Fans Wajib Tahu! 10 Fakta Mengenai Saitama, Sang One Punch Man

Sebagai penggemar pahlawan botak ini, tahukah kalian sebagian besar fakta mengenai Saitama?

fakta mengenai Saitama One Punch Man

Sejak kemunculan anime-nya, Saitama langsung mendobrak sebagai pahlawan populer di seluruh dunia. Karakter Saitama yang polos namun memiliki kekuatan besar sangat disukai. Meskipun motivasi Saitama menjadi pahlawan terbilang remeh (dan lucu), serial komik karya ONE ini memiliki cerita di depan maupun di balik layar yang cukup menarik. Dilansir dari CBR, berikut berbagai fakta mengenai Saitama yang tidak banyak orang tahu. Apa saja ya?

10. Karakter Saitama dibuat berdasarkan Anpanman

Anpanman sebagai Saitama

Selain di Jepang, karakter Anpanman memang tidak terlalu mendunia. Tetapi karakter yang dibuat sejak 1973 hingga sang penulis Takashi Yanase meninggal pada 2013 ini sangat populer di Jepang. Sehingga kepala botak dan fitur wajah sederhana Saitama memberikan kesan yang mengingatkan penggemar pada Anpanman.

Bahkan pakaian Saitama sampai sarung tangan, ikat pinggang, dan jubah (meskipun berbeda warna) mengindikasikan bagaimana ONE menjadikan Anpanman sebagai inspirasi utama Saitama.

9. Desain Saitama awalnya lebih simple

fakta mengenai Saitama desain asli

Ketika ONE pertama kali menggambar One Punch Man, ia menerbitkannya sebagai komik web gratis di laman web miliknya. Dengan karakter dan gambar yang sangat sederhana, ONE mampu menghadirkan lebih banyak komedi ke cerita yang sudah lucu. Desain karakter menjadi lebih kompleks ketika berlanjut menjadi manga dan akhirnya diadaptasi menjadi serial anime.

8. Nama Saitama berasal dari provinsi dimana ONE tinggal

foto mengenai provinsi Saitama
via YABAI Japan

Saitama merupakan nama yang unik. Tetapi ketika penggemar bertanya-tanya tentang arti nama Saitama, pencipta One Punch Man sendiri menyebutkan bahwa nama karakter utamanya diambil dari nama provinsi dimana ONE tinggal. ONE sepertinya memang tidak terlalu ambil pusing dalam memikirkan nama. Sebut saja julukan Saitama yang bergelar Caped Baldy (Botak Berjubah) hingga nama kota yang diambil dari alfabet.

7. Saitama pernah bekerja sebagai kasir toserba

fakta mengenai Saitama melewati toserba
via Viz Media

Ketika melawan Carnage di awal-awal cerita, Saitama merasa menyesal ketika dia melewatkan diskon di sebuah Supermarket. Kejadian ini menegaskan bagaimana Saitama sangat memprioritaskan berbelanja dibandingkan apapun. Sedikit yang mengetahui bahwa Saitama pernah bekerja di toserba sebelum menjadi pahlawan. ONE mengkonfirmasi fakta ini dimana Saitama digambarkan sebagai penjaga toko di laman situs kreatornya.

6. Selalu makan sayur untuk berhemat

credit scene akhir One Punch Man
via Viz Media

Sebelum menjadi pahlawan super terkuat tanpa tanding, ada waktu-waktu dimana Satama menghadapi masalah, seperti masalah keuangan. Karena itu, Saitama selalu membeli sayur-sayuran yang murah untuk berhemat. Hal ini pun berlanjut bahkan setelah bergabung dengan Asosiasi Pahlawan. Ia juga pernah berjuang hanya untuk membayar uang sewa apartemennya sebelum Genos yang membayarnya sekarang.

5. Latihan (sangat) berat Saitama

fakta mengenai Saitama latihan
via Jump Comics

Mungkin ini adalah fakta mengenai Saitama yang sudah diketahui oleh semua penggemar Saitama. Ketika Genos bertanya tentang metode latihannya, Saitama menjelaskan bahwa dia mendapatkan kekuatannya lewat menu latihan: berlari sejauh 10 kilometer, 100 sit up, 100 push up, dan 100 squad setiap hari selama tiga tahun. Dan Saitama juga menekankan bahwa metode ini harus dilakukan setiap hari, meskipun dia sakit.

4. Saitama sangat menyukai kentang goreng

fakta mengenai Saitama memakan kentang goreng
via Viz Media

Meskipun Saitama terlihat hanya memakan sayuran, tetapi dia sangat menyukai kentang goreng. Dalam sebuah episode spesial, Genos mengikuti Saitama yang pergi ke restoran untuk makan malam. Di sini Genon mengetahui fakta (penting) kalau Saitama lebih menyukai kentang goreng yang panjang dibandingkan yang pendek dan lebih renyah.

3. Saitama sang penggemar komik

Saitama membaca komik
via Jump Comics

Dalam beberapa episode One Punch Man, kita bisa melihat bagaimana Saitama sangat menyukai komik. Jelas terlihat di rak belakang di kamarnya betapa banyak buku komik terususn. Ia juga terlihat sering membaca buku komik di kala senggang. Melihat lebih dekat, ada manga yang terkait dengan seri ciptaan ONE lainnya, yaitu Mob Psycho 100.

2. Saitama adalah penggemar Mob Psycho

Saitama dan Mob Psucho 100
via Jump Comics

ONE seringkali memasukkan easter egg dari Mob Psycho 100 yang dia tulis, begitupun sebaliknya. Ada banyak easter egg yang muncul sepanjang dua musim anime One Punch Man serta di manga. Salah satu yang paling menonjol adalah ketika Saitama mengenakan baju yang bertuliskan “Mob Psycho 100000” di bagian depan.

1. Saitama (secara tidak langsung) mendirikan Asosiasi Pahlawan

Asosiasi Pahlawan dalam fakta mengenai Saitama
via Viz Media

Sebelum Saitama menjadi pahlawan, ia menyelamatkan seorang anak dari Crabman. Ternyata anak yang diselamatkannya adalah cucu Agoni, milyuner yang mendirikan Asosiasi Pahlawan. Agoni menggunakan konsep organisasi setelah mendengar apa yang terjadi antara Saitama dan cucunya. Tentu saja Saitama dan semua orang di Asosiasi Pahlawan tidak tahu hal ini. Bagi mereka, Saitama hanyalah seorang pahlawan kelas B. Dan tak dipungkiri di sini pula letak lucunya kisah One Punch Man.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.