Review Genshin Impact – Game Action RPG Free to Play Terbaik

MiHoYo baru saja merilis game Genshin Impact pada 28 September yang lalu. Game ini mendapat sambutan yang luar biasa dari pada gamer. Memang MiHoYo belum merilis data resmi berapa jumlah pemainnya sekarang. Namun di Twitch, game ini mendapat 110.000 penonton dalam beberapa jam setelah rilis.

Genshin Impact ini sukses secara global. Bahkan dilansir dari SCMP bersumber dari Qimai Data, game Genshin Impact terbilang aplikasi asal China tersukses kedua setelah TikTok. Menurut data tersebut, game ini telah mengumpulkan pendapatan sekitar USD 1.84 juta. Apalagi game ini juga diterjemahkan ke beberapa bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Sehingga cukup buat MiHoYo untuk masuk ke pasar-pasar dengan pendekatan lokal.

Pada September tahun lalu Genshin Impact ramai diperbicangkan, karena game besutan MiHoYo dianggap meniru game Zelda Breath of The Wild, terutama pada sistem inventori nya. Walaupun para developer-nya lebih menganggap Zelda merupakan insipirasi mereka.

Terlepas dari kontroversi di luar sana, nyatanya game ini sukses besar. Berikut ulasan Mariviu mengenai game Genshin Impact.

Dasar Cerita game Genshin Impact

Untuk menghindari spoiler dari jalannya cerita utama. Saya hanya memberikan sedikit sinopsis mengenai dunianya.

Genshin Impact Mihoyo
Genshin Impact

Genshin Impact memiliki dunia yang bernama Teyvat, orang-orang yang terpilih oleh dewa pelindung yang disebut Archon dikaruniai kendali akan kekuatan elemen dalam bentuk Vision.

Pemain akan berperan sebagai seorang Traveler yang menjelajah dunia untuk mencari saudara atau saudarinya yang hilang. Tergantung karakter mana yang akan kamu pilih.

Dalam perjalanan kamu akan bertemu dengan berbagai rekan dengan karakter dan dengan kekuatan elemen yang berbeda-beda. Dengan rekan baru yang akan kamu temui nanti, bersama-sama kalian akan mengungkap kebenaran di balik Genshin Impact.

Gameplay

Game ini bertema Action Role Play Game (RPG) dengan dunia open world. Kamu bisa menjelahi peta yang cukup besar dengan dua kota yang berbeda yaitu Montstrat dan Liyue. Kamu bisa menjelajahi peta tersebut dengan berlari, memanjat, berenang ataupun terbang dan berinteraksi dengan NPC. Namun yang perlu diperhatikan ialah stamina kamu. Jika stamina habis sebelum sampai tujuan kamu akan mati dan respawn di waypoin terdekat.

review game genshin impact
Mode Terbang di Genshin Impact

Mengenai waypoin, kamu bisa mengaktifkan waypoin yang tersebar di peta, tujuannya agar bisa melakukan teleport. Karena peta yang cukup besar maka fitur ini akan sangat bermanfaat jika kamu harus traveling yang cukup jauh.

BACA JUGA  Review Film Jumanji: The Next Level (2019): Level Baru Kurang Mengejutkan

Kamu juga harus menyelesaikan beberapa quest untuk menaikkan Adventure level. Quest-nya terbagi 5, ada Archon Quest merupakan quest utama, quest story, quest misi dan quest dunia untuk misi sampingan. Semua quest penting untuk menaikkan level.

Quest di Genshin Impact

Selain menyelesaikan quest ada beberapa cara untuk menaikkan level seperti menjelajah mengalahkan musuh untuk mendapatkan crate, menyelesaikan tantangan dungeon (dalam game ini disebut Domain), dan mengalahkan bos.

