Categories
Game List

Tips Main Game Mobile Biar Jadi Lebih Lancar!

Semakin canggihnya smartphone membuat game “berat” bergenre MOBA, Battle Royale hingga MMORPG yang dulu lebih banyak dinikmati di PC sekarang sudah tersedia di smartphone. Sebut saja Mobile Legend, PUBG, Call of Duty, hingga Ragnarok menjadi nama-nama hits di kalangan pencinta mobile game saat ini. Tapi, memainkan game-game tersebut tidak sesederhana itu. Tidak hanya skill, tapi juga butuh persiapan agar pengalaman bermain menjadi lebih nyaman. Nah, di sini Mariviu akan berikan beberapa tips main game mobile di smartphone yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa menjadi pemain yang lebih baik.

Sesuaikan game dengan smartphone

Photo by Onur Binay on Unsplash

Oke, tips pertama bermain game mobile di smartphone adalah sadar diri. Pastikan kalau smartphone kamu sesuai dengan spesifikasi minimum yang diminta game. Jangan install game yang jelas-jelas meminta spec yang jauh lebih tinggi.

Jika spec sesuai, game akan berjalan dengan mulus dan otomatis membuat kamu bisa bermain dengan lebih baik. Kalau spec game lebih tinggi, yang ada malah smartphone jadi cepat panas, visualnya butut, game banyak lag-nya dan kamu bakal mati terus karena karakter yang  dimainkan tidak bergerak.

Aktifkan mode DND

Via Jurnalapps

Tidak mau dong ketika asyik-asyinya push rank tiba-tiba muncul notifikasi dari teman SD yang sudah lama tidak ketemu yang mau minjam duit? Atau tiba-tiba masuk panggilan dari orang tidak dikenal yang bikin game berhenti? Notifikasi dan panggilan mengganggu ini bisa di-mute dengan mengaktifkan mode do not disturb (DND). Hasilnya, notif tersebut tidak akan muncul di layar dan panggilan masuk itu tidak menghentikan game.

Rata-rata, smartphone sekarang sudah memiliki fitur ini. Ada yang menyediakan akses cepat DND mode dengan icon bulan sabit di menu di atas layar, ada juga yang harus diaktifkan lewat pengaturan.

BACA JUGA  FIFA 20 Volta, Apa Saja Fitur dari Mode Baru Inkarnasi FIFA Street Ini?

Pastikan koneksi lancar

Via Lifewire

Satu lagi tips main game mobile yang sangat penting kamu lakukan adalah memastikan koneksi internet lancar. Baik itu pakai wifi maupun paket data. Jika tidak lancar, tentu saja game akan lag. Game MMORPG sangat membutuhkan koneksi yang lancar karena karakter yang dimuat dalam layar jauh lebih banyak. Jangan sampai lagi asyik-asyiknya leveling di Ragnarok X, karakter kita jadi tidak bergerak dan tewas dibunuh monster karena jaringan yang lemot.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Pertama tentu pilih provider dengan internet cepat. Kedua, kamu bisa memeriksa apakah internet yang digunakan sudah cukup cepat atau belum dengan menginstall app atau secara online lewat Speedcheck.

Kurangi background app

Via Tom’s Guide

Untuk memaksimalkan performa smartphone ketika menjalankan game, kamu bisa mengurangi background app yang tidak dipakai agar RAM jadi lapang dan game berjalan dengan lancar.

Tips ini sangat cocok untuk kamu yang punya spec smartphone pas-pasan agar bisa memainkan game kesayangan.

Dari semua tips main game mobile di atas, mana yang sudah jadi ritual wajibmu sebelum bermain?

By Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.

Leave a Reply