fbpx

Review Film Pet Sematary (2019) – Ketika Yang Sudah Tiada Bangkit Kembali

Yang telah mati lebih baik tetap mati.

review pet sematary indonesia

Pet Sematary merupakan salah satu novel horor terseram dari Stephen King yang dirilis tahun 1983. Enam tahun kemudian, novel ini dijadikan film yang disutradarai oleh Mary Lambert. Dan hampir 30 tahun setelah Lambert, Kevin Kölsch dan Dennis Widmyer (Starry Eyes) hadir untuk membuat remake film Pet Semetary dalam adaptasi terbaru.

Film yang diangkat dari novel Stephen King biasanya memang akan membuat kita berekspektasi tinggi, namun tidak semuanya selalu memuaskan. Seperti film Pet Sematary tahun 1989 yang banyak dibilang masih belum sempurna. Dan adaptasi versi Kevin dan Dennis ini mencoba mengisi kelemahan pendahulunya itu.

Sinopsis film Pet Sematary

Louis (Jason Clarke) dan Rachel Creed (Amy Seimetz) bersama anak mereka pindah dari kota besar ke kota Ludlow yang tenang di daerah Maine. Mereka berharap dapat membangun suasana baru yang lebih normal karena sebelumnya Louis lebih sering menghabiskan waktunya bekerja selama bertahun-tahun. Keputusan ini juga diambil untuk kebahagiaan anak-anak mereka – Ellie (Jete Laurence) yang berumur delapan tahun dan Gage si balita.

ulasan film pet sematary
Via IMDb

Tetapi ketika baru saja menempati rumah baru, kucing mereka, (ada di trailer) Church, mati ditabrak. Louis dan istrinya takut Ellie tahu hal ini. Mereka pun mendapatkan cara yang bisa membuat Church bangkit kembali. Mengetahui cara untuk menghidupkan yang telah mati, Louis dan Creed kemudian melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan karena ternyata yang mati lebih baik tetap mati.

Cerita sama tapi tetap mengejutkan

Jika dibandingkan dengan film Pet Sematary tahun 1989, ceritanya tidak banyak berubah. Malah hampir semuanya sama. Tapi, Kevin dan Dennis dengan apik tetap bisa membuat twist yang menghentak.

Ketika kita dibuat fokus pada satu hal, tiba-tiba tujuan alur cerita diubah dan menjadi hal yang sangat mengejutkan. Selain itu, film ini juga memiliki banyak teka-teki yang akan membuatmu harus menerka-nerka.

Penampilan cast yang apik

Semua peran dimainkan dengan sangat apik, terutama Jete Laurence sebagai Ellie. Ellie yang tadinya adalah anak yang penakut, manis dan polos bisa dengan drastis membuat bulu kuduk berdiri dan merinding luar biasa karena adegan horror yang dihasilkan oleh karakternya sangatlah sempurna.

review film pet sematary
Via IMDb

Walaupun karakter Ellie lebih dominan, peran anggota keluarganya yang lain juga tak kalah bagus. Mereka bisa menggambarkan keluarga yang harmonis namun juga bisa menjadi keluarga yang kejam dan tragis.

Duo sutradara Kevin dan Dennis tidak perlu manghadirkan banyak karakter untuk membuat film Pet Sematary lebih menggigit. Hanya dengan segelintir karakter yang bisa dibilang itu-itu saja film ini tetap terasa sangat efektif dan berisi.

Mengerikan dan membuat penasaran

Selain lewat kuburan hewan, masa lalu keluarga Louis dan Rachel yang memiliki trauma mendalam juga menjadi sumber horor yang menyeramkan dan misteri yang akan membuat kita penasaran.

Pengalaman horor yang akan kamu alami di film Pet Sematary memang layaknya film horror lainnya; sebuah keluarga pindah ke tempat baru lalu sesuatu yang buruk terjadi. Tapi dengan kemasan baru, film ini masih bisa menjadi penghibur bagi kamu fans film horor.

review film pet sematary
Via IMDb

Jika kamu adalah orang yang penakut, dijamin kamu akan menutup mata dan kuping saat adegan horror berlangsung karena suasana yang begitu gelap dibalut musik horror yang mencekam menjadikan adegan-adegan horor film ini sangat seram.

Walaupun adegan mengagetkan film ini menurut saya masih belum bisa dibandingkan dengan film adaptasi novel Stephen King tersukses, yaitu IT, namun suasana gelap yang mendominasi, scoring yang mencekam, penampilan apik para cast, dan juga cerita yang penuh teka-teki akan menantangmu. Dan dapat disimpulkan juga Pet Sematary buatan Kevin dan Dennis lebih bagus dari pendahulunya.

Terakhir, film Pet Sematary agaknya bukanlah untuk semua umur karena punya banyak adegan penuh darah. Selamat menonton!

Rating 3/5


Genre: Horror, Thriller

Sutradara: Kevin KölschDennis Widmyer

Penulis: Matt Greenberg, Jeff Buhler, Stephen King

Bintang: Jason ClarkeAmy SeimetzJohn Lithgow,Jeté Laurence

Review Overview
  • Layak ditonton
3

Kesimpulan

Remake dari film adaptasi novel Stephen King ini masih punya cerita yang sama dengan pendahulunya, tapi tetap mampu menghadirkan twist yang menghentak. Film ini juga punya penampilan apik dari para cast. Hanya saja, adegan-adegan mengejutkan film Pet Sematary belum mampu mengalahkan yang ada dalam film IT.

Sending
User Review
( votes)

Learning to be Writter