10 Film Horor Adaptasi Novel Terbaik Sepanjang Masa

bioskop menonton novel

Banyak film horor yang menyeramkan diangkat dari novel. Selain karena masalah fan base yang telah terbentuk serta penggemar versi novel yang sebagian besar akan menonton filmnya, beberapa film horor adaptasi novel kadang juga menghadirkan cerita yang lebih seram dibandingkan versi aslinya. Walaupun tak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan imajinasi dari membaca novel, berikut 10 film horor yang diadaptasi dari novel terbaik sepanjang masa.

1. Psycho (1960)

cover Psycho film horor adaptasi novel terbaik
via Universal Picures

Sulit untuk menyebutkan film horor terbaik tanpa memasukkan film thriller dari Alfred Hitchcock ini. Psycho adalah karyanya yang paling terkenal. Setahun sebelumnya, Robert Bloch menulis novel dengan judul yang sama. Sebagian besar aksinya masih sama, namun perubahan terbesar adalah masalah karakter Marion yang lebih simpatik serta Norman Bates yang lebih kekanak-kanakan.

2. Rosemary Baby (1968)

cover Rosemary's Baby film horor adaptasi novel
via Paramount Pictures

Tidak hanya menjadi yang terdepan dari film horor di zamannya, Rosemary Baby mengedepankan tema-tema feminis dan menghasilkan cerita yang tetap relevan hingga saat ini. Roman Polanski, yang menyutradari film ini memiliki obsesi yang sama dengan novel karya Ira Levin itu. Meskipun ada beberapa adegan, dialog, dan karakter yang disusun ulang untuk membuatnya sesuai dengan kondisi di New York.

3. The Exorcist (1973)

cover The Exorcist film horor adaptasi novel
via Warner Bros.

The Exorcist tampaknya menjadi pengecualian terhadap fenomena film klasik horor tak begitu berjaya di box office. Pada tahun 1973, penonton Amerika terobsesi dengan film horor adaptasi novel tahun 1971 dari William Peter Blatty ini. Naskah yang dibuat sendiri oleh Blatty memindahkan novel langsung ke dalam film. Tapi perbedaan utamanya adalah kerasukan terjadi selama beberapa bulan, lebih lama dibandingkan versi filmnya.

4. The Shining (1980)

Seperti banyak film Stanley Kubrik lainnya, The Shining memberikan horor yang menyeramkan. Masalahnya, Stephen King menyebutkan bahwa film ini adalah satu-satunya film horor adaptasi novel yang sangat dia benci. Berbeda dengan novelnya, film ini menggali lebih dalam pikiran Jack Torrance yang mengalami masalah mental dan akhirnya mencoba membunuh keluarganya sendiri.

5. Hellraiser (1987)

Clive Barker tidak hanya menulis “The Hellbound Heart”, novella keluaran tahun 1986 yang menjadi pondasi Hellraiser dan mendapatkan reaksi yang beragam. Di Inggris, para kritikus memuji film ini, meskipun penonton Amerika tak terlalu menyukainya. Ada beberapa perubahan yang dilakukan untuk membuat penggambaran cerita lebih baik.

6. Pet Sematary (1989)

Walaupun mendapatkan remake tahun ini, Pet Semetary versi orisinil tetap menakutkan. Belum lagi soundtrack ikonis yang dinyanyikan oleh Ramones. Dalam alurnya, film ini tetap setia pada novel Stephen King keluaran 1983 itu, mungkin karena ia menulis scenario sendiri. Namun versi buku jauh lebih gelap dibandingkan kehangatan yang diberikan King pada versi film.

7. Silence of the Lambs (1991)

Penampilan mengesankan dari Anthony Hompkins sebagai Hannibal Lecter membuat pacarnya saat itu, Martha Stewart, memutuskannya setelah menonton filmnya. Film yang diadaptasi dari seri kedua novel Thomas Harris ini menghilangkan beberapa subplot serta mengubah beberapa karakter dan detail. Seperti aktor bermata merah dan enam jari di masing-masing tangannya.

8. Interview with the Vampire (1994)

Kesuksesan filmnya mampu menghasilkan pundi-pundi hingga $224 juta. Film ini menjadi awal karier Kirsten Dunst, namun membuat Tom Cruise mengalami depresi ketika harus memakai make up tebal dan lensa kontak kuning. Novel karya Anne Rice tahun 1976 ini sangat beda dari film. Misalnya, Claudia yang diperankan oleh Dunst (12 tahun) sebenarnya lebih muda (6 tahun). Beberapa plot dipotong dan banyak kesan homoseksual yang dihilangkan dari versi filmnya.

9. The Ring (1998)

Versi Jepang dari The Ring memang lebih menyeramkan dibandingkan edisi remake milik Hollywood. Dengan $249 juta, The Ring adalah salah satu film horor yang paling menakutkan sepanjang masa. Novelnya ditulis oleh Koji Suzuki pada tahun 1991 dengan elemen sci-fi melalui penggunaan virus, berbeda dari elemen hantu supranatural khas Jepang untuk versi filmnya.

10. American Psycho (2000)

Film ini dikenal karena penggambaran kekerasan dan penampilan maniak Christian Bale yang mengesankan. Sulit untuk dipercaya bahwa ternyata versi filmnya lebih lunak dari versi novelnya, karya Bret Easton Ellis tahun 1991. Selain menghilangkan adegan kekerasan yang tak mengenakkan, buku ini diceritakan dari sudut pandang Patrick Bateman.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.