fbpx

11 Karakter Pengganti Steve Rogers Sebagai Captain America

kematian Captain America

Lebih dari 70 tahun, ada banyak karakter berbeda pengganti Steve Rovers sebagai Captain America. Sejak penampilan pertamanya pada Maret 1941, Steve Rogers bukanlah satu-satunya karakter yang pernah menyandang gelar tersebut. Dengan prediksi Steve Rogers akan mengorbankan diri paa Avengers: Endgame nanti, kira-kira siapa saja yang akan menjadi Captain America selanjutnya?

Tokoh-tokoh pengganti Steve Rogers berikut dirangkum dari cerita komik dan film. Tiga di antaranya sudah kamu kenali lewat film-film Marvel Cinematic Universe.

1. Danielle Cage

Danielle Cage pengganti Steve Rogers
via Marvel

Danielle Cage, putri dari Luke Cage dan Jessica Jones. Baru berusia dua tahun, tetapi di masa depan ia telah mewarisi kekuatan ibu dan ayahnya serta menyandang gelar Captain America. Awalnya, ia memimpin tim Avengers melawan ancaman Ultron yang berkonspirasi untuk memperbudak umat manusia. Namun baru-baru ini, ia dan tim New Avengers bersama-sama menyelamatkan William ”Billy” Kaplan, salah satu anggota Young Avengers.

2. William Naslund

William Naslund pengganti Captain America
via Marvel

Memulai karir superhero-nya pada Spirit of 76 di mana ia membantu melindungi Amerika dari mata-mata Nazi. Setelah kehilangan Steve Rogers pada 1945, presiden Truman memintanya untuk menjadi Captain America. Selama jabatannya, ia memimpin beberapa misi yang sukses. Namun karir Naslund sebagai pengganti Steve Rogers berakhir tragis ketika tim robot penjelajah waktu yang dikirim oleh Adam II mencoba membunuh John F. Kennedy muda. Ia berhasil melindungi JFK, namun terluka parah selama pertempuran.

3. Jefferey Mace

Pernah bekerja sebagai reporter untuk Daily Bugle, ia menjadi Captain America pada Perang Dunia II. Selama serangan Adam II di Boston, ia menemukan William Naslund yang sekarat dan mendapatkan gelar Captain America darinya. Ia terlibat dalam sejumlah misi selama empat tahun dan pada tahun 1950 karena merasa Captain Amerika tidak lagi diperlukan.

Jefferey Mace Captain America
via Marvel

Bertahun-tahun kemudian, seseorang yang dikenal sebagai Contemplator memilih Mace untuk menggulingkan Adam II yang menaklukkan versi alternatif Bumi tak lama setelah akhir Perang Dunia II. Bersama-sama dengan Steve Rogers dan yang lainnya yang pernah menjadi Captain America, mereka berhasil mengalahkan Adam II. Tak lama setelah misi berakhir, Mace meninggal dengan Rogers di samping tempat tidurnya.

4. William Burnside

Tumbuh selama Perang Dunia II, ia mengidolakan Captain America. Pada awal 1950-an, saat melakukan penelitian di Jerman, ia menemukan cacatan yang mengungkapkan identitas Captain America bersama dengan formula untuk Super Soldier Serum. Ia menolak menyerahkan formula itu kepada pemerintah kecuali mereka mengizinkannya menjadi Captain America yang baru.

William Burnside Captain America
via Marvel

Sebagai pengganti Steve Rogers, ia berhasil menghentikan beberapa serangan teroris yang dilakukan oleh agen Soviet. Ketika Super Soldier Serum dalam darahnya membusuk, membuatnya menjadi tidak stabil dan mulai gila. Ia akhirnya ditangkap setelah menyerang warga sipil tak berdosa yang ia yakini sebagai mata-mata komunis. Ia akhirnya dikenal sebagai Grand Director yang jahat.

5. Roscoe Simons

Selama tahun 1970-an, Steve Rogers membuktikan bahwa pejabat tinggi pemerintah adalah pemimpin organisasi teroris rahasia, yang dikenal sebagai Secret Empire. Kecewa dengn negara dan pemerintahannya, Rogers meninggalkan gelar Captain America dan menggunakan nama superhero lain, Nomad.

Roscoe Simons pengganti Steve Rogers
via Marvel

Dengan resu Rogers, Roscoe Simons, seorang mantan mekanik menjadi Captain America. Ia dilatih oleh Falcon. Takut akan keselamatan Simons, ia mencoba meyakinkannya untuk berhenti. Simon menolak. Karirnya berhenti setelah Red Skull mengalahkan Simons sampai mati. Kematian Simons mengilhami Rogers untuk mengambil kembali posisinya sebagai Captain America.