Combat System atau Mode Pertarungan

Combat system atau mode pertarungan di game ini cukup sederhana. Kamu hanya menggunakan 3 tombol, yaitu basic skill, element skill dan ultimate skill. Basic skill kamu bisa gunakan berkali kali, element skill akan memerlukan cool down beberapa saat untuk bisa digunakan kembali. Sedangkan ultimate skill dapat digunakan jika energi elemen sudah terisi terkumpul atau penuh.

ulasan game genshin impact
Ultimate Skill Karakter Venti

Game ini memiliki 6 element yaitu

  • Anemo (Udara/angin)
  • Pyro (Api)
  • Electro (Listrik)
  • Hydro (Air)
  • Cryo (Es)
  • Dendro (Bumi/batu)

Musuh musuh pada game ini juga memiliki elemen, jadi akan sangat berguna jika kamu bisa menggunakan karakter tertentu dan dengan elemen tertentu untuk mengalahkan musuh.

Karakternya pun terdapat 30 karakter, namun kamu akan mendapat beberapa karakter basic di awal seperti Traveler yang menggunakan elemen Anemo, Kaeya menggunakan elemen Cyro, Lisa menggunakan elemen Electro dan Amber menggunakan elemen Pyro.

Memainkannya, kamu hanya bisa menggunakan 4 karakter secara bergantian, namun kamu bisa mengubah 4 karakter yang berbeda element di pengaturan party.

karakter dalam game genshin impact
Pengaturan Party di Genshin Impact

Efek Suara (BGM), Pengisi Suara dan Musik Komposer Berkelas

Disini terlihat MiHoYo menggarap game ini dengan sangat maksimal. Bayangkan game ini memiliki beberapa bahasa yang berbeda seperti Mandarin, Jepang, dan Inggris. Dengan banyaknya karakter tentu semua harus memiliki pengisi suara.

Dari sisi efek suara juga digarap dengan apik, setiap sentuhan, ketika berjalan atau melakukan aksi tertentu efek suaranya membuat game ini menjadi hidup.

Satu lagi yang membuat musik game ini berkelas AAA yaitu musik komposernya. Theme setiap lokasi berbeda latar musiknya, begitu pun ketika dalam permainan dihadapkan pada kondisi tertentu seperti melawan boss, musik komposernya disajikan berbeda.

BACA JUGA  Sport Interactive Umumkan Tanggal Rilis dan Fitur Baru Football Manager 2019

Kamu bisa melihat salah satu cuplikan dari MiHoYo mengenai pembuatan musiknya yang digarap oleh The Shanghai Symphony Orchestra

Multi Platform dengan Grafis, Memukau Bukan untuk HP Kentang

Ya game ini multi platform yang bisa kamu mainkan di iOS, Android, PC dan PS4. Kabarnya juga akan dirilis untuk Nintendo Switch yang masih dalam tahap pengembangan.

Saya sempat mencoba game ini di platform iPad, iPhone dan PC. Grafisnya cukup memukau untuk perangkat iPhone, namun saya menemukan penurunan FPS ketika player mengeluarkan bermacam-macam element yang kompleks.

Pengaturan Grafis di mobile (iOS)

Pada PC game ini tentu saja tergantung kartu grafis yang kamu gunakan. Ketika menggunakan Nvidia 1080 kamu bisa memainkannya dengan pengaturan rata kanan. Kedepannya MiHoYo akan menambahkan pengaturan Ultra Settings.

Ada beberapa catatan disini yang perlu kamu tahu tentang spesifikasi perangkat untuk memainkan game Genshin Impact, yaitu:

  • Di iOS game ini menuntut iPhone 8 dan iPad Air 3 keatas, di bawah itu game akan crash atau hanya muncul layar berwana putih atau hitam.
  • Game ini bisa sinkron di iOS, Android dan PC kecuali PS4. Untuk bisa sinkron di HP dan PC kamu perlu melakukan sinkronisasi dengan mendaftarkan email kamu untuk membuat akun MiHoYo.
  • Ukuran berkas yang mesti di install di iOS kurang lebih 5GB dan di PC sekitar 11 GB. Jadi siapkan internet yang cukup kencang dan kuota yang cukup untuk smartphone.

Sistem Gacha dan Fitur Multiplayer Co-op

Ya, karena game ini free to play, developer-nya memilih me-monetize dengan cara In App Purchase, dengan membeli menjual koin yang disebut Genesys Crystal.

Untuk mendapatkan karakter atau item senjata tertentu kamu harus melakukan gacha. Untuk sekali gacha kamu membutuhkan 1 item Intertwined Fate atau Acquaint Fate.

Namun jika kehabisan, kamu bisa menukarnya dengan 1 primogen. Nah jika kehabisan primogen, kamu bisa menukarnya dengan Genesys Crystal yang sudah kamu beli atau mendapatkannya di permainan.

Untuk mendapatkan item bintang 5 pada game ini minimal kamu harus melakukan 10 gacha sekaligus. Setiap event gacha memberikan persentase tertentu untuk mendapatkan item atau karakter tertentu.

Sistem gacha di Genshin Impact

Multiplayer Co-op pada game ini tidak bisa dibilang Pay to Win, karena ini game co-op dan bukan game co-op battle sejenis MMORPG namun pure RPG. Co-op-nya pun lebih membantu untuk menaikkan level masing-masing pemain dan lebih memudahkan untuk mendapatkan item dari melawan bos misalnya.

BACA JUGA  Review dan Sinopsis Manga Yugami-kun ni wa Tomodachi ga Inai

Kamu bisa bermain sampai dengan 4 orang. Namun jika kamu hanya berdua, masing-masing hanya bisa memilih 2 karakter bergantian dalam party. Jika berempat, kamu hanya dapat memilih 1 karakter dan jika bertiga hanya player pertama yang bisa memilih 2 karakter dalam party.

Genshin Impact Meniru Zelda Breath of The Wild?

Secara visual game ini mirip dengan Zelda terutama dunianya. Namun jika diperhatikan game ini sedikit lebih detail. Seperti skin atau pakaian yang digunakan setiap karakter, karakter bos yang lebih detail dengan mitologi china, dan bangunan yang begitu detail.

Karakter yang beragam bahkan sampai 30 karakter tentu membawa gaya bertarung yang berbeda-beda. Misalnya karakter traveler dengan anemo-nya atau Kaeya dengan element cyro-nya menggunakan animasi yang berbeda sehingga tidak akan bosan. Belum lagi sistem multiplayer co-op yang dibawanya. Game ini menjadi pembeda dengan game Zelda.

Namun ada beberapa hal yang memiliki kemiripan seperti dungeon.

  • Dungeon di Genshin Impact disebut dengan Domain dan di Zelda disebut dengan Shrine.
  • Monster yang membuat camp-camp dan sistem crate atau loot.
  • Mekanisme memasak dan setiap masakan dapat digunakan untuk mengisi live bar dan stamina.
Makanan di inventori

Kesimpulan

Terlepas dari semua kontroversinya game ini menawarkan kompleksitas untuk jenis game free to play. Open world dengan peta yang luas, fitur co-op yang asik dimainkan bersama teman, musik komposer berkelas, combat system yang beragam. Game ini layak untuk menjadi game free to play terbaik.

Jika kamu memainkannya game ini cukup adiktif dan simple karena bisa dimainkan di perangkat mobile. MiHoYo kedepannya akan membawa sejumlah konten baru di Genshin Impact agar game ini jadi lebih kaya dan tidak membosankan.

Review Genshin Impact
Sending
User Review
0/10 ( votes)
Review Genshin Impact
8.0

Terlepas dari semua kontroversinya game ini menawarkan kompleksitas untuk jenis game free to play. Open world dengan peta yang luas, fitur co-op yang asik dimainkan bersama teman, musik komposer berkelas, combat system yang beragam. Game Genshin Impact ini layak untuk menjadi game free to play terbaik.

  • Rating8
User Rating: 0 ( 0 Votes )