Categories
Review Serial TV

Review Serial Loki Episode 6 (2021): ‘Perubahan’ Loki dan MCU

Serial Loki episode 6 membawa lebih banyak kejutan besar yang mengubah alur Marvel Cinematic Universe. Menghadirkan banyak cerita yang bisa dikembangan Marvel dan Disney+ nantinya, termasuk kepastian bahwa The God of Mischief akan mendapatkan musim kedua yang entah kapan akan dirilis.

Setelah perjalanan dan aksi mendebarkan mengalahkan Alioth, Loki (Tom Hiddleston) dan Sylvie (Sophie de Martino) akhirnya datang ke Citadel of the End of Time, sebuah kastil gothic yang menjadi tempat pengendali Time Variance Authority berada.

Citadel of the End of the Time
via Disney+

Mereka bertemu dengan He Who Remains (Jonathan Majors), Variant lain dari Kang the Conqueror. Di sana dia membeberkan semua rahasia semesta dan aliran waktu serta maksud tujuan TVA: yaitu menjaga satu timeline, the Sacred Timeline. Namun Sylvie membunuhnya, sehingga melahirkan multiverse di MCU.

Loki yang baru

Di satu sisi, Loki episode 6 memang di luar ekspektasi. Dibandingkan dengan episode finale dari dua serial lainnya, Loki terlihat lebih banyak drama dibandingkan aksi yang diharapkan. Tapi apa yang terjadi pada akhir episode ini mengoreksi sebagian besar waktu dan timeline dari semesta Marvel.

Sylvie dan Loki dalam Ending Loki Episode 6
via Disney+

Dari cerita dan narasi yang lebih besar, akhir episode bertindak sebagai patahan terjal, yang siap membawa MCU ke arah baru; mempersiapkan lebih banyak semesta untuk membuka kesempatan bagi kehadiran berbagai karakter baru.

Perjalanan Loki yang berliku: dari God of Mischief yang licik dan tega mengkhianati siapapun demi menuntaskan misinya berubah menjadi karakter yang mempercayai orang terdekatnya. Kompleksitas dan dinamisme karakter Loki terjadi sampai akhir, mengingat bagaimana ia dikhianati oleh orang yang ia percayai.

Sylvie dan Loki
via Disney+

Loki berubah, mulai mengesampingkan ambisi dan kebenciannya untuk kebaikan yang lebih besar. Sebagaimana terlihat dari perselisihannya dengan Sylvie. Walaupun pada akhirnya ia menerima pukulan berat secara psikologis setelah dikhianati, tapi ini bisa menjadi titik balik dari Loki. Setiap karakter butuh terjatuh untuk bisa bangkit lebih tinggi.

BACA JUGA  Review Film Aum! (2021): Kritik Orba dan Sentilan Masa Kini

Unik dan di luar ekspektasi

Enam episode Loki menghadirkan banyak karakter baru dan mengungkap berbagai rahasia besar yang selama ini menyelimuti MCU. Termasuk peralihan besar mempengaruhi berbagai aspek dari entry MCU selanjutnya. Menandakan bagaimana pentingnya serial ini dalam keseluruhan narasi adaptasi Marvel.

Loki Time Keepers dalam serial loki
via Disney+

Sebagai sebuah serial, Michael Waldron sebagai kreator mencoba berbagai hal menarik. Menghadirkan kesan magis, megah, namun sangat quirky jika dibandingkan dengan dua serial Disney+ sebelumnya. Serta tentu saja menonjolkan sisi genderfluid dari Loki yang sempat menghebohkan di dua episode pertama serial ini.

Terlebih di episode terakhir. Bukannya baku hantam, namun Loki dan Sylvie berhadapan dengan penguasa waktu mengenai tatanan semesta dan free will. Ketiganya memiliki pemikiran yang berbeda dan benar, menunjukkan kepenulisan cerita yang apik untuk akhir cerita ini.

review serial loki
via Dosney+

Hanya saja, mungkin sebagian penggemar merasakan bagaimana Loki tak mendapatkan peran yang masif. Sorotan juga terbagi pada arc Sylvie dan karisma He Who Remains yang mengambil alih sorotan di season finale. Tapi tenang saja, Loki akan kembali di musim kedua!

Kembali di musim kedua

Disney+ mengkonfirmasi musim kedua serial ini. Sehingga beberapa misteri yang terjadi di akhir cerita mungkin akan terungkap. Salah satunya ketika Hunter B-15 (Wunmi Mosaku) menggiring Minuteman ke sekolah hingga bertemu dengan Ravonna, mengungkap bahwa semua orang di TVA merupakan Variant sebelum menjadi Minuteman.

Judge Ravonna dalam ending Loki episode 6
via Disney+

Menjelang akhir, Kang berhasil memberikan informasi kepada Ravonna melalui Miss Minutes. Di versi komik, Ravonna dan Kang memang memiliki hubungan, bahkan terlibat asmara dalam beberapa kesempatan. Dengan kepergian Ravonna menentang Mobius, sepertinya karakter ini dipersiapkan untuk cerita yang lebih besar lagi nantinya.

BACA JUGA  Review Serial I’m not Okay with This (2020) : Prekuel nan Apik

Majors sebagai He Who Remains tentu saja menarik perhatian dalam episode ini. Menawan namun memanipulasi, hadir sebagai antagonis yang mampu memanipulasi kedua karakter Loki. Meski akhirnya mati, tapi aktor nominasi Emmy ini siap datang kembali sebagai Kang the Conqueror dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023).

serial Loki episode 6 He Who Remains
via Disney+

Serial Loki episode 6 menjadi akhir (maupun awal) yang pantas untuk perjalanan God of Mischief yang penuh kejutan. Loki yang eksentrik mendapatkan arc yang mengubah hidupnya, dan membuka lebih banyak kemungkinan dari semesta Marvel yang saat ini terpecah dan semakin berkembang.

Genre: Aksi, Komedi

Sutradara: Kate Herron

Penulis: Michael Waldron

Aktor: Tom Hiddleston, Owen Wilson, Gugu Mbatha-Raw, Sophia Di Martino

Rekomendasi TV Series
8/10

Summary

Loki episode 6 menjadi akhir (maupun awal) yang pantas untuk perjalanan God of Mischief yang penuh kejutan. Loki yang eksentrik mendapatkan arc yang mengubah hidupnya, dan membuka lebih banyak kemungkinan dari semesta Marvel yang saat ini terpecah dan semakin berkembang.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply