12 Film Indonesia yang Diadapatasi dari Novel

film indonesia dari novel

Perkembangan industri film dalam negeri semakin pesat. Sumber cerita tidak hanya datang dari skenario orisinil tapi juga dari sumber seperti novel. Novel menjadi salah satu acuan dari pembuatan film, karena sudah memiliki alur cerita lengkap dan menarik. Berikut beberapa film Indonesia yang diadaptasi dari Novel versi Mariviu:

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Sutradara : Angga Dwimas Sasongko
Pemeran : Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha
Durasi : 121 Menit

Pada 11 Februari 2019, Visinema mengumumkan akan mengerjakan project dari novel Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini menjadi film berjudul sama.

Angkasa , Aurora, dan Awan adalah kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang tampak bahagia. Setelah mengalami kegagalan besar pertamanya, Awan berkenalan dengan Kale, seorang cowok eksentrik yang memberikan Awan pengalaman hidup baru, tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang, dan semua ketakutan manusia pada umumnya.

film indonesia yang diadaptasi dari novel
via Visinema

Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya. Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka.

2. Imperfect (2020)

Sutradara : Ernest Prakasa
Pemeran : Jessica Mila, Reza Rahadian, Yasmin Napper
Durasi : 113 Menit

Ide dalam buku best seller “Imperfect: A Journey to Self-Acceptance” karya Meira Anastasia dituangkan ke dalam film dengan judul yang sama walaupun dengan cerita yang berbeda. Rara yang terlahir dari rahim seorang model sukses di era 90-an bernama Debby, harus menjalani hidup penuh tekanan bully, body shaming, dan beauty standard lantaran memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu.

via Starvision Plus

Setelah semua yang terjadi selama ini membuat Rara lebih bersyukur dan menurutnya cantik itu belum tentu bahagia. Timbangan itu hanya menunjukkan angka bukan nilai, kita tidak perlu sempurna untuk dapat bahagia.

3. Bumi Manusia (2019)

Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemeran : Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha Ine Febriyanti
Durasi : 181 Menit

via Falcon Pictures

Film ini dialihwahanakan dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film ini menceritakan kegamangan Minke antara kemajuan Eropa dan perjuangan membela tanah airnya serta hubungannya dengan Annelies. Film yang berlatar belakang tentang biografi tokoh utama dapat disimak pada Review Film Bumi Manusia (2019): Penghormatan untuk Pramudya

BACA JUGA  Kristen Wiig akan Memerankan Cheetah di Film Wonder Woman 2

4. Dilan 1990 (2018)

Sutradara : Fajar Bustomi
Pemeran : Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Giulio Parengkuan
Durasi : 109 Menit

via Max Pictures

Dilan 1990 merupakan film drama Indonesia tahun 2018. Film ini diangkat dari novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq. Pada September 1990, Milea dan keluarganya pindah dari Jakarta ke Bandung. Saat hendak masuk di sebuah SMA, Milea bertemu dengan Dilan sang panglima geng motor. Untuk reviewnya bisa dibaca di review Film Dilan 1990: Novel vs Film

5. Surga yang Tak Dirindukan (2016)

Sutradara : Kuntz Agus
Pemeran : Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah
Durasi : 124 Menit

Diangkat dari novel karya Asma Nadia dengan judul sama. Pernikahan Arini dan Pras mendatangkan kebahagiaan dengan hadirnya Nadia, putri mereka. Pras yang baik dan setia selalu menenangkan Arini. Berbagai kisah perselingkuhan di sekelilingnya, termasuk sahabat dekatnya, tidak sekalipun mengusik kepercayaan Arini terhadap sang suami.

via MD Pictures

Saat Pras berusaha menceritakan poligaminya pada Arini, ayah Arini meninggal. Suasana semakin berat bagi Pras saat mendengar pengakuan ibu Arini kalau ayahnya juga poligami. Demi kebahagiaan Arini, ibu merahasiakan poligami ayahnya dan ikhlas menerima takdirnya. Akhirnya kenyataan poligami Pras diketahui juga oleh Arini. Bahtera perkawinannya yang ideal, runtuh seketika.

6. Perahu Kertas (2012)

Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemeran : Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Reza Rahadian
Durasi : 112 Menit

Film ini diangkat dari novel berjudul Perahu Kertas karangan Dewi Lestari. Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy dan Keenan. Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus.

via Starvision Plus

Kugy selalu memiliki “ritual” unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya ke selembar kertas, yang lalu dibuatnya menjadi perahu untuk kemudian dihanyutkan. Meskipun sekilas dia gadis periang yang slenge’an, namun dia memiliki pandangan hidup yang cenderung filosofis.

