Review Serial The Boys Season 2 (2020): Kisah Satir Superhero Bergelimang Kekuasaan

Ketika kelompok superhero sudah menjadi komoditas

cover serial The Boys Season 2

Kreator Eric Kripke kembali dengan serial The Boys Season 2 yang tayang pada Amazon Prime. Melanjutkan kisah tentang superhero yang sudah dikorupsi oleh popularitas dan kekuasaan menghadirkan antitesis dari berbagai film superhero yang menghiasi TV maupun layar lebar beberapa tahun ini.

Dimulai dengan menjelaskan apa yang terjadi pada Butcher di akhir musim pertama: sang istri yang disangka sudah meninggal ternyata memiliki anak hasil hubungannya dengan Homelander bernama Ryan. Becca dan Ryan yang mewarisi kekuatan Homelander tinggal di fasilitas milik Vought. Dan Butcher berencana untuk mengeluarkan Becca dan Ryan dari sana.

kelompok dalam serial The Boys Season 2
via Amazon Prime

Melanjutkan pertarungan “the boys” melawan The Seven, Annie/Startlight masih berhubungan dengan Hughie untuk mendapatkan rahasia Compound V, obat unik yang memberikan kekuatan kepada siapapun yang mengkonsumsinya. Mereka berencana mengungkap rahasia Compound V kepada publik, menegaskan bahwa superhero tidak terlahir, tetapi diciptakan.

Dan karakter baru Stromfront, anggota teranyar dari The Seven, terungkap merupakan bagian dari Nazi dan sudah berumur hampir seratus tahun. Bahkan Stromfront memiliki hubungan dengan pendiri Vought, Frederick Vought.

Dinamis, tak tertebak, dan menegangkan

Tak kalah menarik dibandingkan musim pertamanya, plot yang dinamis dan tidak tertebak disertai karakter yang semakin berkembang. Setiap karakter membawa berbagai konflik yang saling berhubungan dan semakin meningkat dari awal hingga memberikan akhir yang memuaskan.

Tentu saja kekuatan The Boys bukan hanya pada cerita superhero yang beda. Tak ketinggalan kisah tentang penyelewengan kekuasaan dan popularitas yang dimiliki sang superhero. Dan kehadiran Vought sebagai perusahan besar yang memiliki The Seven dan Compound V juga hanya demi satu tujuan: politik dan militer hanya bisnis.

Homelander, Stromfront, dan Queen Maeve
via Amazon Prime

Terlebih dengan kemunculan Stromfront, superhero paling rasis yang mengalahkan Homelander sebagai villain pada musim ini. Stromfront hadir sebagai representasi ras kulit putih yang menyebarkan kebencian antar ras serta pemicu perang untuk kepentingannya sendiri.

BACA JUGA  Review Film Koboy Kampus (2019): Komedi Absurd Penuh Pesan Mendalam Khas Pidi Baiq

Bukan hanya cerita yang lebih menegangkan, tapi musim kedua menghadirkan lebih banyak aksi. The Boys memiliki beberapa adegan aksi antar superhero yang tak kalah dibandingkan DC maupun Marvel. Apalagi ditutup dengan all girls brawl yang menghiasi episode terakhir.

Akhir dari awal yang baru (Spoiler!)

Tak salah jika menganggap episode 8 sebagai akhir yang apik dari musim kedua memberikan berbagai penyelesaian dan perkembangan bagi berbagai karakter, baik Butcher dan kawan-kawan serta kelompok The Seven yang kembali dengan formasi awal dengan kehadiran A-Train.

geng The Boys
via Amazon Prime

Kehilangan sang istri membuat Butcher harus menerima Ryan, seorang supes yang lahir dari rahim istrinya. Sedangkan Starlight harus bertahan di dalam The Seven untuk menguak dan menghancurkan Vought dari dalam. Begitu juga dengan Hughie yang mencoba berpijak pada kakinya sendiri; meninggalkan The Boys dan pencari pekerjaan baru.

Konflik masih terasa pada anggota The Seven. Perubahan terbesar terlihat pada karakter Homelander yang ditinggal Stromfront dan Ryan yang dianggapnya sebagai penerusnya. Sedangkan kehilangan Stromfront membuat A-Train kembali ke dalam The Seven, tapi tidak untuk The Deep.

Homelander di serial The Boys Season 2
via Amazon Prime

Episode terakhir mencapai kesimpulan yang memuaskan pada alur cerita. Dimana serial lainnya fokus mempersiapkan setting untuk musim selanjutnya, Kripke mencoba menyelesaikan berbagai masalah, beroperasi sebagai third act dari musim kedua.

Tapi Kripke masih menyisakan cliffhanger yang menarik untuk ditunggu pada The Boys Season 3. Pada akhir seri ini terungkap siapa yang menjadi pembunuh sebenarnya dari kejadian mengerikan yang ada di ruang sidang: sang anggota kongres Victoria Neuman. Dan kedekatan Hughie yang akhirnya bekerja sama dengan Neuman bisa menjadi plot inti pada musim berikutnya.

Jack Quaid sebagai Hughie Campbell
via Amazon Prime

Serial The Boys Season 2 masih mampu menghadirkan plot yang dinamis dari kisah satir tentang superhero dan kekuasaan. Sebagian karakter mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan musim pertama. Menghadirkan plot yang penuh kejutan. Menjadikannya sebagai salah satu seri yang paling menarik tahun ini.

BACA JUGA  Mengenang Formasi Terbaik Dewa 19, Fans Merapat!

Rating: 8/10

Genre: Aksi, Drama

Kreator: Eric Kripke

Penulis Naskah: Garth Ennis

Pemeran: Karl Urban, Jack Quaid, Erin Moriarty, Antony Starr

Review Serial
  • 80%
    Rekomendasi Serial - 80%
80%

Summary

Serial The Boys Season 2 masih mampu menghadirkan plot yang dinamis dari kisah satir tentang superhero dan kekuasaan. Sebagian karakter mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan musim pertama. Menghadirkan plot yang dinamis dan tetap penuh kejutan. Menjadikannya sebagai salah satu seri yang paling menarik tahun ini.

Sending
User Review
0% ( votes)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.