ramai setelah multiverse terbentuk atau mengupas kemana perginya Judge Ravonna Renslayer.

Judge Ravonna dalam ending Loki episode 6
via Disney+

“Yang menyenangkan dii MCU adalah semua persilangan antara serial dan film. Terkadang dibuat musim kedua, terkadang menjadi film dan kembali menjadi serial,”

Kevin Feige pada Februari lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa semua kejadian dalam MCU saling berkaitan satu sama lain. Contohnya saja akhir dari serial WandaVision siap mengarah pada film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022) dengan kemunculan Elizabeth Olsen yang memerankan Wanda Maximoff. Bahkan Tom Hiddleston juga dilaporkan akan tampil di film ini.

BACA JUGA  Kate Bishop dan Kemungkinan Young Avengers di Avengers: Endgame

Itulah penjelasan ending Loki season pertama. Yang tidak sabar menantikan kelanjutan cerita Loki dan multiverse di MCU, tunjuk tangan!

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

One reply on “Penjelasan Ending Loki Episode 6 dan Multiverse MCU”

Leave a Reply