7. Laskar Pelangi (2008)

Sutradara : Riri Riza
Pemeran : Cut Mini, Ikranagara, Slamet Rahardjo Djarot
Durasi : 125 Menit

Film Laskar Pelangi merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak.

film indonesia yang diadaptasi dari novel laskar pelangi
via Miles Film

Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu. Dari sinilah kiash mereka dimulai hingga dapat menjuarai berbagai lomba.

BACA JUGA  Robert Pattinson Bukan Satu-satunya Calon Pemeran Batman

8. Ayat-ayat Cinta (2008)

Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemeran : Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri
Durasi : 120 Menit

Film ini merupakan film religi hasil adaptasi dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy berjudul Ayat Ayat Cinta. Sebuah kisah cinta dengan latar belakang agama, terutama Islam, dalam kehidupan. Fahri bin Abdillah adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar.

Film Indonesia yang diadaptasi dari novel
via MD Pictures

Setelah pindah ke Mesir untuk melanjutkan pendidikannya, banyak hal yang dilalui Fahri berhubungan dengan wanita. Mulai dari Maria Girgis penganut Kristen Koptik kemudian ada Nurul anak seorang kyai yang sama-sama melanjutkan pendidikan di Al-Azhar. Masalah besar timbul setelah Noura seorang gadis yang ditolong oleh Fahri dan kemudian menjebak Fahri. Hingga akhirnya hati Fahri berlabuh pada seorang gadis bernama Aisha, dan membuat Fahri jatuh cinta.

9. 5 cm (2012)

Sutradara : Rizal Mantovani
Pemeran : Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Denny Sumargo, Saykoji
Durasi : 125 Menit

Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama. Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Ada pula Dinda yang merupakan adik dari Arial, seorang mahasiswi cantik yang sebenarnya dicintai Zafran.

film indonesia yang diadaptasi dari novel
via Soraya Intercine Films

Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa yaitu di puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia.

Segala rintangan dapat mereka hadapi karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5cm dari depan kening.

10. Eiffel I’m In Love (2003)

Sutradara : Nasri Cheppy
Pemeran : Shandy Aulia, Samuel Rizal, Titi Kamal
Durasi : 262 Menit (versi terpanjang)

BACA JUGA  Arti Penting Wakanda untuk Avengers: Infinity War

Film ini diangkat dari novel laris berjudul sama karya Rachmania Arunita yang kocak sekaligus menggemaskan. Tita adalah seorang anak dari 2 bersaudara. Tita mempunyai kakak bernama Alan. Usia Tita kini 15 tahun. Saat-saat remaja yang indah bagi anak seusianya. Tetapi berbeda dengan remaja pada umumnya, Tita adalah seorang remaja yang menghabiskan masa remajanya di rumah saja karena mamanya yang over protektif.

film eiffel i am in love diadaptasi dari novel
via Intercine Films

Suatu hari Tita meminta izin untuk pergi ke mall dengan teman-temannya. Tetapi mamanya tidak mengizinkan Tita untuk pergi karena mamanya tidak ingin terjadi hal-hal buruk padanya. Sampai akhirnya Tita bertemu dengan Adit yang datang dari Prancis. Kemudian banyak intrik yang menghiasi perjalanan cinta mereka.

11. Danur (2017)

Sutradara : Awi Suryadi
Pemeran : Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish
Durasi : 78 Menit

Danur adalah film Indonesia yang diadaptasi dari novel Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang gadis indigo. Risa adalah seorang gadis indigo — dia memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib.

film indonesia yang diangkat dari novel
via Pichouse Films

Ketika Risa genap usia delapan tahun, dia berharap mendapatkan teman. Tak disangka, tiga bocah laki-laki sebayanya: Janshen, Peter, dan William hadir secara tiba-tiba. Namun, Risa bersikeras bahwa dia tidak akan melupakan teman-teman gaibnya lagi. Setelah mereka pergi, seorang gadis mengambil sisir Asih yang telah ditancapkan ke pohon beringin, memunculkan kemungkinan bahwa arwah Asih akan gentayangan kembali

12. My Stupid Boss (2016)

Sutradara : Upi Avianto
Pemeran : Bunga Citra Lestari, Reza Rahadian, Alex Abbad
Durasi : 108 Menit

film indonesia yang diadaptasi dari novel
via Falcon Pictures

Film ini diadaptasikan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya [email protected] Film ini mengisahkan tentang hubungan antara seorang karyawan dan bossnya yang berkelakuan super ajaib! Diana tinggal di Kuala Lumpur mengikuti Dika, suaminya yang bekerja di sana. Diana lalu melamar bekerja di satu perusahaan. Bossnya kebetulan adalah teman kuliah Dika sewaktu di Amerika.

Daftar film indonesia yang diadaptasi dari novel versi Mariviu diatas, manakah film favorit para pembaca sekalian?

Sending
User Review
94% (1 vote)

Penikmat Kopi dan Pecandu Mie Ayam