10 Anime untuk Ditonton Jika Kamu Penyuka One Punch Man

Tidak banyak anime mirip One Punch Man, salah satu komik yang dikenal dengan cerita yang tidak biasa serta pertarungan epik di setiap episodenya. Menjadi fenomenal setelah pertama kali ditayangkan pada 2015 lalu. Bersetting di kota Z, manga karya kolaborasi ONE dan Yusuke Murata ini berfokus pada Saitama, superhero yang menjadi botak setelah berlatih selama tiga tahun dan mampu mengalahkan lawannya hanya dalam sekali pukulan.

Nah, bagi kamu penyuka anime ini, berikut 10 anime mirip One Punch Man. Kemiripannya mulai dari cerita yang unik, aksi yang menawan, atau yang tidak mengikuti standar anime kebanyakan seperti berbicara kepada penonton hingga menggunakan lelucon-lelucon yang tak biasa.

10. Bobobo-bo Bo-bobo

Bobobo-bo Bo-bobo anime mirip One Punch Man
via V Asahi

Kesamaan Bobobo-bo Bo-bobo dengan One Punch Man adalah keduanya sama-sama menyajikan pertarungan oleh dua orang protagonis yang kocak. Plot yang dihadirkan tidak begitu serius dan mudah untuk diikuti. Hanya memiliki sedikit drama dan beberapa adegan aksi, namun anime ini sepenuhnya dibuat benar-benar untuk komedi.

9. Gurren Lagann

anime Gurren Lagann
via TV Tokyo

Anime untuk penyuka mecha dan serial pertarungan robot. Menampilkan aksi pertarungan tingkat tinggi yang hampir mirip dengan One Punch Man. Karakter dalam Gurren Lagann juga mengesankan. Memiliki plot yang teratur dengan premis yang menarik, Gurren Lagann memiliki semuanya. Mulai dari aksi, komedi, drama, hingga adegan menyentuh yang menyayat hati.

8. Kill La Kill

anime Kill la Kill anime mirip One Punch Man
via MBS

Dibuat oleh pencipta Gurenn Lagann, Kill La Kill memiliki cerita berskala relatif kecil. Berpusat pada protagonis bernama Ryuko Makoi yang memberontak, ia hidup di sebuah sekolah yang dipimpin oleh seorang diktator. Jika One Punch Man merupakan parodi superhero, maka anime ini adalah parodi dari genre anime “Magical Girl”.

7. FLCL

anime FLCL
via Gainax

Dikenal juga sebagai Fooly Cooly, anime ini adalah contoh seri pendek yang hadir dengan manis. Diluncurkan pada April 2000 lalu, anime ini hanya memiliki enam episode. Namun semuanya memiliki kegilaannya masing-masing. Bagi yang belum pernah menonton anime ini, FLCL dikenal sebagai pelanggar semua aturan dan konvensi sebagian besar anime.

6. My Hero Academia

anime My Hero Academia
via JNN

One Punch Man memang melanggar semua konvensi dan tradisi tentang cerita pahlawan super. My Hero Academia, di sisi lain, memperkuat tradisi tersebut dan menjalaninya seperti jalan lurus. Keduanya sangat popular di Jepang dan merupakan penghormatan terhadap mitologi pahlawan super secara keseluruhan: menunjukan cintanya terhadap kekuatan super dengan cara yang kontras.

5. Samurai Champloo

anime Samurai Champloo anime mirip One Punch Man
via Fuji TV

Shinichirō Watanabe adalah nama besar dibalik Cowboy Bebop. Pada awal 2000-an dia menciptakan Samurai Champlo. Cerita yang memadukan pertarungan samurai dengan music Rap dan Hip Hop. Keduanya juga sama-sama memberikan alur cerita yang baru serta unik. Meskipun hanya berjalan selama dua musim, salah satu anime mirip One Punch Man ini sukses memberikan tontonan yang tak biasa tentang cerita samurai Jepang.

4. Tiger & Bunny

anime Tiger & Bunny
via Tokyo MX

Tiger & Bunny membayangkan sebuah dunia dimana pahlawan super juga mewakili perusahaan komersial besar. Tidak hanya tentang menyelamatkan dunia, tetapi setiap superhero harus menonjolkan sisi bisnis di setiap kejadian. Perbedaannya dengan One Punch Man adalah anime ini jauh lebih serius, namun tetap mengasyikkan dengan perpaduan animasi 2D dan 3D serta premisnya yang unik.

3. Jojo’s Bizarre Adventure

anime Jojo's Bizarre Adventure
via Tokyo MX

Seri komiknya sudah berlangsung sejak 1980-an. Dimulai dari genre horror, namun Hirohiko Arai mengubahnya setelah terinspirasi oleh Fist of The North Star. Sejak itu, Jojo menjadi terkenal karena karakternya yang menarik, pertempuran mencekam, dan dunia yang membingungkan. Sama seperto One Punch Man, Jojo’s Bizarre Adventure memisahkan diri dari konvensi anime pada umumnya.

2. Gintama

anime Gintama mirip One Punch Man
via TX Network

Selain One Punch Man, tak ada anime atau komik yang merusak tatanan konvensi selain Gintama. Seri samurai ini membayangkan kembali sejarah Jepang, tetapi dengan alien menguasai zaman Edo. Pernah bertarung sebagai samurai pemberontak, Gintoki Sakata adalah protagonist dari anime yang suka merusak dimensi keempat layaknya Deadpool pada Marvel.

1. Mob Psycho 100

anime Mob Psycho 100 anime mirip One Punch Man
via Dark House Comics

Mob Psycho 100 dan One Punch Man memiliki banyak kesamaan. Keduanya fokus pada perkembangan protagonis yang lugu serta menampilkan pertempuran yang menarik. Sementara Saitama berjuang untuk menemukan makna hidup, Mob kesulitan menyesuaikan diri di sekolah. Namun alasan paling penting adalah keduanya dibuat oleh ONE, sang mangaka misterius dengan selera humor yang tidak bisa dianggap biasa.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.