6. Isaiah Bradley

Setelah kematian Dr. Erskin dan hilangnya Super Soldier Serum, pemerintah AS secara paksa merekrut sejumlah tantara Afrika-Amerika untuk menjadi bagian dari program tantara super yang baru. Dari 300 subyek tes, hanya segelintir, termasuk Isaiah Bradley, yang selamat dan mendapatkan kekuatan layaknya Steve Rogers.

Isaiah Bradley pengganti Steve Rogers
via Marvel

Bradley dan yang lainnya dikirim dalam sejumlah operasi selama Perang Dunia II. Yang terakhir menghentikan ilmuwan Jerman untuk menciptakan Super Soldier Serum. Misinya berhasil. Namun ia ditangkap karena disebut mencuri kostum dan perisai Captain America.

Ia menjalani hampir dua dekade di penjara. Selama itu, pikiran dan tubuhnya mulai membusuk karena serum di dalam darahnya. Akhirnya cucunya, Elijah Bradley, akhirnya mengambil warisan kekuatannya dan menjadi superhero sebagai anggota Young Avengers dengan nama Patriot.

7. John Walker

Selama 80-an dan 90-an, Marvel dan DC sama-sama membuat karakter yang lebih gelap dan ekstrim. Salah satunya John walker. Walker dipilih untuk menggantikan Rogers yang berhenti karena pemerintah AS yang korup. Dikenal sebagai Super Patriot, Walker adalah Captain America yang lebih kejam dan tidak ragu untuk membunuh musuh-musuhnya.

John Walker pengganti Steve Rogers
via Marvel

Ia akhirnya dikalahkan oleh Rogers yang meyakinkannya tentang jalannya yang salah. Walker kemudian mengembalikan kostum dan gelar Captain America kepada Rogers. Karir Walker sebagai pembela kebenaran belum selesai. Dan ia kemudian menebus dirinya dengan bertarung sebagai tim pahlawan super dengan nama Raft.

8. Clint Barton

Clint Barton sebagai Ronin
via Marvel

Mendapatkan banyak gelar selama bertahun-tahun, mulai dari Hawkeye dan Ronin, hingga Captain America. Namun hal tersebut masih menjadi kontroversi. Setelah Steve Rogers terbunuh, Tony Stark mendekati Clint untuk menjadi Captain America. Ia membuktikannya sebagai salah satu dari orang yang bisa melemparkan perisainya dengan akurat sebagai pengganti Steve Rogers. Namun Clint akhirnya menolaknya karena merasa ia tidak menghormati ingatan teman lamanya.

9. Scott Summers

Scott Summers Cyclops
via Marvel

Lebih dikenal sebagai Cyclops, Scott Summers telah berjuang untuk hak mutan selama beberapa decade. Di semesta alternatif di Bumi 81122, sebuah kecelakaan merampas kekuatan Steve Rogers. Jean Gray dan Scott membuat Rogers mati karena penuaan dengan cepat. Untuk menghormati temannya, Scott mengambil perisai Rogers dan memimpin X-Men yang tersisa dengan menjadi Captain America.

10. Bucky Barnes

Awalnya teman masa kecil dan sahabat karib Steve Rogers ini dianggap meninggal pada akhir Perang Dunia II. Namun sebenarnya ia ditangkap Soviet dan menjadi pembunuh mematikan yang dikenal sebagai Winter Soldier. Setelah kematian Steve di tangah seorang pembunuh, Bucky terpilih sebagai Captain America dan membantu mengusir invansi Skrull dalam cerita Secret Invasion of Skrull.

Bucky Barnes sebagai Captain America
via Marvel

Setelah diketahui bahwa Steve tidak benar-benar mati, ia menjadi salah satu yang bertugas menyelamatkan Steve. Keduanya pernah membantu membela Asgard dalam alur cerita Siege. Pada akhirnya, Bucky dicopot dari jabatannya sebagai Captain America karena khawatir masa lalunya akan mencemari citra sang pahlawan kebanggaan Amerika tersebut.

11. Sam Wilson

Sam Wilson sebagai pengganti Steve Rogers
via Marvel

Orang terbaru yang menyandang gelar Captain America adalah Sam Wilson. Ketika Super Soldier Serum dalam darahnya mulai membusuk, Steve Rogers menua dan tidak mampu melanjutkan karirnya sebagai Captain America. Setelah itu, Wilson menjadi pengganti Steve Rogers dan bertarung melawan Red Skull, menggagalkan upada Hydra, bahkan memimpin Avengers. Perbedaanya dengan Sam dan Steve adalah di mana Steve mencoba untuk menghindar dari keributan politik, sedangkan Sam merasa bahwa Captain America lebih dari sekedar simbol.

Penggagas ide Mariviu.com. Seorang penulis yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.